Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Makanan yang Menurunkan Libido
14 Oktober 2012 - dibaca : 2.871 kali

Makanan yang Menurunkan Libido

Anda mungkin sudah mengetahui bahwa ada beberapa makanan yang dapat membangkitkan gairah seksual, seperti pisang, strawberry berlapis cokelat, buah delima, asparagus, atau es krim vanila. Kini, dalam bukunya Eat This, Not That!, David Zinczenko dan Matt Goulding membeberakan jenis makanan apa saja yang justru akan menurunkan gairah seks Anda. Ada beberapa dari makanan yang pernah disebut-sebut sebagai pembangkit gairah, ternyata tidak akan memberikan efek seperti yang diharapkan jika tidak dikonsumsi dengan cara yang semestinya. Contohnya, tiram. Nah, makanan apa lagi yang perlu dihindari, dan apa penggantinya?

Tiram
Makanan ini memang kerap diidentikkan dengan peningkatan libido pada pria, karena kadar yodium dan seng yang tinggi. Yodium dapat membantu mendongkrak pernafasan dan suhu tubuh, sedangkan seng meningkatkan produksi sperma dan testosteron. Namun, tim peneliti yang beranggotakan ilmuwan Amerika dan Italia baru-baru ini mendapati bahwa remis, kerang, dan tiram, mengandung dua jenis asam amino yang memicu pelepasan hormon-hormon seksual. Tetapi untuk membuatnya bekerja, seorang pria harus mengonsumsi setidaknya 50 tiram sekali sajian. Padahal, dalam 10 gr tiram, kandungan kolesterolnya sudah mencapai 450 mg!

Pilih saja: Biji labu
Biji labu juga kaya kandungan seng dan protein, dan selain itu membantu melindungi pria dari kanker prostat.

Tomat
Tomat mungkin dipromosikan sebagai salah satu bahan makanan pencegah kanker. Namun kandungan lycopene dan phytofluene pada tomat dapat menurunkan kadar testosteron. Seperti Anda ketahui, rendahnya kadar testosteron pada wanita juga akan menurunkan libido dan menimbulkan rasa tidak nyaman. Efeknya tidak begitu dramatis sih, namun sebaiknya makanan yang berisi tomat dihindari saja.

Pilih saja: Kelapa
Kelapa merupakan sumber senyawa lemak yang kaya, yang dapat meningkatkan aktivitas testosteron pada tubuh Anda. Anda tinggal mencari makanan yang bersantan. Hanya saja, dalam 10 gr santan kelapa mengandung 185 mg kolesterol.

Cabai merah
Makanan pedas mungkin membangkitkan selera makan Anda, tetapi belum ada penelitian yang membuktikan bahwa cabai dapat meningkatkan libido. Salah-salah Anda malah sakit perut saat si dia tengah mesra-mesranya.

Pilih saja: Kunyit
Bahan rempah ini terbukti berfungsi sebagai antidepressant dan pencegah rasa sakit. Kedua efek ini dapat membantu Anda menenangkan hal-hal yang membunuh hasrat. Kunyit juga mengandung picrocrocin, zat kimia yang membuat tubuh Anda lebih sensitif terhadap sentuhan. Nah, beruntunglah kita yang ada di Indonesia, karena mudah saja mengolah makanan dengan bumbu kunyit.

Setengah botol anggur
Anggur mungkin bukan minuman yang Anda konsumsi sehari-hari, namun sekali waktu harus bersosialisasi dalam perjamuan tertentu. Bila malam itu Anda minum lebih dari segelas anggur, jangan harap Anda akan bersemangat menghadapi suami di atas ranjang. Segelas anggur memang dapat menyebabkan pembuluh darah Anda rileks, namun konsumsi lebih dari itu akan membalikkan pengaruhnya, dan menghalangi bangkitnya gairah seksual.

Pilih saja: Dark chocolate
Sebuah studi di Italia baru-baru ini mendapati bahwa wanita yang menikmati cokelat setiap hari diklaim memiliki kehidupan seksual yang lebih memuaskan. Cokelat mengandung campuran zat kimia yang dihubungkan dengan relaksasi, intoksikasi, dan kesenangan. Seperi permen, cokelat memicu pelepasan hormon endorfin yang memberikan rasa nyaman. Cokelat juga menyediakan sejumlah trytophan yang mengatasi kegelisahan, membangkitkan kafein, dan beberapa substansi (anandamide dan theobromine). Jika berjumlah besar, kedua substansi ini akan bekerja seperti obat penenang. Anda harus mengonsumsi sejumlah besar cokelat untuk merasakan efek semacam ini, namun menikmati beberapa potong usai makan malam juga dapat membantu memperbaiki mood Anda.

 

 

 

Sumber : kompas.com

 

 


Terpopuler