Hindari 5 Asupan Pemicu Kembung
10 Oktober 2012 - dibaca : 2.927 kali

 Hindari 5 Asupan Pemicu Kembung

VIVAlife - Apa yang Anda konsumsi pastinya berdampak pada kondisi tubuh, tak hanya positif tapi juga negatif. Salah satu efek negatif yang mengganggu akibat konsumsi asupan tertentu adalah perut menjadi kembung.

Bagi Anda yang selama ini sering mengalami kembung cobalah untuk batasi atau hindari konsumsi asupan-asupan berikut. Asupan ini diketahui bisa dengan mudah memicu perut kembung.

1. Permen karet
Mengunyah permen karet memang bisa membuat Anda tak terlalu banyak mengonsumsi cemilan. Tapi, kebiasaan ini membuat Anda lebih sering menelan udara saat mengunyah.

"Udara ini akan terperangkap dalam sistem pencernaan Anda menyebabkan tekanan pada perut sehingga terasa kembung," kata Keri Gans,  ahlu gizi dan penulis buku The Small Change Diet, dikutip dari RedBook.

2. Permen bebas gula
Permen atau makanan bebas gula cenderung mengandung xylitol, sorbitol dan maltitol. Jenis zat pemanis alkohol itu dapat menyebabkan kembung bahkan diare.

3. Soda
Minuman bersoda sudah pasti memicu kembung. Itu karena kandungan kalori dan gasnya sangat tinggi. Untuk itu kurangi konsumsi minuman bersoda, akanlebih baik menggantinya dengan teh.

4. Gorengan
Makanan yang digoreng juga dengan mudah membuat perut kembung, apalagi yang berlemak tinggi. Itu karena, makanan berminyak dan berlemak sulit dicerna dan tubuh harus bekerja keras. Dalam proses tersebut, perut pun mengalami tekanan dan terasa kembung untuk beberapa waktu.

5. Daging olahan
Salami, sosis, dan kornet adalah produk daging olahan tinggi lemak dan sodium. Mengonsumsinya secara berlebihan juga akan membuat terasa kembung dan sakit. Jadi, batasi konsumsinya.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler