5 Cara Mengetahui Hardware Akan Rusak
08 September 2015 - dibaca : 1.483 kali

5 Cara Mengetahui Hardware Akan Rusak

Ada banyak praktisi IT yang telah menjabarkan bagaimana cara mengetahui sebuah perangkat keras akan rusak atau masih akan bertahan lama. Berikut ini saya mencoba menjabarkan, merangkum dari segala sumber diantaranya :

1. Suhu

Suhu terbagi menjadi 2 yaitu Suhu Ruangan dan Suhu Perangkat Keras. Suhu Ruangan dimana perangkat keras diletakkan punya andil dalam ketahanan perangkat keras. Semakin dingin ruangan dapat membantu pendinginan perangkat keras. Semakin Panas ruangan akan berakibat semakin cepat memanasnya perangkat keras. Apabila terlampau tinggi dipastikan perangkat keras akan semakin cepat rusak, karna itu diperlukan proses pendinginan tidak hanya yang terdapat di perangkat keras. Namun, di bantu dengan suhu ruangan yang dingin.

2. Kinerja Sistem

Perangkat keras yang akan mengalami kerusakan kinerja sistem dapat sekali terasa dalam penurunannya meskipun telah di instal ulang berkali-kali seperti sering error, mati, bluescreen, tidak terdeteksinya harddisk atau perangkat lain, dan sebagainya. Untuk mengecek kerusakan ini dapat dilakukan dengan pemeriksaan secara rutin bad sector, kondisi alko, IC.

3. Keadaan Lingkungan

Kondisi Lingkungan penempatan komputer sangat berpengaruh dalam kerusakan hardware, penempatan dekat jendela atau pintu atau akses lainnya yang mudah di lalui debu/air hujan tidaklah baik. Semakin banyak debu terkumpul dalam perangkat keras maka suhu akan makin cepat meningkat. Kondisi Atap yang rapuh atau bocor. Penempatan yang terdapat banyak getaran tanpa di sertai peredam getar pun dapat mempercepat kerusakan hardware.

4. Kinerja Jaringan

Keadaan jaringan di sini tidak hanya pada jaringan listrik, apabila listrik yang tidak stabil jelas mempercepat kerusakan. Namun jaringan data pun dapat mengindikasikan sebuah perangkat keras akan rusak atau masih sehat. Bagaimana caranya ? jaringan data tercipta karna adanya interaksi dengan perangkat lain, kecepatan data yang menurun, kecepatan dalam memproses software lain secara bersamaan saat jaringan data terpakai semakin cepat hardware memproses menunjukkan berkualitasnya akses (jaringan) juga perangkat keras itu sendiri. Namun apabila jaringan cepat namun komputer lambat dalam memproses software lain dapat menunjukkan tidak baiknya atau menurunnya kinerja hardware anda.

5. Keadaan Fisik Perangkat Keras


Keadaan hardware yang berkarat, ada bunyi bip, getaran kipas yang bergetar dan sebagainya dapat menandakan hardware.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler