Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Vitamin A Bantu Melawan Sel Kanker
18 September 2012 - dibaca : 2.066 kali

Vitamin A Bantu Melawan Sel Kanker

Vitamin A memang identik dengan kesehatan mata, padahal kaitan antara vitamin A dengan penyakit kanker, khususnya kanker prostat tak kalah erat.

Kekurangan asam retinoic yang merupakan turunan dari vitamin A, akan menyebabkan sel-sel kanker prostat menjadi lebih kuat. "Jika kadar vitamin A dalam tubuh rendah, sel punca kanker lebih kuat dan mudah membelah diri. Bila vitamin A tercukupi maka sel kanker mudah dibunuh oleh kemoterapi," kata Norman Maitland dari Universitas York.

Maitland dan timnya kini terus meneliti manfaat vitamin A dalam pengobatan kanker. Ia mengatakan penggunaan vitamin A dalam dosis rendah memiliki dampak lebih kuat.

"Para dokter telah memakai vitamin A untuk membunuh sel kanker, tetapi yang kita perlukan adalah menggunakan vitamin itu untuk mengubah sel-sel kanker sehingga mereka lebih mudah dibunuh," katanya.

Meskipun dalam penelitian yang dilakukannya tidak terkait dengan asupan vitamin A dari makanan sehari-hari, namun menurutnya kadar vitamin A yang tinggi dalam tubuh bisa membantu terapi pengobatan kanker.

Sumber : Kompas.com


Terpopuler