Writing In The Here And Now (Menulis Pengalaman)
12 September 2012 - dibaca : 2.271 kali

Writing In The Here And Now (Menulis Pengalaman)

Menulis membantu peserta didik merefleksikan pengalaman-pengalaman yang telah mereka alami. Cara dramatik untuk memajukan refleksi independen adalah meminta peserta didik menulis laporan tindakan saat sekarang dari sebuah pengalaman yang telah mereka alami. (Seolah-olah tindakan itu terjadi di sini dan sekarang).
Prosedur:
1. Pilihlah jenis pengalaman yang anda inginkan untuk ditulis oleh siswa. Ia bisa berupa peristiwa masa lampau atau akan datang. Diantara kemungkinan-kemungkinan itu adalah:
a. Problem baru
b. Peristiwa keluarga
c. Hari pertama di pekerjaan baru
d. Presentasi
e. Pengalaman dengan teman
f. Situasi belajar
2. Informasikan kepada peserta didik tentang pengalaman yang telah mereka pilih untuk tujuan penulisan reflektif. Beri tahu mereka bahwa cara yang berharga untuk merefleksikan pengalaman adalah mengenangkan atau mengalaminya untuk pertama kali di sini dan sekarang. Dengan demikian tindakan itu menjadikan pengaruh lebih jelas dan lebih dramatik daripada menulis tentang sesuatu di sana dan kemudian atau di masa depan yang jauh.
3. Persiapkan permukaan yang jelas untuk ditulis. Bangunlah privasi dan ketenangan.
4. Perintahkan peserta didik menulis, saat sekarang, tentang pengalaman yang telah dipilih. Perintahkan mereka untuk memulai awal pengalaman dan menulis apa yang sedang mereka dan lainnya lakukan dan rasakan, seperti,” Saya sedang berdiri di hadapan teman-teman kelas menyampaikan presentasi. Saya sebenarnya ingin tampak percaya diri……” Ajaklah peserta didik untuk menulis sebanyak mungkin yang mereka inginkan tentang peristiwa-peristiwa yang terjadi dan perasaan-perasaan yang dihasilkannya.
5. Berilah waktu yang cukup untuk menulis. Peserta didik seharusnya tidak merasa terburu-buru. Ketika mereka selesai, ajaklah mereka untuk membacakan tentang refleksinya di sini dan sekarang.
6. Diskusikan tindakan-tindakan baru yang bisa mereka lakukan di masa depan.
Variasi:
i. Untuk membantu peserta didik masuk dalam suasana hati untuk tulisan reflektif, pertama, lakukanlah latihan khayalan mental atau adakan diskusi kelompok yang relevan dengan topik yang anda tugaskan.
ii. Minta para peserta didik untuk melakukan sharing apa yang telah mereka tulis. Alteratif pertama, adalah mengajak beberapa sukarelawan untuk membaca hasil karyanya. Alternatif kedua, adalah meminta partner agar mereka membagi tulisan satu sama lain.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler
loading...