Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Manfaat Telur
02 September 2015 - dibaca : 4.974 kali

Manfaat Telur

Telur memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satu manfaat telur yang paling banyak diketahui adalah sebagai sumber protein tertinggi. Telur juga dapat diolah menjadi berbagai jenis kue dan hidangan. Gizi di dalam telur mampu dengan mudah dicerna tubuh manusia. Untuk saat ini, jenis telur yang kualitasnya terbaik didapat dari telur ayam kampung. Telur yang dihasilkan ayam kampung tergolong paling baik dikarenakan jenis ayam ini biasanya tidak diberi pakan buatan dan dedak. Pakan yang mereka makan umumnya alami. Selain itu, telur yang dihasilkannya juga berukuran lebih kecil. Bagi sebagian kalangan, telur ayam kampung sering dimakan mentah langsung tanpa dimasak lebih dulu. Umumnya mereka melakukan hal tersebut adalah orang-orang dengan aktivitas berat karena mereka meyakini manfaat telur ayam kampung untuk menambah vitalitas dan stamina pada pria.
 
Telur sendiri memiliki 3 bagian; bagian luar atau cangkang telur, bagian dalam berupa putih telur, kemudian kuning telur sebagain bagian tengahnya. Semua bagian telur ini bisa dimanfaatkan. Contohnya, cangkang telur belakangan ini sudah dimanfaatkan untuk bahan kerajinan tangan. Sedangkan untuk bagian putih dan kuning telur biasanya dijadikan bahan adonan kue atau dimasak seperti biasa. Selain dimanfaatkan untuk keperluan diatas, manfaat telur bagi kesehatan ternyata tak kalah menakjubkan. Bagi anda yang ingin mengetahuinya, simak beberapa manfaat telur bagi kesehatan berikut: 
 
Merawat mata
Dari sebuah penelitian pada salah satu jurnal kesehatan diungkapkan bila kandungan dalam telur bernama karotenoid ternyata cukup tinggi. Karotenoid merupakan zeaxanthin dan lutein yang bisa dimanfaatkan untuk menekan resiko pemicu penyakit AMD (agerelated macular degeneration). Bagian telur yang mengandung karotenoid terbanyak adalah kuningnya. Salah satu manfaat sederhana dari tingginya kandungan ini apabila dikonsumsi adalah kesehatan mata ikut terjaga.
 
Sumber vitamin
Sudah bukan rahasia lagi bila telur memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi. Apabila rajin dikonsumsi, tubuh kita akan terhindar dari kekurangan vitamin. Sedikit mengkonsumsi telur bisa menyebabkan tubuh kekurangan vitamin B12, E, dan A.  
 
Sumber zat besi
Apabila kita kurang zat besi, maka bisa berisiko terkena anemia. Selain itu ada beberapa keluhan lain seperti stress, mual, dan sakit kepala. Zat besi merupakan zat penting yang dibutuhkan tubuh guna memperlancar sirkulasi darah. Zat besi bertugas mengangkut oksigen untuk kemudian diedarkan ke seluruh tubuh. Zat besi yang kita dapatkan dari kuning telur mampu dengan mudah dicerna tubuh sehingga cukup baik bagi kesehatan.
 
Mengurangi risikoterjadinya serangan jantung
Salah satu manfaat telur yang cukup menakjubkan adalah mampu mencegah atau mengurangi kekentalan darah di dalam pembuluh darah khususnya pada jantung. Manfaat ini pernah diungkapkan pada sebuah studi yang dimuat dalam Biological and Pharmaceutical Bulletin seputar kuning telur yang memiliki potensi untuk menghambat terjadinya penggumpalan pada darah. Meski demikian, kuning telur mampu memperpanjang proses pengubahan protein darah dan fibrinogen menjadi benang fibrin. Manfaat ini sebenarnya tergantung pada seberapa banyak kita mengkonsumsi telur. Semakin sering kita mengkonsumsi telur, maka semakin kuat pula manfaat pencegahan pada pengentalan darah.
 
Mengatasi jerawat
Untuk manfaat yang satu ini, bagian telur yang digunakan adalah putih telurnya. Putih telur memiliki kandungan protein dan asam amino yang mampu menghilangkan jerawat. Untuk caranya sendiri sangat mudah yakni melalui pengaplikasian luar dengan mengusapkan putih telur pada wajah hingga rata sebagai masker.
 
Menurunkan obesitas
Pada sebuah penelitian sebelumnya yang melibatkan sebanyak 160 pria dan wanita penderita obesitas, telah diteliti manfaat telur untuk menurunkan obesitas. Di dalam penelitian tersebut, dilakukan pembagian responden menjadi 2 kelompok, yakni kelompok pertama memakan telur sedangkan kelompok kedua memakan roti bagel saja dengan jumlah protein sama pada masing-masingnya. Setelah 8 minggu diberikan perlakuan diet tersebut, ada fakta yang dapat disimpulkan yakni mereka yang diberikan diet telur ternyata mengalami penurunan berat bada hingga 2 kali lipat mereka yang diberikan diet roti.   


Terpopuler