Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
5 Langkah Melawan Kejenuhan Kerja
30 September 2012 - dibaca : 5.973 kali

5 Langkah Melawan Kejenuhan Kerja

Jika Anda merasa bosan atau muak dengan pekerjaan, apa yang Anda kerjakan biasanya tidak akan menuai hasil maksimal. Baru-baru ini, survei terbaru yang dipublikasikan dalam CareerBuilder.com menemukan, sebanyak 45 persen pengusaha beranggapan bahwa karyawan yang bekerja di perusahaan mereka saat ini dilanda rasa jenuh dengan pekerjaan.

Jika Anda membenci pekerjaan, secara tidak langsung akan meningkatkan hormon stres dan berdampak pada masalah kesehatan seperti penyakit jantung, tekanan darah tinggi (hipertensi) dan depresi.

Perlu ada cara untuk menyiasati rasa jenuh dan bosan dalam bekerja. Berikut inilah beberapa cara yang dapat dipertimbangkan untuk meningkatkan kembali kinerja dan menurunkan stres saat bekerja :

1. Prioritaskan salah satu pekerjaan

Jika si bos terus membebani banyak pekerjaan kepada Anda, hingga membuat Anda bekerja sampai larut malam, mintalah kepada atasan untuk memprioritaskan tugas tertentu untuk Anda. Karena, sekalipun Anda bisa menyelesaikan banyak pekerjaan, hasilnya tidak akan maksimal. Lebih baik prioritaskan salah satu tugas saja.

2. Belajar hal baru

Kadang Anda perlu untuk terus mengasah dan mengembangkan keterampilan di luar pekerjaan Anda, dalam rangka memposisikan Anda di suatu pekerjaan atau jabatan yang baru. Caranya, bisa dengan mengambil kursus tententu untuk memperbaharui keterampilan, atau banyak baca buku untuk meningkatkan pengetahuan Anda (terkait bidang yang Anda geluti).

3. Lakukan hal yang Anda sukai

Jika kebutuhan hidup Anda dapat terpenuhi, hal ini bisa membantu Anda mengurangi stres kerja. Tetapi ketika kita bekerja terlalu keras, banyak diantara kita yang akhirnya memilih melakukan kegiatan yang kita sukai.

4. Cari pembimbing

Kita membutuhkan seorang tenaga profesional atau motivator untuk membimbing kita keluar dari permasalahan di dalam pekerjaan.  

5. Ambil langkah kecil

Anda tidak harus membuat gerakan besar tentang karier Anda. Cukup lakukan hal yang sederhana seperti misalnya, pergi makan siang dengan seorang teman di tempat Anda bekerja. Atau bisa juga mengambil kursus online, sehingga membuat anda merasa seperti sedang melakukan sesuatu yang berguna untuk diri sendiri dan mengurangi perasaan putus asa.

 

 

 

Sumber : kompas.com


Terpopuler