Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Manfaat Buah Alpukat
02 September 2015 - dibaca : 2.505 kali

Manfaat Buah Alpukat

Alpukat yang memiliki nama Latin Persea americana merupakan salah satu tumbuhan yang asalnya dari Amerika dan Meksiko. Alpukat sendiri sering ditanam di pekarangan-pekarangan rumah pada sebagian daerah tropis. Pohon alpukat memiliki batang setinggi kira-kira 20 m dan daunnya berukuran 12 sampai 25 cm. Bunga alpukat letaknya tersembunyi dan memiliki warna hijau kekuningan serta berukuran sekitar 5 sampai 10 milimeter. Buah alpukat sendiri sifatnya bertipe buni, dengan kulit lembut namun teksturnya tak rata dan berwarna hijau sampai ungu kecoklatan. Dagingnya sendiri memiliki warna hijau muda pada bagian yang menempel di kulit dan agak kekuningan pada bagian dalam yang melingkupi bijinya. Pemanfaatan buah alpukat sendiri kebanyakan berkaitan dengan pemanfaatannya sebagai bahan minuman, kecantikan, bahkan kesehatan.
 
Manfaat buah alpukat dalam keseharian kita memang sudah tak terhitung jumlahnya. Salah satunya buah alpukat telah sejak lama diyakini mampu meningkatkan kualitas kesehatan. namun sayangnya buah alpukat tidak mampu bertahan lama setelah kita memetiknya. Bila tidak cepat diolah dalam jangka waktu tertentu, buah alpukat akan berubah warna dan cepat lembek. Hal ini berbeda dengan jenis buah-buahan lainnya semisal apel, jeruk, maupun semangka. Rasa buah alpukat yang lembuat dan lezat membuat banyak orang terus setia mengkonsumsi buah alpukat.
 
Meski tanaman alpukat saat ini sudah jarang ditemui di pekarangan-pekarangan rumah, namun sebagian orang masih membudidayakan alpukat. Disinyalir tanaman alpukat sudah jarang ditemui karena pohonnya sering dijadikan sarang ulat bulu. Terkait manfaat buah alpukat untuk kesehatan, berikut kami telah merangkum sebagian dari manfaat tersebut beserta sedikit penjelasannya;
 
Mencegah Stroke
Dari beberapa sumber literatur mengenai manfaat buah alpukat diketahui bahwa dengan mengkonsumsi 1 buah alpukat per harinya akan menghindarkan kita dari risiko penyakit stroke. Manfaat tersebut dikonfirmasi oleh kandungan asam folat yang cukup tinggi dalam buah alpukat. Asam folat sendiri mampu menekan risiko terjadi stroke.
 
Melindungi dariradikal bebas
Buah alpukat selain kaya asam folat, juga juga memiliki kandungan vitamin C dan E. Kedua vitamin tersebut sudah lama dikenal efektif untuk melawan serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas tersebut merupakan salah satu pemicu penyakit degeneratif.
 
Merawat kesehatan mata
Tidak hanya kaya vitamin C dan E, buah alpukat ternyata juga kaya vitamin A yang sangat baik untuk kesehatan mata. Dengan mengkonsumsi buah alpukat secara teratur, maka diyakini berbagai penyakit mata seperti katarak akan dapat dicegah. 
 
Menjaga kesehatan jantung
Jantung adalah organ tubuh kita yang paling vital. Apabila jantung kita tidak sehat, maka sudah dapat ditebak apa yang terjadi dalam kehidupan kita. Jatung membutuhkan perawatan rutin agar tetap sehat. Salah satu buah yang mampu menjaga kesehatan jantung adalah buah alpukat dikarenakan kandungan tinggi asam folat pada buah tersebut.
 
Mengatasi penyakitmaag
Penyakit maag terkadang sangat mengganggu. Kita tidak dapat beraktivitas dengan lancar apabila rasa nyeri dari sakit maag mulai kambuh.  Apabila anda termasuk salah satu penderita  penyakit ini, maka mulai sekarang cobalah untuk mengkonsumsi buah alpukat dengan rutin.
 
Mencegah penyakit kanker
Kami belum bisa menjelaskan dengan pasti seberapa jauh manfaat anti kanker dalam buah alpukat. Meski demikian, dari beberapa sumber literatur diketahui buah alpukat mempunyai kandungan zat yang  mampu menemukan sel kanker serta menghancurkannya.
 
Menurunkan kadarkolesterol
Apabila anda bermasalah dengan kadar kolesterol sebaiknya sedari sekarang konsumsilah buah alpukat. Buah alpukat diketahui memiliki kandungan senyawa penting bernama beta-sitosterol yang mampu menekan kadar kolesterol dalam tubuh.
 
Untuk kecantikan
Sebenarnya tidak hanya manfaat bagi kesehatan yang dimiliki buah alpukat, melainkan untuk kecantikan juga. Masyarakat dari zaman dahulu telah memanfaatkan buah alpukat untuk merawat kecantikan secara tradisional, salah satunya untuk masker rambut dan wajah. Saat ini, kandungan buah alpukat juga sudah ditambahkan di berbagai produk kecantikantubuh. Untuk membuat masker alpukat cara cukup mudah. Sediakan saja 1 buah alpukat yang masih segar, kemudian belah menjadi dua, lalu haluskan dan masker siap untuk digunakan.


Terpopuler