4 Langkah Menjauhi Alzheimer
06 Juni 2013 - dibaca : 2.134 kali

4

Mengkhawatirkan penyakit Alzheimer? Inilah empat langkah simpel yang bisa membantu Anda menjauhi dementia dan menjaga kekuatan otak Anda.

Jika setiap orang menambahkan satu saja kebiasaan sehat dalam kesehariannya, maka jutaan kasus penyakit Alzheimer yang diperkirakan akan terjadi dalam waktu lebih dari lima tahun kemudian bisa dicegah atau ditunda. 

Demian diungkapkan Gary Small, MD, psikiater dan direktur UCLA Longevity Center, AS. Memang sampai saat ini belum ada penelitian yang membuktikan bahwa perubahan gaya hidup dalam menghalau penyakit itu, katanya dalam bukunya, The Alzheimer’s Prevention Program, “Namun kalau dicermati lebih lanjut, berbagai bukti yang ada cukup meyakinkan.” 

Dengan risiko Alzheimer yang mulai meningkat di usia 65, tak ada salahnya jika Anda yang belum mencapai usia itu mulai mencoba menjalani kebiasaan-kebiasaan sehat berikut ini:

Berolahraga. Aktivitas ini memang selalu disarankan untuk menjaga kesehatan, tetapi berbagai penelitian telah membuktikan bahwa ketika orang-orang yang tidak aktif bergerak sebelumnya mulai mengikuti program kebugaran, bukan hanya otot-otot lengan dan kaki yang berkembang, bagian otak yang penting pun membesar. “Anda bisa membangun otot otak,” kata Dr. Gary. “Anda tak perlu menjadi atlet triathlon untuk itu, cukup parkir kendaraan Anda sedikit lebih jauh dari tempat tujuan Anda. Atau, naik tangga daripada lift. Mulailah dengan perlahan dan tingkatkan seiring kemampuan Anda.”

Latih pikiran Anda. Bukan hanya dengan rajin mengisi TTS, lho. Setiap bentuk asah otak juga bisa membantu menghalau Alzheimer, kata Dr. Gary.  Ikut kursus, atau berdiskusi politik dengan teman Anda. Sepanjang Anda tak menarik diri dari lingkungan sekitar Anda, maka Anda bisa menarik manfaatnya. Banyak penelitian menyarankan, memiliki jejaring teman dapat menurunkan risiko dementia hingga sebesar 60 persen.

Beri makan otak. Ingin tetap menjaga memori Anda? Perhatikan makanan yang Anda konsumsi, jangan sekadar kenyang: “Jika Anda kelebihan berat badan di usia paruh baya, maka hal itu akan meningkatkan risiko dementia sebanyak dua kali lipat,” kata Dr. Gary. “Jika Anda mengalami obesitas, maka risiko itu meningkat hingga empat kali lipat,” Pola makan ala Mediterania (banyak sayuran dan buah, biji-bijian utuh dan ikan) patut dicoba karena menurunkan risiko diabetes – dan diabetes merupakan faktor risiko utama Alzheimer. 

Kelola stres. Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang gampang stres dua kali lebih rentan mengalami Alzheimer dalam waktu lima tahun mendatang dibandingkan mereka yang lebih tenang. Meditasi dapat membantu; banyak penelitian menunjukkan bahwa kegiatan itu dapat meningkatkan ukuran bagian-bagin otak yang mengontrol daya ingat. Begitu pula dengan tai chi, pijatan dan berjalan kaki setelah makan malam bersama teman. Apa pun yang Anda lakukan, jangan stres dalam merencanakan apa saja yang akan Anda jalankan untuk mencegah Alzheimer, kata Dr. Gary. Kegiatan-kegiatan sederhana saja, tetapi memberikan manfaat yang luar biasa dalam jangka panjang.


Terpopuler