Masalah Vagina dan Pemecahannya
21 November 2013 - dibaca : 3.355 kali

Masalah Vagina dan Pemecahannya

Masalah vagina itu beragam, berawal dari infeksi jamur sampai seks yang menyakitkan, kadang-kadang bisa kita tanggapi salah. Berikut adalah cara untuk memperbaiki masalah vagina itu secara umum (dan tidak begitu umum).

Terasa seperti ada balon air kecil yang sedang tumbuh dalam vagina Anda

Penyebab: Sebuah saluran Bartholin tersumbat. Ketika Anda dalam kondisi terangsang, kedua tabung kecil di kedua sisi sekresi pelumas vagina Anda akan terhubung dengan kelenjar Bartholin (dua organ kacang polong di bawah kulit). Kadang-kadang carian pelumas yang disekresikan terjebak di saluran, menyebabkan kista, lembut licin yang membengkak di dekat lubang vagina.

Obat: Penyumbatan saluran Bartholin biasanya jinak dan tidak memerlukan pengobatan. Anda mungkin dapat menghentikan penyumbatan hanya dengan duduk di air mandi hangat selama 20 menit dua atau tiga kali sehari. Jika terlihat seperti kacang dan hilang sendiri, maka mungkin memang tersumbat dan Anda tidak perlu khawatir  tentang hal itu. Namun jika kista malah menyakitkan atau terjadi peningkatan ukuran, maka Anda sebaiknya mengunjungi dokter. Dokter biasaya akan merekomendasikan sebuah prosedur yang disebut marsupialization. Pengobatan ini melibatkan pengurasan kista, kemudian menjahit dinding kista pada kulit luar untuk membuat saluran baru. Penyembuhannya akan memakan waktu sekitar satu bulan.

Anda  belum menstruasi walau sudah berhenti mengkonsumsi pil KB dan tidak hamil.

Penyebab: Hormon-hormon yang digunakan dalam pil KB dapat mengganggu produksi alami tubuh yang menyebabkan ovulasi serta menstruasi. Pil KB ini masih bisa terus mempengaruhi tubuh selama beberapa waktu setelah pemakaian dihentikan. Tidak menstruasi, yang disebut post-pil amenore adalah hal yang seringkali terjadi, apalahi jika siklus menstruasi Anda memang tidak teratur.

Obat: Jika Anda masih belum mendapatkan menstruasi dalam waktu 3 bulan setelah penggunaan pil KB yang terakhir, maka Anda disarankan untuk mengunjungi dokter kandungan Anda. Amenore bisa menjadi gejala dari masalah kesehatan lainnya.

Lebih mudah terserang indeksi jamur kalau sering  menggunakan celana dalam jenis Thong.

Penyebab: Celana dalam bertali kecil dan tipis memang bisa menyelamatkan Anda dari ketakutan bahwa garis CD anda terlihat saat memakai celana kain, tetapi juga berfungsi sebagai jalan raya super cepat bagi mikroba. Saat pakaian dalam menekan perineum (batasan antara vagina dan anus) bakteri bisa berpindah dengan cepat ke vagina. Thong sebenarnya adalah konektor atau penghubung. Ketika bergerak, pakaian dalam itu akan bergeser dan menimbulkan infeksi jamur dengan cepat. Hal ini akan diperburuk karena celana dalam dengan bagian belakang serupa tali ini cenderung bersifat menggosok, menyebabkan goresan kecil di kulit sekitar vulva dan klitoris, dan menciptakan akses untuk mikroba.

Obat: Anda tidak perlu membuang thong Anda selama terbuat dari katun atau bagian selangkangannya terbuat dari katun. Kain yang bisa membuat kulit bernapas membuat Anda lebih kering, sehingga bakteri tidak dapat tumbuh dengan mudah. Jangan gunakan thong saat berolahraga.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler