Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Ditemukan, Arca Hewan yang Diyakini Sebagai Objek Pemujaan
22 September 2012 - dibaca : 2.224 kali

Ditemukan, Arca Hewan yang Diyakini Sebagai Objek Pemujaan

Dua buah arca berbentuk hewan ditemukan di situs Tel Moza, yang berada tak jauh dari Yerusalem.

Arkeolog menemukan dua patung atau arca kecil berusia 9.500 tahun dalam penggalian di Israel. Demikian dilaporkan Israel Antiquities Authority (IAA), Rabu (29/8).

Tepatnya arca berbentuk hewan ini ditemukan dari situs Tel Moza, yang berada tak jauh dari Yerusalem. Ekskavasi tersebut berlangsung sebelum pelebaran jalan raya utama yang merupakan penghubung antara kota Yerusalem dan Tel Aviv.

Arca Hewan

Artefak pada masa Neolitikum yang ditemukan salah satunya berupa arca batu kapur mirip biri-biri jantan dengan pahatan dengan bentuk tanduk spiral. Sedangkan arca satunya terbuat dari dolomit dan memiliki bentuk lebih abstrak, seperti sapi liar. Keduanya memiliki panjang sekitar 15 sentimeter.

Para arkeolog yakin kedua arca itu merupakan bagian dari objek pemujaan bagi orang-orang yang membuatnya. Arca ditemukan dekat bekas bangunan bundar kuno, yang berasal dari periode transisi manusia dari kehidupan berburu yang nomaden ke kehidupan bertani dan menetap.

"Berburu merupakan aktivitas utama pada masa itu," ujar salah satu penggali situs, Hamoudi Khalaily, dalam sebuah pernyataan, "Arca ini digunakan sebagai benda pembawa keberuntungan saat berburu, dan sepertinya merupakan semacam fokus dalam upacara yang digelar para pemburu itu sebelum berangkat mencari buruan."

Namun, arkeolog dan penggali Anna Eirikh berpendapat bahwa artefak hewan mungkin pula ada kaitannya dengan proses penjinakan binatang.

 

Sumber : National Geographic


Terpopuler