Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Manfaat Buah Naga
02 September 2015 - dibaca : 3.488 kali

Manfaat Buah Naga

Manfaat buah naga sebenarnya tidak banyak diketahui masyarakat karena memang buah satu ini mendapatkan kepopulerannya beberapa tahun terakhir ini. Buah naga dengan nama Latin  Hylocereus polyrhizus iniasalnya dari daerah Amerika Tengah. Buah ini sendiri sekarang sudah banyak dibudidayakan para petani lokal terkait pembudidayaannya yang cukup mudah serta tidak memerlukan banyak modal. Meski saat ini harga buah naga relatif terjangkau, namun pada kemunculannya yang pertama kali, harga buah naga tergolong cukup mahal dan bisa disejajarkan dengan harga buah-buahan impor seperti apel Selandia Baru. Berbicara mengenai manfaat buah naga, ada kandungan nutrisi atau zat pada buah naga yang ternyata mempunyai khasiatn menyerupai manfaat buah apel. Manfaat tersebut akan kami ulas berikut ini:
 
· Menghambat terjadinya penuaan dini
Setiap harinya kita terpapar oleh berbagai radikal bebas yang terkandung dalam polusi udara. Radikal bebas ini mampu memicu proses penuaan dini. Kandungan anti oksidan pada buah naga mampu menghambat terjadinya penuaan dini tersebut. Kandungan ini secara efektif dapat mengeluarkan racun radikal bebas dari dalam tubuh.  
 
· Meningkatkan imunitas
Kandungan vitamin C pada buah naga diketahui cukup tinggi, sehingga membuat buah naga sangat layak dikonsumsi anak-anak yang berada di masa pertumbuhan. Selain itu, apabila Anda termasuk orang yang gampang terkena flu utamanya pada saat pergantian musim yang kurang menentu maka sebaiknya anda rutin mengkonsumsi buah naga.
 
· Mencegah kanker
Selain mampu menghambat terjadinya penuaan dini, anti oksidan terbukti ampuh dalam  mencegah pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh kita.
 
· Menambah Nafsu Makan
Apabila anda mengalami masalah penurunan nafsu makan, ada baiknya anda mengkomsi buah naga. Hal ini dikarenakan buah naga kaya kandungan vitamin B1 dan B2 yang sangat efektif untuk mendongkrak nafsu makan, utamanya bagi mereka yang berada di masa penyembuhan.
 
· Mencegah penyakit diabetes
Bagi anda yang ingin terhindar dari penyakit degeneratif seperti diabetes, sebaiknya dari sekarang anda rajin mengkonsumsi buah naga. Hal ini karena di dalam buah naga terkandung zat efektif yang mampu menurunkan kadar gula dalam darah.
· Menurunkan kolesterol
Di samping tinggi kandungan vitamin B1 dan B2, terdapat juga kandungan vitamin B3 dalam buah naga yang apabila rutin dikonsumsi akan mampu menurunkan kadar kolesteroldarah. Kolesterol yang normal akan menghindarkan seseorang dari risiko penyakit jantung. 
 
· Memperkuat gigi dan tulang
Dalam buah naga ada kandungan kalsium dan fosfor yang cukup melimpah. Maka dari itu apabila anda rutin mengkonsumsi buah naga,  kondisi kekuatan gigi dan tulang anda akan lebih baik bila dibandingkan mereka yang tidak pernah mengkonsumsi buah naga. Salah satu penyakit yang dapat dicegah dengan cara konsumsi buah naga secara rutin adalah tulang rapuh atau osteoporosis.
 
· Menjaga kesehatan jantung
Apabila anda sedikit bingung untuk menentukan jenis buah apa saja yang layak dikonsumsi bagi kesehatan jantung, maka tidak ada salahnya untuk memasukkan buah naga dalam menu keseharian makanan anda. Kandungan Vitamin B1, B2, B3, maupun vitamin C pada buah naga sangat baik bagi kesehatan jantung.
 
· Menjaga kesehatan mata
Salah satu manfaat buah naga yang bisa diacungi jempol adalah menjaga kesehatan mata. Manfaat ini terkait kandungan karoten dalam buah naga yang sangat bagus untuk kesehatan mata.
 
· Menjaga kesehatan kulit
Bila anda termasuk mereka yang bermasalah dengan kulit seperti jerawat, anda tak perlu khawatir. Kandungan vitamin C dalam buah naga mampu membantu kita terhindar dari jerawat secara alami. Caranya juga sangat mudah. Siapkan 1 buah naga, kemudian kupas kulitnya, selanjutnya blender hingga halus. Ambil airnya menggunakan sendok lalu usapkan pada muka. Selain itu, sisa jusnya bisa anda minum. Lakukan hal tersebut secara teratur hingga anda terhindar dari masalah jerawat..


Terpopuler