Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
CARA MENYUSUI YANG BENAR
13 September 2012 - dibaca : 3.760 kali

CARA MENYUSUI YANG BENAR

1. Cara menyusui dengan sikap duduk

a. Duduk dengan posisi santé tegak menggunakan kursi yang rendah agar kaki ibu tidak tergantung dan punggung ibu bersandar pada sandaran pada sandaran kursi.

b. Sebelum menyusui, ASI dikeluaran sedikit kemudian dioleskan pada puting susu dan areola sekitarnya. Cara ini mempunyai manfaat sebagai desinfektan dan menjaga lelembaban putting susu.

c. Gunakan bantal atau selimut untuk menopang bayi, bayi ditidurkan diatas pangkuan ibu dengan cara:

1) Bayi dipegang dekan satu lengan, kepala bayi diletakan pada lengkung siku ibu dan bokong bayi diletakan pada lengan. Kepala bayi tidak boleh tertengadah atau baokong bayi ditahan dengan telapak tangan ibu.

2) Satu tangan bayi diletakan dibelakang badan ibu dan yang satu didepan.

3) Perut bayi menempel badan ibu, kepala bayi menghadap payudara.

4) Telinga dan lengan bayi terletak pada satu garis lurus.

5) Ibu menatap bayi dengan kasih saying.

d. Tangan kanan menyangga payudara kiri dan keempat jari lain dan ibu jari menekan payudara bagian atas ereola.

e. Bayi diberi rangsangan untuk membuka mulut (reflek rooting) dengan cara menyentuh pipi dengan putting susu atau menyentuh sisi mulut bayi.

f. Setelah bayi membuka mulut, dengan cepat kepala bayi didekatkan ke payudra ibu dengan putting serta areola dimasukan kemulut bayi. Usahakan sebagian besar areola dapat masuk kedalam mulut bayi, sehingga putting susu berada dibawah langit dan lidah bayi akan menekan ASI keluar dari tempat penampungan ASI ang terletak dibawah areola.

2. Melepas isapan bayi.

3. Menyusui berikutnya dimulai pada payudara yang belum terkosongkan (yang dihisap terakhir).

4. Setelah selesai menyusui, ASI dikeluarkan sedikit kemudian dioleskan pad putting susu dan areola sekitarnya. Biarkan kering dengan sendirinya.

5. Menyedawakan bayi.

Tujuan menyedawakan bayi adalah mengeluarkan udara dari dalam lambung supaya bayi tidak muntah (gumoh-jawa) setelah menyusu. Cara menyedawakan bayi:

a. Bayi digendong tegak dengan bersandar pada bahu ibu kemudian punggungnya ditepuk perlahan-lahan

b. Dengan cara menelungkupkan bayi diatas pangkuan ibu, lalu usap-usap punggung bayi sampai bayi bersendawa.


Terpopuler