Fosil itu Akhirnya Dinyatakan Mamut Kerdil
23 September 2012 - dibaca : 2.958 kali

Fosil itu Akhirnya Dinyatakan Mamut Kerdil

Fosil ini ditemukan seratus tahun lalu. Namun, memancing perdebatan karena tubuhnya yang mungil.

Fosil itu Akhirnya Dinyatakan Mamut Kerdil

Gajah prasejarah atau mammoth dengan ukuran terkecil di dunia ditemukan di Pulau Kreta, Yunani. Mammoth yang tingginya tidak lebih besar dari bayi gajah modern ini diperkirakan jadi penghuni pulau tersebut jutaan tahun lalu.

Fosil mammoth ini sebenarnya sudah ditemukan lebih dari seratus tahun. Namun, ukuran tubuhnya yang mungil memancing perdebatan apakah dia gajah biasa atau mammoth. Melalui tes analisa gigi akhirnya diputuskan jika fosil itu lebih dekat dengan garis keluarga mammoth. Tubuhnya yang kecil diperkirakan terjadi karena fenomena 'pengkerdilan.'

"Pengkerdilan diketahui sebagai respon evolusi mamalia besar terhadap lingkungan pulau di sekitarnya," ujar paleontolog Victoria Herridge dari Natural Histroy Museum London dalam tulisannya di jurnal Royal Society, Rabu (9/5).

Evolusi ini didorong faktor sulitnya sumber makanan dan tidak adanya predator. Menurut Herrigde, penemuan mereka di Pulau Kreta menyatakan terjadinya pengkerdilan dalam tingkat ekstrem. "Sehingga menghasilkan mammoth terkecil yang pernah ditemukan," ujarnya.

Hasil studi gabungan peneliti Inggris dan Swedia menyatakan mammoth mulai menghilang dari daratan Eurasia dan Amerika Utara sekitar 10.000 tahun lalu. Namun, sekitar 1.000 mammoth bertahan hingga 6.000 tahun lagi di Pulau Wrangel, Rusia. Gajah prasejarah ini akhirnya punah karena aktivitas manusia.

"Kepunahan akhir (dari mammoth) terjadi karena perubahan besar di lingkungan mereka. Seperti kedatangan manusia atau pun perubahan iklim," demikian pernyataan hasil studi itu.

 

 

Sumber : National Geographic

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler