Pentingnya Vitamin Saat Merencanakan Kehamilan
18 September 2012 - dibaca : 2.806 kali

Pentingnya

Upaya Anda untuk selalu mengonsumsi makanan sehat tetap perlu dibantu dengan suplemen mengandung vitamin dan mineral. Apalagi jika saat ini Anda sedang merencanakan kehamilan. Vitamin dan mineral untuk calon ibu sebaiknya mulai dikonsumsi tiga bulan sebelum hamil. Suplemen penting yang membantu Anda memenuhi nutrisi untuk bayi ini juga tetap aman dikonsumsi saat sedang hamil.

Vitamin yang dibutuhkan dalam persiapan kehamilan biasanya mengandung asam folat, kalsium, zat besi dengan porsi lebih banyak dari kebutuhan multivitamin orang dewasa. Meski begitu tak berarti Anda menyepelekan asupan makanan sehat dengan gizi seimbang.

Apa pentingnya sejumlah vitamin kehamilan ini?
* Asam folat membantu Anda mencegah cacat saraf. Kecacatan ini punya pengaruh serius pada ketidaknormalan otak dan saraf tulang belakang.
* Kalsium membuat tulang dan gigi lebih kuat bagi ibu dan bayi. Kalsium juga membantu sistem kerja sirkulasi, otot, dan saraf berjalan normal.
* Zat besi membantu pertumbuhan sel darah dan otot bagi ibu dan bayi. Selain juga mencegah anemia.
* Vitamin khusus kehamilan juga bisa mengurangi risiko bayi lahir dengan berat rendah.

Vitamin lain yang juga penting diasup calon ibu adalah omega 3. Anda bisa mendapati nutrisi ini dari ikan atau makanan lain dengan kandungan omega 3 yang tinggi. Atau, Anda bisa meminta resep dari dokter untuk mengonsumsi suplemen omega 3 untuk persiapan kehamilan Anda. Selain itu, ibu hamil, terutama pada trimester ketiga juga membutuhkan vitamin D. Umumnya, vitamin untuk persiapan kehamilan tidak mengandung vitamin D. Jadi, saat hamil sebaiknya minum susu rendah lemak dengan kandungan vitamin D atau makanan lain yang kaya kalsium mengandung vitamin D.

Untuk mendapatkan vitamin kehamilan yang tepat sebaiknya konsultasikan dengan dokter Anda, meskipun semua vitamin ini bisa didapatkan bebas di apotik tanpa perlu resep dokter. Anda bebas memilih produk obat asalkan memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan. Syaratnya Anda memiliki pengetahuan yang cukup mengenai berbagai vitamin tersebut termasuk cara mengonsumsi. Pengalaman dari ibu, saudara perempuan, atau teman, bisa menjadi referensi Anda.

Adakah efek sampingnya?
Vitamin kehamilan aman dikonsumsi sebelum hamil hingga sepanjang kehamilan, bahkan saat menyusui. Bukahkah persiapan yang lebih terencana justru akan membantu Anda memberikan nutrisi tepat untuk si jabang bayi?

Pada beberapa perempuan, vitamin prenatal ini menyebabkan mual. Sedangkan pada sejumlah kasus juga ditemui, vitamin ini menyebabkan konstipasi.

Untuk mengatasi rasa mual sebaiknya minum vitamin pada malam hari sebelum tidur, minum vitamin bersama makanan ringan, mengunyah permen karet atau makan permen yang bertekstur keras usai minum vitamin. Sedangkan untuk mengatasi konstipasi, minumlah lebih banyak air, pastikan asupan serat cukup pada pola makan Anda, dan berolahragalah yang aman secara rutin.

Jika Anda masih mengalami sejumlah masalah usai mengonsumsi vitamin prenatal, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Boleh jadi dokter Anda menyarankan cara minum obat yang lebih aman, misalnya pada vitamin tertentu tak harus dikonsumsi setiap hari tetapi cukup dua hari sekali.

 

 

 

 

sumber : kompas.com


Terpopuler