Manfaat Buah Manggis
02 September 2015 - dibaca : 2.402 kali

Manfaat Buah Manggis

Manggis yang bernama Latin Garcinia mangostana L. merupakan sejenis pohon abadi yang ditemukan di daerah tropis. Pohon manggis sendiri dipercaya berasal dari daerah kepulauan Nusantara. Pohon manggis bisa tumbuh hingga setinggi 7 - 25 meter. Buah pohon manggis juga bernama manggis, warnanya merah keunguan bila sudah matang.  Berbagai manfaat buah manggis sebenarnya sudah diketahui sejak lama. Meski demikian, penelitian resmi yang dilakukan baru- baru ini telah menguatkan manfaat buah manggis bagi kesehatan. Sekedar info, ada sebagian peneliti di luar negeri yang mengatakan bila buah manggis mengandung senyawa antioksidan tertinggi di dunia. Maka tak cukup menghenrankan bila saat ini ditemukan bermacam obat di pasaran yang mengambil manfaat dari buah manggis.
 
Bagian buah manggis memiliki rasa yang manis bila sudah matang. Bagian inilah yang biasanya dikonsumsi dari buah manggis. Namun, baru-baru ini juga terdapat pemberitaan luas seputar manfaat kulit buah manggis bagi kesehatan. Berdasarkan pemberitaan tersebut, kulit buah manggis yang berasa pahit ternyata juga bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai penyakit seperti kanker. Tentu saja informasi semacam ini perlu dibuktikan dengan berbagai fakta ilmiah yang mendukungnya. Bila anda penasaran terhadap manfaat buah manggis untuk kesehatan, berikut kami berikan sedikit contoh beserta ulasannya.
 
Memulihkan stamina tubuh serta mampu meningkatkan energi
Apabila anda termasuk salah satu dari mereka yang memiliki segudang aktivitas, tentunya anda akan mudah terserang rasa capek dan lelah. Untuk mengatasi hal ini, cobalah mengkonsumsi buah manggis. Pada buah manggis terkandung senyawa-senyawa penting yang mampu memulihkan stamina yang hilang ketika kita bekerja keras atau beraktivitas.
 
Mencegah serangan penyakit degeneratif
Bila beberapa tahun lalu kita menemukan infeksi sebagai penyakit yang banyak mendominasi dunia dan penyebab kematian, maka saat ini muncul penyakit degeneratif yang menghantui kalangan manula seiring bertambahnya usia. Infeksi tidak lagi menjadi ancaman karena penyakit ini sudah memiliki obat penangkal, sehingga virus, bakteri, atau kuman penyebab infeksi mampu dilumpuhkan. Meski penyakit degeneratif kebanyakan menyerang manula, namun akibat gaya hidup tidak sehat dan pola makan yang salah, penyakit ini juga mulai menyerang kalangan dewasa seiring bertambahnya usia. Terkait akan hal ini, kita patut bersyukur atas keberadaan buah manggis. Dari sebuah penelitian baru-baru ini, buah manggis diketahui mampu mengurangi risiko terjadinya penyakit degeneratif semisal alzheimer, diabetes melitus, serangan jantung, kanker arthritis, dan sebagainya.
 
Mengatasi Obesitas
Saat ini, obesitas telah menjadi masalah terbesar di kalangan negara barat. Banyaknya makanan cepat saji dan pola makan salah menjadi salah satu pemicunya. Seiring dengan itu, pendapatan perkapita yang meningkat juga akan meningkatkan jumlah penderita obesitas. Sebagai contohnya negara Ameria Serikat. Negara maju ini belakangan juga diketahui cukup kewalahan menangani masalah obesitas, sampai dirasa perlu mengalokasikan suatu anggaran khusus guna mengatasi masalah obesitas yang terjadi di negaranya.
 
Apabila mengamati masalah obesitas yang dialami Amerika, kita wajib bersyukur hidup di negara yang memiliki keanekaragaman hayati tinggi dimana terdapat beragam buah-buahan kaya manfaat yang mampu menurunkan berat badan. Apabila anda penderita obesitas, anda tidak perlu khawatir karena anda bisa menurunkan berat badan dengan cara mengkonsumsi buah manggis. Secara teori, obsesitas atau kegemukan disebabkan oleh adanya sel di dalam tubuh kita yang mengeras dan membesar. Zat dalam buah manggis yang bernama xantohnes diketahui mampu melunakkan dan mengembalikan sel tersebut hingga ukuran semula.
 
Mengusirradikal bebas
Kandungan catechins pada buah manggis ternyata terbukti dapat melawan serangan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh, bahkan diketahui lebih efektif dibandingkan vitamin C maupun vitamin E. Beberapa waktu lalu ada sebuah buku yang diterbitkan khusus membahas manfaat buah manggis. Dalam buku tersebut dituliskan bahwa memakan buah manggis secara teratur setiap hari dapat disamakan dengan mengkonsumsi zat suplemen penunjang kesehatan.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler
loading...