Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
24 Manfaat Kayu Manis
06 September 2015 - dibaca : 4.058 kali

24 Manfaat Kayu Manis

Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) ialah sejenis pohon penghasil rempah-rempah. Termasuk ke dalam jenis rempah-rempah yang amat beraroma, manis, dan pedas. Orang biasa menggunakan rempah-rempah dalam makanan yang dibakar manis, anggur panas.

Kayu manis adalah salah satu bumbu makanan tertua yang digunakan manusia. Bumbu ini digunakan di Mesir Kuno sekitar 5000 tahun yang lalu, dan disebutkan beberapa kali di dalam kitab-kitab Perjanjian Lama.

Kayu manis juga secara tradisional dijadikan sebagai suplemen untuk berbagai penyakit, dengan dicampur madu, misalnya untuk pengobatan penyakit radang sendi, kulit, jantung, dan perut kembung.

Beberapa jenis kayu manis yang dijual di pasaran di antaranya:

  • Cinnamomum verum'(True cinnamon, Sri Lanka cinnamon atau Ceylon cinnamon).
  • C. burmannii (korintje, kasiavera, atau Indonesian cinnamon).
  • C. loureiroi (Saigon cinnamon atau Vietnamese cinnamon).
  • C. aromaticum (Cassia atau Chinese cinnamon).

Kulit manis Ceylon sering kali hanya menggunakan kulit bagian dalam yang lebih tipis, lebih memiliki kesegaran, kurang padat, lebih beraroma, dan lebih lembut dalam rasa daripada kasiavera. Kasiavera memiliki rasa yang lebih kuat (sering lebih pedas) daripada kulit manis Sri Lanka dan umumnya berwarna merah kecoklatan sedang hingga ringan, keras dan bertekstur kayu, serta lebih tebal (2–3 mm (0,079–0,12 inci) dan menggunakan seluruh lapisan kulitnya.

15 Manfaat dari Kayu Manis di antaranya :

1. Mencegah penggumpalan darah
Cinnamaldehyde atau kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

2. Anti bakteri
Kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

3. Mengontrol gula darah
Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes.

4. Meningkatkan fungsi otak

Kayu manis bisa meningkatkan proses kognitif seseorang dan membantu dalam hal berkonsentrasi, mengingat, kecepatan bekerja pada program komputer.

5. Menurunkan kolesterol
Kayu manis sangat cocok untuk kesehatan pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga bisa menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga membantu menghilangkan garam pada tubuh dan mencegah kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga bisa mengobati konstipasi atau diare.

6. Menghangatkan
Kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan nyaman.

7. Anti Infeksi
Kayu manis terbukti efektif menghilangkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan berbagai jenis penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

8. Mencegah & Mengobati pertumbuhan sel kanker
Penelitian di university of texas menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga menjadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

9. Meringankan sakit pada penderita rematik
Kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

10. Pengawet makanan alami

11. Meringankan flu
Kayu manis biasanya digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza.

12. Mengatasi Nyeri Ketika Haid

13. Mencegah Penyakit Jantung
Kayu manis memiliki sifat anti-inflamasi yang membuatnya cukup  efektif dalam melindungi jantung terhadap sebuah kerusakan maupun infeksi, terutama di arteri yang dikarenakan makanan berlemak.

14. Memenuhi Kebutuhan Serat & Mineral

15. Berfungsi Menyeimbangkan Hormon
Kayu manis memiliki kandungan natural yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan hormon progesteron dan mengurangi hormon testosteron pada wanita. Sangat cocok untuk meningkatkan kesuburan.

16. Meredakan Nyeri Sendi
Campuran madu dan kayu manis memiliki efek positif terhadap arthritis kronis. Tambahkan 1 sdt madu dan ½ sdt kayu manis pada air putih, minum dua kali sehari saat perut kosong.

17. Menurunkan Berat Badan

18. Menambah Energi

19. Mengurangi Asam Lambung

20. Mengatasi Kerontokan Rambut

21. Mengobati Sakit Gigi

22. Mengatasi Susah Buang Gas

23. Obat Awet Muda

24. Mengobati Jerawat

Campurkan madu dengan bubuk kayu manis, oleskan pada jerawat sebelum tidur dan biarkan sampai keesokan harinya, lalu bersihkan.

Kombinasi keduanya telah digunakan masyarakat Cina dan India sejak 5000 tahun lalu, karena mengandung enzim yang menghasilkan hidrogen piroksida yang sangat ampuh menghentikan serta membunuh bakteri serta jamur.


Terpopuler