TATALAKSANA BBLR SETELAH LAHIR
13 September 2012 - dibaca : 3.425 kali

TATALAKSANA BBLR SETELAH LAHIR

      Asuhan BBLR Tanpa Asfiksia

      Asuhan BBLR pasca resusitasi

 

Perawatan BBLR setelah lahir

 

RIWAYAT

·         Tanyakan tanggal perkiraan kelahiran atau umur kehamilan

PERIKSA

 

·         Timbang berat bayi (dalam keadaan telanjang) setelah lahir (0-24 jam) dan bernapas baik. Timbangan dilapisi kain hangat dan ditera.

·         Lakukan pemeriksaan fisik

MASALAH / KEBUTUHAN

Tentukan bayi adalah :

·         BBLR yang boleh dirawat oleh bidan, adalah BBLR dengan berat di atas/sama 2000 gram, tanpa masalah / komplikasi.

·         BBLR < 2000 gram   atau  > 2000 gram  tetapi  bermasalah à dirujuk.

RENCANA PERAWATAN

Untuk semua bayi dengan berat 2000 – 2499 gram:

·         Jaga bayi tetap hangat:

o  Jaga bayi selalu “kontak kulit dengan kulit” dengan ibunya

o  Tutupi ibu dan bayi keduanya dengan selimut atau kain   yang hangat.

o  Tutupi kepala bayi dengan kain atau topi.

o  Mandikan bayi setelah berusia 24 jam dan suhu tubuh stabil.

·         Mendorong ibu meneteki (atau memerah kolostrum dan memberikan dengan cangkir) sesegera mungkin. Periksa pernapasan, suhu, warna kulit dan minum ASI (menghisap) setiap 30-60 menit selama 6 jam

·         Ajari ibu dan keluarga menjaga bayi tetap hangat dengan selalu melakukan “kontak kulit dengan kulit” (Lihat Bab IV)

·         Jika suhu ketiak turun dibawah 36,50C (lakukan perawatan metode Kanguru. Hangatkan bayi dengan menghangatkan ruangan, pakai sumber panas, dan tutupi bayi dan ibu keduanya dengan selimut atau kain yang lebih HANGAT.

·         Sarankan ibu dan keluarga selalu mencuci tangan sebelum memegang BBLR.

Jika masalah bertambah: Jika BBLR membiru, atau memiliki gangguan pernapasan, stimulasi dan rujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi menggunakan Pedoman Rujukan (Bab VI). Jika bayi tidak menghisap dengan baik, perah dan beri ASI dengan menggunakan cangkir dan segera rujuk ke fasilitas kesehatan yang lebih tinggi.

PEMANTAUAN

Kunjungi bayi minimal dua kali dalam minggu pertama dan selanjutnya sekali dalam setiap minggu sampai berat badan bayi 2500 gram dengan mempergunakan format MTBM.

BBLR dapat turun beratnya hingga 10 -15% dalam 10 hari pertama kemudian sudah harus naik, paling kurang 15 gram sehari atau 100 gram seminggu.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler