Hamil Mola / anggur (Mola Hidatidosa/Mola Parsial)
14 September 2014 - dibaca : 3.099 kali

Hamil Mola / anggur (Mola Hidatidosa/Mola Parsial)

Hamil Mola umumnya di identifikasi sebagai tumor jinak yang terbentuk dari trofoblas (sel bagian tepi sel telur) yang telah dibuahi. Tumor ini melekat di dinding rahim dan menjadi plasenta serta membran yang memberi makan hasil pembuahan. Jenis tumor ini dapat menjadi ganas. kehamilan yang abnormal, tidak ditemukan adanya janin namun beberapa kasus hamil mola adanya janin yang tumbuh dengan sempurna. Beberapa kasus sebagian sumber nutrisi berbentuk mola.

 

PENYEBAB
Mola hidatifosa berasal dari plasenta dan/atau jaringan janin sehingga hanya mungkin terjadi pada awal kehamilan. Massa biasanya terdiri dari bahan-bahan plasenta yang tumbuh tak terkendali. Sering tidak ditemukan janin sama sekali namun beberapa kasus ditemui adanya janin.

Penyebab terjadinya mola belum sepenuhnya dimengerti. Penyebab yang paling mungkin adalah kelainan pada sel telur, rahim dan/atau kekurangan gizi. Resiko yang lebih tinggi ditemukan pada wanita yang berusia di bawah 20 tahun atau diatas 40 tahun.

 

GEJALA
Gejalanya bisa berupa:

* Perdarahan dari vagina pada wanita hamil (trimester I-II). Pendarahan berupa darah segar, bukan layaknya menstruasi dan sering timbul bercak kecokelatan. Saat Pendarahan mesti segera di cek pada dokter kandungan, sebab dikawatirkan indikasi tidak hanya mengarah pada mola tapi bisa gejala keguguran.

* Mual dan muntah berat(sering) pada hamil umur 1-4bulan.

* Pembesaran perut melebihi usia kehamilan.

* Gejala-gejala hipertiroidisme ditemukan pada 10% kasus (denyut jantung yang cepat, gelisah, cemas, tidak tahan panas, penurunan berat badan yang tidak diketahui penyebabnya, tinja encer, tangan gemetar, kulit lebih hangat dan basah).

* Gejala-gejala pre-eklamsi yang terjadi pada trimester I atau awal trimester II (tekanan darah tinggi, pembengkakan kaki-pergelangan kaki-tungkai, proteinuria).

* Gejala pasti dapat diketahui secara medis dengan pemeriksaan laboratorium Beta HCG Darah. Pada hamil mola ditemukan kadar melebihi ambang batas hingga > 2x batas wajar. Kadar Beta HCG yang tinggi dapat di temui pada hamil kembar, namun dapat disimpulkan positif mola bila hasil USG menunjukkan tidak adanya janin atau adanya janin namun tidak kembar.

* Pada Saat sebelum pendarahan, ibu hamil mengalami rasa panas yang luar biasa, pucat, mual.

 

PENCEGAHAN

* Beberapa kasus mola lebih sering dikarenakan kekurangan gizi, maka cukupkan asupan gizi pada ibu sebelum atau saat hamil.

* Pada ibu yang memiliki riwayat dalam keluarga menderita kanker, sulit untuk menghindari mola karna bawaan genetik.

 

PENGOBATAN & PERAWATAN

* Apabila tidak ditemukan adanya janin

Sampai ditulisnya artikel ini, penulis belum menemukan obat untuk hamil mola/anggur selain di operasi agar kanker tidak berkembang.

 

* Apabila ditemukan adanya janin

ibu hamil mesti menjaga pola makan terpenuhi asupan gizi, menjaga tekanan darah agar tetap normal apabila melebihi ambang normal(tinggi) dalam keadaan apapun ibu harus di operasi karna sudah tergolong berbahaya untuk ibu hamil.

 

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler