6 Minuman Untuk Kesehatan Jantung
10 November 2013 - dibaca : 2.478 kali

6 Minuman Untuk Kesehatan Jantung

Pada umumnya yang sangat berpengaruh terhadap resiko seseorang terjangkit penyakit jantung adalah faktor Genetik. Ana tidak perlu kawatir, penyakit jantung sebagian besar dapat diobati. Mungkin kita pernah mendengar, agar jantung sehat maka, konsumsilah makanan bergizi dan olahraga yang teratur.

Tapi didak sekedar hanya merubah pola hidup saja, sehingga jantung menjadi sehat dan terhindar dari resiko. Ada beberapa minuman yang dapat membantu menanggulangi resiko jantung, diantaranya sebagai berikut :
 
1. Kopi
 
Sepertina hal ini aneh, bukan?? Perlu anda ketahui bahwa  kopi mengandung aktivitas ontioksidan yang labih tinggi dibandiingkan teh atau kakau. Neh, jika kopi di konsumsi dengan takaran yang tepat dapat mengurangi resiko penyakit kardiovaskular dan menghambat peradangan.
 
Pada studi yang pernnah dilakukan yaitu jangka pandang dan bersekala besar yang melibatkan ± 83.000 orang wanita dimana pada wanita setiap harinya minum kopi 2 cangkir/gelas mampu mengurangi resiko stroke 20 % daripada yang tidak mengkonsumsi kopi.
 
Saran : minumlah 2-4 cangkir setiap hari untuk kategori moderat. Namun jika anda mengidap  insommia, kelelahan, dan gelisah, cukup minum 1 gelas saja.
 
2. Jus delima
 
Jus delima belakangan ini reputasinya melonjak drastis. Betapa tidak, karena buah ini memiliki 3 kalilipat anti oksidan lebih tinggi dari buah anggur. Menurut penelitian yang ada, dengan menkonsumsi jus buah delima secara rutin  dapet plak arteri yang menjadi faktor pemicu penyakit jantung dan penurun kolesterol dan meningkatkan aliran darah kejantung.
 
Saran: jangandicampur pemanis jika anda akan mengonsumsi  jus buah delima.
 
3. Anggur merah (red wine)
 
Banyak sekali senyawa yang terdapat pada anggur merah yang berguna untuk kesehatan jantung, termasuk juga resveratrol. Resveratrol sendiri dapat mencegah terbentuknya gumpalan darah yang berada didalam pembuluh darah karena memiliki anti oksidan.  Mengkonsumsi anggur merah yang cukup, ternyata dapat meningkatkan kolersetol baik atau HDL.
 
Saran: untuk mengkonsumsi anggur merah, pria dan wanita memiliki takaran berbeda. Untuk pria tidak lebih dari dua gelas perharinya dan untuk wanita tidak lebih dari 1,5 gelas .
 
4. Teh hitam
 
Teh hitam merupakan hasil dari fermentasi dari daun teh yang sudah dikerngkan.  Cara ini bertujuan untuk meningkatkan anti oksidan dengan cara merubah komposisi kimia yang terdapat pada daun teh tersebut. Teh hitam berfungsi untuk memperbaiki fungsi pembuluh darahm, mengurangi LDL, dan meningkatkan aliran darah pada arteri koroner.
 
Saran : Sajikan teh dengan air panas, karena kandungan anti oksidan akan tetap terjaga. Dan akan lebih baik jika teh diclupkan yang lama karena manfaat fitokimia yang diperoleh semakin besar. Minumlah teh hitam setiap hari secara rutin, maka anda dapat mengurangi resiko jantung.
 
5. Teh hijau
 
Sepertihalnya teh hitam, teh hujau juga mengandung anti oksidan yang cukupp banyakm dimana sangat baik untuk kesehatan jantung. Yang menjadi perbedaan paling utama adalah prosesnyam yaitu tidak difermentasi. Dalam sebuah penelitian, dengan menkonsumsi teh hijau yang banyak dapat mencegah resiko penyakit anteri koroner. Selain itu dapat mencegah stoke dan pembekuan darah.
 
Seperti pada teh hitam, ternyata teh hijau juga  mempunyai kandungan antioksidan yang sangat baik bagi jantung. Perbedaan utamanya terlatak pada  teh hijau yang tidak difermentasi. pada sebuah penelitain menyebutkan bahwa meminum teh hijau dalam jumlah yang banyak dapat mencegah resiko penyakit arteri koroner. Ada banyak penelitian yang menghubungkan konsumsi teh hijau dengan kolesterol rendah, pencegahan pembekuan darah dan stroke.
 
Saran: Minumlah 1-3 cangkir setiap harinya.
 
6. Air

Dehidrasi atau kekurangan air pada tubuh merupakan salah satu faktor pemicu resiko jantung koroner, selin itu ketika ada dehidrasi maka darah akan menjadi lebih kental. Oleh karena itu hati anda akan mengeluarkan enerki yang besar guna memompa darah keseluruh tubuh. Dehidrasi pun ternyata juga menjadi pemicu darah tinggi atau hipertensi.

Saran:  dokter atau para ahli kesehatan merekomendasikan minum air setiap harinya 8 gelas. Namun tidak menjadi patokan, karena kondisi dan setiap orang berbeda, yang jelas pada intinya jagalah tubuh kita jangan samapi dehidrasi.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler