"/>
Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Makanan yang Pengaruhi "Mood" Perempuan
24 September 2012 - dibaca : 2.408 kali

Makanan yang Pengaruhi "Mood" Perempuan

Perempuan cenderung lebih moody dibandingkan laki-laki. Perbedaan ini bukan didasarkan pada stereotip perempuan dan laki-laki, melainkan lebih karena faktor hormonal.

Meski cenderung moody bukan berarti perempuan pasrah menerima apa adanya. Banyak cara mengatasi suasana hati atau mengurangi stres dan depresi pada diri perempuan.

Sarapan dengan sereal

Sereal sebagai menu sarapan bisa membantu perempuan mengurangi level stres. Sarapan dengan sereal juga bisa meningkatkan kesehatan mental. Studi yang diadakan Cardiff University menunjukkan mengonsumsi sereal saat sarapan berdampak pada pengurangan level kortisol pada air liur. Kadar kortisol di air liur menjadi ukuran stres pada tubuh. Karbohidrat pada sereal juga meningkatkan level hormon serotonin yang menenangkan pikiran. Sereal juga kaya vitamin B yang dibutuhkan sel untuk melepaskan energi. Vitamin B membantu tubuh mengatasi stres.

"Perubahan gaya hidup juga memengaruhi. Stres, diet tak sehat, kurang berolahraga, dan kurang terkena sinar matahari bisa menurunkan level serotonin," kata dr Andrei Novac, psikiater klinis di University of California Irvine School of Medicine.

Protein
Kandungan protein pada kalkun atau keju kaya akan triptofan dan asam amino. Dua zat tersebut dibutuhkan tubuh untuk memproduksi serotonin. Namun, jangan mengonsumsi protein berlebihan dan jangan juga mengurangi kalori. Pola makan sehat dan seimbang tetap perlu diperhatikan dengan komposisi protein dan kalori yang tepat sesuai kebutuhan harian.

Para peneliti dari Oxford University menemukan bahwa mengurangi kalori selama tiga minggu bisa menurunkan level triptofan, terutama pada perempuan. Sementara itu, diet protein juga menimbulkan masalah. Jika melakukan diet protein, seperti Diet Dukan, maka sebaiknya asup hidangan mengandung karbohidrat tinggi satu atau dua kali seminggu untuk menjaga mood.

Agar level triptofan dalam tubuh meningkat, cara terbaiknya adalah mengonsumsi karbohidrat, yang menstimulasi pelepasan insulins sehingga melawan asam amino dalam darah dan memudahkan triptofan masuk ke otak.

Selain sereal dan protein, kentang panggang juga bisa membantu memperbaiki mood pada perempuan. Dalam bukunya Potatoes Not Prozac, ahli nutrisi Kathleen Des Maisons merekomendasikan untuk mengonsumsi kentang panggang tawar (tanpa tambahan bumbu) sebelum tidur untuk meningkatkan level serotonin.

 

 

 

sumber : kompas.com


Terpopuler