Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Kandidiasis Vaginalis (Infeksi Jamur Pada Vagina)
12 September 2015 - dibaca : 1.811 kali

Kandidiasis Vaginalis (Infeksi Jamur Pada Vagina)

Satu lagi infeksi yang dapat menyerang vagina, organ penting wanita. Kandidiasis Vaginalis adalah infeksi yang disebabkan oleh jamur, yang terjadi disekitar vagina. Infeksi ini terjadi pada orang-orang dengan sistem imun yang lemah dengan tingkat keparahannya yang berbeda-beda.

Kandidiasis adalah salah satu penyakit akibat jamur yang bersifat akut atau subakut yang penyebabnya adalah jamur species Candida. Biasanya species ini selain mengenai vagina, juga bisa terjadi pada organ mulut, kulit, kuku, bronki / paru bahkan terkadang bisa menyebabkan septikemia, endokarditis, atau meningitis.

Kandidiasis yang menyerang pada kuku akan menimbulkan sedikit rasa gatal dan nyeri jika ada infeksi sekunder. Kuku kemudian akan berwarna hitam kecoklatan, menebal, dan tidak bercahaya, biasanya menyerang mulai dari pangkal kuku. Disekitar pangkal kuku terdapat gelembung-gelembung berisi cairan dan kulit menjadi bersisik. Kandidiasis yang menyerang daerah mulut ditandai dengan adanya bercak-bercak putih, seperti membran pada mukosa mulut dan lidah. Sedangkan jika kandidiasis yang menyerang vagina, akan menimbulkan gejala-gejala seperti bercak-bercak putih diatas mukosa, mulai dari leher rahim sampai vagina. Selain itu, adanya cairan putih kekuningan yang disertai dengan semacam butiran tepung, kadang-kadang seperti susu pecah. Keluhan biasanya berupa rasa gatal-gatal.

Faktor Risiko Kandidiasis

Faktor-faktor risiko yang meningkatkan kemungkinan untuk mendapatkan infeksi candidial termasuk
  • Minum antibiotik-vagina dan sistem pencernaan dijajah oleh bakteri ramah disebut organisme komensal. Mengambil antibiotik membunuh ini dan mengubah lingkungan normal yang memungkinkan dicentang pertumbuhan ragi.
  • Mengambil steroid, steroid menekan kekebalan dan mungkin candidial pertumbuhan.
  • Kehamilan.
  • Diabetes-sana adalah terlalu banyak gula dalam darah dan imunitas lemah yang menimbulkan risiko thrush.
  • Sistem kekebalan tubuh lemah karena untuk penyakit seperti AIDS, darah dan kanker lainnya. Dalam kanker kemoterapi adalah penyebab di belakang thrush. Karena kekebalan rendah orang tidak mampu melawan infeksi jamur.
  • Orang tua dengan rendah kekebalan.
  • Lahir bayi baru terutama jika mereka lahir dengan berat kelahiran rendah.

Gejala kandidiasis vagina biasanya berupa keputihan berwarna seperti susu,bergumpal, disertai rasa gatal,panas,dan kemerahan pada alat kelamin dan sekitarnya.

Gejala lisan Kandidiasis

Ketika mulut dan kerongkongan yang terinfeksi ada common terjadinya kuning atau putih krem plak atau perbaikan pada bagian pipi, gusi atau lidah.
Plak dapat tergores tetapi dapat meninggalkan daerah yang menyakitkan, lembut, merah di bawah, yang mungkin berdarah.

Kadang-kadang kembali dari tenggorokan juga mungkin terlibat. Mungkin ada rasa sakit, nyeri, kesulitan menelan, kesulitan dalam berbicara dan pembengkakan. Sudut-sudut mulut mungkin retak, fissured dan menyakitkan. Ini disebut cheilitis sudut.

Gejala Vulvovaginal Kandidiasis

Pada wanita mungkin ada pembakaran, gatal dan menyengat masuk vagina. Kadang-kadang ini disertai dengan krim keju putih seperti vagina.
Mungkin ada rasa sakit selama hubungan seksual dan stinging pada buang air kecil. Kasus berat mungkin muncul dengan merah dan bengkak vagina dan vulva, mengalir atau fissured dan retak kulit sekitar vulva, pendarahan dll.

AKIBAT KANDIDIASIS VAGINA

Candidiasis pada vagina menyebabkan iritasi vagina atau vaginitis, kemerahan dan peradangan disekitar vagina, rasa gatal, keluarnya cairan putih yang berlebihan, sakit saat buang air seni serta bau menyengat pada vagina.

Gejala candidiasis oral seperti munculnya bintik kuning, putih atau krem di dalam mulut dan lidah. Di bawah keputihan tersebut, terdapat jaringan merah yang mudah mengeluarkan darah. Munculnya bintik keputih-putihan di lidah dan selaput lendir. Selain itu adanya lapisan putih tebal di lidah, lidah pecah-pecah, nafas berbau, kesulitan menelan dan sebagainya.
 

Cara Pengobatan Kandidiasis Secara Medis
Dalam menanganinya dapat dilakukan pengobatan yang bervariasi, tergantung pada daerah mana yang terkena dampak dari timbulnya Kandidiasis tersebut, seperti:
a. Bila menderita candidiasis sebaiknya segera mengkonsumsi obat-obatan antifungal seperti Nistatin dan clotrimazole. Untuk kasus-kasus yang lebih parah, ketoconazole atau flukonazol dapat diminum sekali sehari.
b. Seandainya anda menderita candida esophagitis dapat di obati dengan ketoconazole, itraconazole (Sporanox) atau flukonazol. Kandidiasis cornu dapat diobati dengan dengan antifungal powders dan krim.
c. Sedangkan bagi candidiasis yang terjadi pada vagina dan menyebabkan infeksi dapat diobati dengan obat antifungal seperti butoconazole, clotrimazole, miconazole, Nistatin, tioconazole dan terconazole.

Pengobatan Alami Candidiasis Pada Vagina
1. Bawang putih (Allium sativum)
Mengkonsumsi bawang putih bisa mencegah dan mengobati candidiasis dengan cara mengunyah langsung bawang putih tersebut.Berdasarkan beberapa penelitian ilmiah tentang kandungan bawang putih ini ternyata memiliki kandungan anti jamur, anti bakteri dan mikroorganisme lainnya.


2. Yogurt
Yogurt merupakan salah satu cara mengatasi infeksi Candida vagina, caranya mudah cukup mengoleskannya langsung ke daerah sekitar vulva atau bagian dari alat kelamin perempuan yang terkena infeksi, dapat digunakan sebagai supositoria dengan mencelupkan kain khusus vagina pada yoghurt dan menempelkannya pada vagina.

 


Terpopuler