Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Learning Tournament ( Turnamen Belajar)
12 September 2012 - dibaca : 2.338 kali

Learning Tournament ( Turnamen Belajar)

Teknik ini merupakan suatu bentuk yang disederhanakan dari” Teams Games Tournament”. Teknik ini dikembangkan oleh Robert Slavin dan kawannya. Teknik ini juga menggabungkan satu kelompok belajar dan kompetisi tim, dan dapat dipergunakan untuk mengembangkan pelajaran macam-macam fakta, konsep, dan keahlian yang luas.
Prosedur:
1. Bagilah peserta didik dalam tim yang terdiri dari 2-8 orang anggota. Masing-masing tim harus memiliki jumlah yang sama (kalau tidak dapat, anda harus membuat skor rata-rata untuk setiap tim).
2. Berilah materi untuk dibahas bersama.
3. Kembangkan beberapa pertanyaan untuk menguji pemahaman dan atau mengingat materi pengajaran. Gunakan bentuk yang menggunakan skor mudah, seperti pilihan ganda, isilah titik, betul atau salah, atau istilah untuk didefinisikan. Dalam sebuah mata pelajaran kelas computer, contohnya peserta didik diberikan istilah seperti dibawah ini:

  • Cascade: Satu cara untuk mengatur Windows
  • Icon: Representasi grafis elemen-elemen
  • Multitasking: Kemampuan komputer lebih cepat dari benda dalam sesaat
  • Path: Letak file dalam directory
  • Attribute: Informasi tentang file

4. Berikan satu serangkaian pertanyaan pada peserta didik. Menunjuk hal ini sebagai “babak pertama” untuk turnamen belajar. Setiap peserta didik harus menjawab pertanyaan secara pribadi.
5. Setelah pertanyaan-pertanyaan diberikan, sediakan jawaban dan mintalah peserta didik menghitung pertanyaan yang mereka jawab secara benar. Kemudian suruhlah mereka menyatakan skor mereka pada anggota lain dalam tim tersebut untuk mendapat skor tim. Umumkan skor masing-masing tim.
6. Mintalah tim mempelajari lagi turnamen pada babak dua. Kemudian mintalah tes pertanyaan yang lebih banyak sebagai bagian” babak kedua”. Mintalah sekali lagi tim menyatakan skornya dan tambahan satu skor kepada gilirannya.
7. Anda dapat melakukan beberapa ronde seperti yang anda sukai. Akan tetapi, pastikan membolehkan tim memiliki sesi untuk belajar antara ronde (lama turnamen belajar dapat bervariasi, mungkin 20 menit atau beberapa jam).
Variasi:
i. Beri hukuman kepada peserta didik yang menjawab salah dengan memberi skor nilai 2 atau 3. Kalau mereka tidak yakin akan jawaban, jawaban kosong dihitung 0.
ii. Buat penampilan seri kecakapan sebagai basis untuk turnamen


Terpopuler