Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Cara Mengecek Koneksi Database Error dan Query dengan MySqli
23 Oktober 2017 - dibaca : 74 kali

Cara Mengecek Koneksi Database Error dan Query dengan MySqli

Bagi seorang programmer mengetahui letak error pada sebuah query koneksi atau tabel adalah sangat penting. Hal ini untuk mempercepat penyelesaian sebuah masalah. Ada banyak cara koneksi mysqli antara lain :

1. $mysqli = new mysqli("localhost", "my_user", "my_password", "database");

Cara menampilkan Error sebagai berikut :

    if ($mysqli->connect_errno) { printf("Connect failed: %s ", $mysqli->connect_error); exit(); } if (!$mysqli->query("SET a=1")) { printf("Errormessage: %s ", $mysqli->error); } /* close connection */ $mysqli->close();

2. $con=mysqli_connect("localhost","my_user","my_password","my_db");

Cara menampilkan error koneksinya adalah :

    if (mysqli_connect_errno()) { echo "Failed to connect to MySQL: " . mysqli_connect_error(); } Bagaimana bila terjadi pada query ? ada banyak cara juga penggunaan dalam query, namun yang penulis gunakan sebagai berikut : $abc = mysqli_query($con,"INSERT INTO tabel (field) VALUES (isi tabel)"); if ($abc) { echo"OK"; } else { echo"Error :".mysqli_error($con).""; }


Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.. dirangkum dari berbagai sumber seperti www.w3schools.com, php.net dan riset sendiri(hasil coba-coba).


Terpopuler