Gejala, Penyebab dan Pengobatan Radang Tenggorokan
21 Desember 2013 - dibaca : 3.668 kali

Gejala, Penyebab dan Pengobatan Radang Tenggorokan

Faringitis (bahasa Latin: pharyngitis), adalah suatu penyakit peradangan yang menyerang tenggorok atau hulu kerongkongan (pharynx). Kadang juga disebut sebagai radang tenggorok.

Radang ini bisa disebabkan oleh virus atau bakteri, disebabkan daya tahan yang lemah. Faringitis biasanya disebabkan oleh bakteri streptococcus. Pengobatan dengan antibiotika hanya efektif apabila karena terkena bakteri. Kadangkala makan makanan yang sehat dengan buah-buahan yang banyak, disertai dengan vitamin bisa menolong.

Gejala radang tenggorokan seringkali merupakan pratanda penyakit flu atau pilek seperti dibawah ini :

  • Sakit kepala
  • Ruam
  • Badan terasa lelah
  • Ada bintik-bintik merah kecil di bagian belakang atap mulut
  • Kesulitan menelan, bahkan air liur sekalipun
  • Kelenjar getah bening pada leher membengkak
  • Tenggorokan terasa sakit
  • Amandel membengkak dan berwarna merah. Terkadang ada bercak putih dan lapisan nanah pada amandel
  • Demam tinggi, biasanya lebih dari 38,3 derajat Celcius (101 derajat Fahrenheit)
  • Perut terasa sakit dan terkadang disertai dengan muntah

 

Terdapat tiga jenis radang tenggorok yaitu akut dan kronis:

Faringitis akut, radang tenggorok yang masih baru, dengan gejala nyeri tenggorok dan kadang disertai demam dan batuk.

Faringitis Subkronik, tenggorokan akan terlihat membengkak.

Faringitis kronis, radang tenggorok yang sudah berlangsung dalam waktu yang lama, biasanya tidak disertai nyeri menelan, cuma terasa ada sesuatu yang mengganjal di tenggorok.

Pengelompokkan berdasarkan Masa / Waktu Penderita Menderita Radang Tenggorokan :

- Akut (kurang dari 2 minggu)
Pada tingkatan ini, sekret atau cairan dari tenggorokan berwarna bening dan biasanya disebabkan oleh infeksi virus. Dalam satu sampai dua hari, gejala yang ditunjukkan cukup berat. Jika dilihat dengan senter khusus, bagian dalam tenggorokan akan terlihat kemerahan, juga terdapat sejumlah benjolan yang juga kemerahan. Gejala yang timbul adalah demam, nyeri tenggorokan, sakit saat menelan dan pembesaran kelenjar getah bening di leher.

- Subkronik (2 minggu - 3 bulan)
Pada radang ini, bercak-bercak dalam tenggorokan terlihat merah muda dan ada cairan yang berwarna keruh, tenggorokan akan terlihat membengkak.

- Kronik (lebih dari 3 bulan)
Pada tahap kronis, justru biasanya tidak disertai rasa sakit ketika menelan, karena gejalanya yang lebih ringan. Gejala umumnya adalah tenggorokan terasa gatal, kering dan ada lendir yang susah dikeluarkan. Selain itu, penderita juga batuk dan seperti ada yang mengganjal di tenggorokan. Faringitis kronis sendiri bisa ditemukan sebagai kelainan pada faring atau sebagai dampak dari infeksi saluran nafas atas lainnya.

Pengobatan Radang Tenggorokan Secara Tradisional

1. Menghirup Uap Panas
Menghirup uap dapat mengobati radang tenggorokan. Caranya cukup mudah, taruh air panas dalam panci lalu letakkan di depan Anda. Pakailah handuk di kepala untuk mencegah uap menyebar. Hirup uap dari panci tak hanya melalui hidung tapi sesekali juga melalui mulut.

2. Campuran Madu dan Lemon
Cara membuatnya cukup mudah campurkan secangkir air hangat dengan 1 sendok makan lemon dan 1 sendok makan madu. campuran ini ampuh untuk mengobati radang tenggorokan. namun jika anda kesulitan untuk mencari lemon anda bisa menggunakan satu sendok madu tanpa campuran air.

3. Daun Kemangi
Rebus daun kemangi dan minumlah air rebusannya. Atau cukup berkumur dengan air rebusan kemangi akan membuat sakit tenggorokan Anda membaik.

4. Teh jahe
Anda bisa menambahkan satu inci potong jahe yang dimemarkan kemudian rebus selama dua hingga menit. Lalu, campur dengan teh yang telah Anda buat sebelumnya.

5. Campuran Kunyit, Air, dan Garam
Ini adalah obat rumahan yang sangat efektif untuk menghilangkan rasa sakit pada tenggorokan. Ditambah lagi, bahan-bahan yang diperlukan sangat mudah untuk dicari. Campurkan satu sendok teh garam dan sejumput kunyit dengan 200 ml air hangat kemudian berkumurlah beberapa kali sehari.

6. Bawang Putih
Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang merupakan agen pembunuh bakteri. cobalah mengunyah bawang putih agar mengeluarkan senyawa allicin demi mengatasi radang tenggorokan.

7. Jus Buah Belimbing
Buah belimbing memiliki khasiat sebagai anti-radang yang bisa digunakan untuk mengobati radang tenggorokan. Caranya ambil 100 gram buah belimbing manis, lalu dibuat jus dan diminum.

 

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler