Perlunya Perencanaan Pembelajaran
09 September 2012 - dibaca : 3.296 kali

Perlunya Perencanaan Pembelajaran

Bagi seorang pekerja profesional, merencanakan sesuatu sesuai dengan tugas dan tanggungjawab profresinya merupakan tahapan yang tidak bisa ditinggalkan. Guru atau pendidik merupakan pekerjaan profesional, sehingga guru yang akan melaksanakan tugasnya perlu untuk melakukan perencanaan. Hal ini disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:
1.      Pembelajaran adalah proses yang bertujuan.
Sesederhana apapun proses pembelajaran yang akan dilaksanakan oleh guru, pasti mempunyai tujuan tertentu yang hendak dicapai. Oleh karena itu, semakin kompleks tujuan pembelajaran yang akan dicapai, maka semakin kompleks pula perencanaan pembelajaran yang harus disusunoleh guru.
2.      Pembelajaran adalah proses kerjasama.
Proses pembelajaran pasti akan melibatkan guru dan siswa.  Tidak akan berarti seorang guru sebagai pengelola pembelajaran tanpa ada siswa yang dikelola. Demikian pula sebaliknya, siswa tanpa guru dalam proses pembelajaran tidak mungkin akan dapat berjalan secara efektif, apalagi untuk siswa yang masih memerlukan bimbingan sepenuhnya dari guru. Dengan demikian, dalam proses pembelajaran guru dan siswa perlu bekerjasama secara harmonis. Guru perlu merencanalan apa yang harus dilakukan siswa agar tujuan pembelajaran tercapai secara optimal, dan merencanakan apa yang sebaiknya diperankan sebagai pengelola pembelajaran.
3.      Proses pembelajaran ádalah proses yang kompleks.
Pembelajaran bukan hanya sekedar menyampaikan materi pelajaran, tetapi merupakan proses pembentukan perilaku siswa. Proses pembelajaran merupakan proses yang kompleks sebab siswa  memiliki minat, bakat, dan gaya belajar yang   berbeda-beda. Oleh karena itu, proses pembelajaran harus memperhitungkan segala kemungkinan yang terjadi, sehingga memerlukan perencanaan yang matang dari seorang pengajar.
4.      Proses pembelajaran akan efektif jika memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia.
      Salah satu kelemahan guru saat iniadalah dalam pengelolaan pembelajaran kurang memanfaatkan sarana dan prasarana yang tersedia termasuk  memanfaatkan berbagai sumber belajar. Dewasa ini, sesuai dengan perkembangan teknologi  maka banyak sekali hasil-hasil teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh guru  untuk menunjang keberhasilan proses pembelajaran, misalnya penggunaan komputer, LCD, dan lain-lain. Untuk mendapatkan dan memberikan sumber belajar yang  lebih beragam dan mutakhir, guru dapat memanfaatkan internet. Oleh karena itu, proses pembelajaran yang efektif perlu perencanaan yang matang untuk mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler