Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
9 Cara Mengontrol Bipolar Syndrome
12 November 2013 - dibaca : 1.554 kali

9 Cara Mengontrol Bipolar Syndrome

Kebiasaan Sehat untuk gangguan bipolar Syndrome
Gangguan bipolar adalah suatu kondisi kesehatan mental yang serius di mana episode mania- suasana hati yang abnormal sering disertai dengan perasaan euforia-diselingi dengan depresi.

Orang dengan gangguan bipolar umumnya harus diobati dengan stabilisator mood dan obat lain. Tapi mempertahankan gaya hidup sehat juga penting. Makan yang benar, jadwal tidur yang teratur, dan kebiasaan sehat lainnya dapat membantu orang dengan gangguan bipolar mengelola kondisi mereka.
Dilansir dari health.com, berikut 9 cara untuk mengontrol gangguan bipolar sekaligus menjadi kebiasaan sehat bagi penderita gangguan bipolar.

Konsumsi Obat secara Rutin
Minum obat setiap hari seperti yang ditentukan oleh dokter.1 dari 3 orang akan bisa benar-benar bebas dari gejala gangguan bipolar dengan meminum obat penstabil suasana hati, seperti carbamazepine atau lithium.

Latihan setiap hari
Aktivitas fisik sedang selama 30 menit sehari dapat membantu mengontrol perubahan mood.

Makan makanan yang seimbang
Pastikan Anda mendapatkan semua nutrisi yang Anda butuhkan. Makan makanan pada waktu yang teratur akan membantu membentuk rutinitas untuk mengurangi stres  sehari-hari.

Hindari bepergian ke zona waktu lain
Jika Anda berencana untuk bepergian, Anda mungkin ingin menghubungi dokter sebelum Anda pergi. Perjalanan ke zona waktu yang lain dapat mengganggu jadwal pengobatan Anda dan memicu episode manic.

Dapatkan jumlah jam tidur yang sama setiap malam
Perubahan pola tidur Anda kadang-kadang dapat memicu manik atau episode depresif. Cobalah yang terbaik untuk menjaga waktu tidur dan waktu bangun yang sama, usahakan perbedaannya tidak lebih dari satu jam. baca tips untuk mendapatkan tidur yang lebih baik.


Hindari alkohol dan obat-obatan terlarang
Bahkan satu minuman dapat mengganggu tidur Anda, mengubah suasana hati Anda, atau mengganggu obat-obatan, yang dapat membuat gejala lebih buruk atau bahkan memicu sebuah episode.

Mengurangi stres di tempat kerja dan di rumah
Cobalah untuk menjaga jam reguler di tempat kerja sehingga stres tidak akan memicu manik atau episode depresif. Jika stres di tempat kerja atau di rumah adalah masalah, maka konseling dapat membantu Anda. Sangat penting untuk menjadwal waktu rekreasi, walapun hanya untuk waktu yang singkat.

Batasi kafein dan nikotin selama episode manic
Kafein dan nikotin dapat bertindak sebagai stimulan, yang dapat membuat gejala lebih buruk. Plus, terlalu banyak kafein dapat mengubah kebiasaan tidur Anda.Baca artikel Makanan Yang Mengandung Kafein.

 

Segera berobat
Mendapatkan pengobatan sesegera mungkin akan membantu Anda untuk secara proaktif mengelola gejala depresi atau manic episode dan menghindari gangguan dalam hidup Anda. Seringkali Anda tidak melihat tanda-tanda awal atau gejala, sehingga butuh waktu untuk mendidik siapa pun yang paling dekat dengan Anda untuk melihat tanda dan gejala yang ada. Mereka dapat mengingatkan Anda ketika mereka melihat perubahan yang menunjukkan awal dari sebuah episode mood. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda menyambut umpan balik tersebut, dan pastikan untuk menganggapnya serius jika Anda mendapatkannya.

Kebiasaan sehat diatas sangat bagus untuk diterapkan oleh orang dengan bipolar syndrome sehingga bisa mengelola mood atau suasana hati dengan lebih baik.


Terpopuler