"/>
Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Peneliti Bercita-cita Ciptakan Robot "MacGyver"
12 Oktober 2012 - dibaca : 2.886 kali

Peneliti Bercita-cita Ciptakan Robot "MacGyver"

Peneliti berniat menciptakan robot cerdas yang dapat memanfaatkan objek-objek di sekitarnya untuk melaksanakan tugas.

Profesor Mike Stilman dari Georgia Institute of Technology mengharapkan robot yang dibuat timnya dapat memecahkan masalah kompleks dan lolos dari situasi berbahaya. Namun, cukup hanya menggunakan objek-objek dan material yang ditemukan di lingkungan robot.

"Tujuan kami adalah membuat robot yang berperilaku bagai MacGyver, tokoh serial televisi pada tahun 1980-an," tegas Stilman.

Robot-robot saat ini belum dapat berinteraksi dengan objek-objek di sekitarnya sebaik manusia. Jika robot-robot ini terjebak dalam ruangan yang tengah membara dengan pintu yang tertutup, robot tidak akan mampu menemukan dan menggunakan objek untuk meloloskan diri.

Untuk pembuatan robot MacGyver ini, Stilman berusaha memahami proses dasar yang digunakan manusia untuk mengenali objek-objek sekitar dan menggunakannya untuk memecahkan masalah. Para peneliti akan menggunakan karya Stilman yang berhubungan dengan navigasi, yakni sebuah teknologi robotika yang memungkinkan robot memindahkan objek yang menghalangi jalannya.

Meskipun demikian, Stilman mengakui proyek ini sangat menantang karena ada perbedaan antara memindahkan objek dan menggunakan objek. "Peneliti dapat menggunakan sistem penglihatan untuk menemukan objek dan mempelajari lingkungan untuk menentukan arah, tapi sistem ini belum menyediakan informasi mengenai kegunaan suatu objek," kata Stilman.

Dengan memberikan robot pengetahuan dasar mekanika dan mesin sederhana, robot diharapkan mampu mengenali suatu objek lebih baik dari sehingga dapat memanfaatkan objek tersebut untuk keperluannya. Penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam membantu personel militer dalam menyelesaikan misi berbahaya.

 

 

 

 

Sumber : National Geographic


Terpopuler