Memilih Seafood Ramah Lingkungan dari Aplikasi BlackBerry
12 Oktober 2012 - dibaca : 2.629 kali

Memilih Seafood Ramah Lingkungan dari Aplikasi BlackBerry

Untuk pertama kalinya di dunia, hadir aplikasi panduan konsumen untuk hidangan laut (seafood) ramah lingkungan. Aplikasi untuk pengguna BlackBerry ini merupakan lanjutan setelah hadir panduan serupa dicetak dalam versi saku pada tahun 2011.

Panduan konsumen ini diluncurkan oleh WWF-Indonesia, Senin (10/9). Dalam sambutannya Wawan Ridwan, Direktur Program Kelautan WWF-Indonesia, menyampaikan, seafood guide ini adalah salah satu alternatif untuk mengajak masyarakat luas. Khususnya penggemar seafood agar mau mengubah pola konsumsi dengan memperhatikan status populasi hidangan laut tersebut di alam.

"Dengan mengubah pola konsumsi ini diharapkan dapat mengubah pola produksi perikanan kita dari yang berorientasi profit semata menjadi bisnis yang berkelanjutan," kata Wawan.

Dalam aplikasi ini terdapat 67 jenis seafood dari tangkapan alam serta sembilan jenis dari ketegori budidaya. Ini memudahkan konsumen untuk mencari alternatif dari jenis-jenis yang harusnya dihindari karena populasinya yang terus menurun.

BlackBerry dipilih karena penggunanya yang mencapai 3,6 juta orang pada akhir 2011. WWF-Indonesia optimis bahwa aplikasi ini akan mampu membawa perubahan pada sektor perikanan Indonesia. Setidaknya pada akhir 2013 jumlah produk seafood yang ramah lingkungan di pasar dapat tumbuh menjadi 2,5 persen dari jumlah nol sekarang ini.

Pengguna BlackBerry dapat mengunduhnya secara gratis melalui AppWorld. Hanya dengan melakukan pencarian menggunakan kata kunci “Seafood Guide” dan meng-install dari daftar yang muncul.

Pengguna dapat dengan mudah mengakses setiap jenis spesies dari masing-masing kategori seafood. Seperti “Pilihan Terbaik” yang berarti seafood tersebut dapat dikonsumsi. “Pertimbangkan” yang berarti konsumsi seafood tersebut sebaiknya dipertimbangkan kembali. Serta “Hindari” yang berarti seafood tersebut dalam status populasi yang sedang menurun drastis, sebaiknya konsumsinya dihindari.

Masing-masing kategori tersebut ditandai dengan tema berwarna hijau, kuning, serta merah secara berurutan. Aplikasi ini juga memberikan kemudahan mencari lokasi terdekat bagi pengguna yang menyediakan seafood berkelanjutan.

Sebaliknya pengguna dapat menginformasikan lokasi yang menyediakan menu seafood tersebut. Di bagian lain, pengguna juga dapat mencari resep yang terkait seafood yang berkelanjutan. Pengguna juga diperkenankan mengunggah resep favoritnya bagi sesama pengguna.

Putri Indonesia 2005 yang juga pemerhati lingkungan laut, Nadine Candrawinata, menyatakan, panduan ini aplikasi ini sangat membantu saat membeli seafood. "Menyelamatkan laut kita, never been so easy," ujar Nadine

Dalam waktu dekat pengguna perangkat telepon pintar berbasis Android juga dapat menggunakan aplikasi yang saat ini sedang dalam proses pengembangan.

 

 

Sumber : National Geographic

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler