Penyakit Kulit Eksim pada Anak
12 November 2013 - dibaca : 2.477 kali

Penyakit Kulit Eksim pada Anak

Eksim sering disebut dermatitis atau dermatitis atopik, tetapi semua istilah ini mempunyai arti yang sama. Eksim adalah suatu kondisi kulit gatal yang sering terjadi dalam keluarga. Anak atau anggota keluarga lain juga mungkin memiliki asma atau demam.

Bagaimana mengenali eksim?

  • Kulit umumnya kering.
  • Kulit gatal.
  • Beberapa daerah kulit yang meradang : kulit berwarna merah dan pecah-pecah, bisa mengeluarkan berdarah.

Daerah-daerah tertentu yang sangat Terinfeksi

  • Bayi: wajah.
  • Balita: bagian depan lutut dan pergelangan kaki, bagian dalam pergelangan tangan.
  • Anak-anak dan orang dewasa: lipatan siku dan lutut.
  • Pada beberapa orang, ruam di seluruh tubuh.

Apakah eksim disebabkan oleh alergi?
Orang sering berpikir bahwa penyebab eksim adalah alergi terhadap sesuatu, dan jika penyebab alergi dihindari, kondisi eksim akan sembuh. Pada kenyataannya, sangat sedikit orang yang memiliki eksim akibat alergi. Namun, orang  mengalami eksis juga mungkin memiliki alergi yang memberikan gejala yang berbeda.

Yang penting pada semua orang adalah bahwa kulit kering dan mudah teriritasi dan bukan merupakan penghalang yang baik.

Orang yang kecenderungan menderita eksim lahir dengan kulit kering dan teriritasi. Jenis kulit ini membutuhkan perawatan khusus untuk mencegah eksim berkembang.

Pengobatan untuk Kulit yang Kekeringan

  • Berbagai pelembab dapat digunakan. Cream Sorbolene dengan sepuluh persen gliserin biasanya merupakan pilihan termurah tapi kadang-kadang menyebabkan perih. Krim jenis ini tersedia dari apotek atau supermarket dalam botol besar dan tidak perlu resep. Penggunaannya setidaknya dua kali sehari. Kadang-kadang ini menyebabkan iritasi pada kulit, sehingga Anda mungkin perlu mencoba alternatif seperti salep pengemulsi, contohnya salep eksim Eucerinä. Hindari krim yang mengandung urea, yang akan menyebabkan kulit rusak menjadi perih.
  • Minyak mandi

Apa yang bisa mengiritasi kulit?
Penting bagi kita untuk mengetahui hal-hal yang dapat mengiritasi kulit sehingga bisa menghindarinya. Beberapa hal yang bisa mengiritasi kulit dianataranya:

 

  • Beberapa bahan, terutama wol dan akrilik (karpet, furnitur, kursi mobil dan kereta dorong serta pakaian). Tungau dan debu rumah di karpet dapat mengganggu beberapa anak.
  • Pasir.
  • Produk obat dan yang mengandung pewangi
  • Gelembung mandi.
  • Menggunakan sabun – untuk daerah yang paling kotor, sorbolene krim dapat digunakan sebagai pengganti sabun.
  • Klorin di kolam.
  • Perubahan suhu yang cepat dan latihan aktif sampai berkeringat.
  • Alergi makanan.
  • Udara kering misalnya. kamar dipanaskan di musim dingin, AC di musim panas.

Tidak semua hal diatas bisa mengiritasi dan membuat anak menderita eksim. Namun jika orang tua tahu yang dapat menyebabkan masalah maka sebaiknya menghindarinya.

Alergi makanan
Jika ada makanan yang tampaknya memprovokasi reaksi, mungkin harus dihindari dari menu makanan anak. Cara terbaik adalah untuk memeriksa dengan ahli gizi untuk memastikan anak tidak kehilangan vitamin dan mineral untuk pertumbuhan.

Pengobatan Eksim
Jika eksim berkembang, berikan kulit pelembab secara teratur dan hindari apa pun yang mengganggu kulit.

Salep eksim kortison akan diresepkan untuk menangani eksim. Obat ini aman selama digunakan sesuai dengan anjuran dokter dan gunakan pada daerah yang teriritasi eksim. Krim ini juga bagus untuk dioleskan pada kulit rusak. Penggunaannya bisa dihentikan jika eksim sudah sembuh.

Krim kortison akan memberikan hasil yang memuaskan jika digunakan dua kali sehari pada daerah yang terkena eksim. Beberapa pengobatan  yang lebih kuat, yang jarang diperlukan, hanya digunakan sekali sehari. Penitng sekali untuk mengikuti instruksi dengan seksama. Secara umum, krim cortisone lebih baik digunakan dalam basis salep (berminyak) dibandingkan basis krim (putih) karena salep lebih melembabkan. Beberapa formulasi tidak cocok untuk wajah atau di bagian lipatan kulit.

Jika eksim sangat parah dan tidak membaik dengan pengobatan di rumah, maka perlu dibawa ke rumah sakit. Perawatan intensif di rumah sakit dengan pakaian basah biasanya akan bisa mengendalikan eksim.

Resiko Infeksi
Anak-anak dengan eksim sering mengalami infeksi berat dari virus herpes simpleks – virus yang sama yang menyebabkan pilek. Orang dengan pilek sebaiknya tidak diperbolehkan untuk mencium anak. Tidak ada masalah khusus dengan virus lain dan imunisasi anak yang biasa aman.

Impetigo dan infeksi bakteri dapat terjadi saat eksim. Kondisi ini memerlukan obat antibiotik. Jangan gunakan disinfektan karena hanya akan mengiritasi kulit.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler