Manfaat Daun Sirsak
02 September 2015 - dibaca : 2.083 kali

Manfaat Daun Sirsak

Daun sirsak ternyata memiliki manfaat yang sangat menakjubkan. Jenis buah yang berasal dari daerah Amerika Selatan ini diketahui memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Meski berasal dari daerah Amerika, tanaman sirsak juga ditemukan pada daerah dekat gurun sahara di Afrika. Sampai saat ini, tanaman sirsak sudah menyebar hingga ke pelosok dunia. Meski sudah banyak dikenal, namun manfaat sirsak bagi kesehatan sejatinya baru saja diketahui. Sedangkan untuk manfaat daun sirsak sendiri, ada sebagian kalangan yang mempercayai bila pada daun sirsak terkandung zat yang mampu melawan kanker. Selain itu, ternyata para nenek moyang terdahulu telah menggunakan daun sirsak untuk bahan pengobatan alami bagi keluhan asam urat.

Buah dan daun sirsak memiliki beberapa kandungan makronutrisi yang penting bagi tubuh. Bagi anda yang ingin mengetahui manfaat daun sirsak bagi kesehatan (khususnya bagi anda yang ingin memperdalam wawasan seputar pengobatan tradisional), berikut kami berikan sedikit penjelasannya.

Mengobati kanker
Suku amazon adalah suku yang mnginspirasi pengobatan kanker oleh peneliti Amerika. Bangsa amazon sebenarnya telah mengetahui manfaatdaun sirsak dalam mengatasi kanker sebelum metode ini diketahui masyarakat modern. Dari penelitian yang ada, diketahui daun sirsak mengandung zat aktif penangkal kanker yang kekuatannya 10.000 kali lebih ampuh dibandingkan metode kemoterapi. Namun sayang, fakta penelitian ini sempat ditutupi agar tidak mengganggu angka penjualan kemoterapi hingga akhirnya di awal tahun 2000-an rahasia ini kembali diungkapkan oleh seorang peneliti bernama Nur Qumara Fitriyah dari Pusat Penelitian Kanker Chemoprevention Universitas Gadjah Mada, Indonesia. Sedangkan metode pengobatan kanker yang diuji adalah sebagai berikut: Siapkan 10 lembar daun sirsak yang warnanya hijau tua, lalu rebus bersama 600 cc atau 3 gelas air sampai menyisakan sekitar satu gelas saja. Setelah dingin, kemudian airnya disaring dan diminumkan kepada penderita setiap pagi. Agar hasilnya maksimal, berikan obat herbal ini hingga 3-4 minggu lamanya. Jangan lupa untuk cek laboratorium sebagai penunjangnya.

Meredakan nyeri otot
Apabila anda pernah melihat tayangan di televisi tentang iklan minyak oles yang mengobati nyeri otot, daun sirsak ternyata juga mampunyai khasiat serupa. Caranya, tumbuklah beberapa lembar daun sirsak, lalu tempelkan tumbukan tadi pada bagian otot yang nyeri. Maka secara perlahan nyeri anda akan hilang.

Mengatasi nyeri pinggang
Nyeri pinggang biasanya diderita oleh kaum lanjut usia dikarenakan tulang dan otot yang mulai rapuh. Selain itu, gangguan ini bisa juga disebabkan oleh adanya penumpukan asam pada otot pinggang yang mana hal ini perlu dinetralisir. Namun beruntung saat ini telah tersedia berbagai obat-obatan untuk mengatasi keluhan tersebut. Sedangkan bagi anda yang menghendaki pengobatan secara alami, anda bisa memanfaatkan daun sirsak dalam penyembuhannya.

Mengatasi ambeien
Ambieien sering membuat kita tersiksa. Bagi anda yang sedang menderita penyakit ini, ada cara mudah untuk mengatasinya. Minumlah segelas air sirsak setiap harinya, pagi dan sore. Maka niscaya penyakit ambeien anda segera tuntas.  

Mengobati bisulan
Bisul merupakan salah satu penyakit kulit yang menjengkelkan. Selain meninggalkan bekas, penyakit ini juga nyeri. Bisul bisa muncul di berbagai tempat pada tubuh, bisa di bagian kaki, pantat, bahkan wajah. Untuk bisul yang tumbuh di bagian wajah, tentu hal ini dapat mengganggu rasa percaya diri. Untuk mengatasinya, siapkan 7 lembar daun sirsak muda. Lalu tempelkan pada bagian bisul hingga mengering.

Mengatasi diare
Diare yang khususnya terjadi pada bayi acapkali menyebabkan orang tua khawatir.  Bila anda termasuk yang mengalaminya, tidak perlu khawatir. Berikut ada resep alami daun sirsak untuk mengatasi diare, khususnya pada bayi. Caranya, peras daun sirsak sampai keluar airnya. Kemudian  air perasan tadi pada bayi hingga 3 -4 kali dalam seharinya.

Mengobati penyakit musiman
Penyakit musiman biasanya adalah penyakit yang terjadi akibat daya tahan tubuh yang mengalami penurunan. Pilek merupakan satu contohnya. Pilek atau influenza tidak bisa dimusnahkan, tetapi virus penyebabnya dapat dilemahkan. Sedangkan yang mampu melemahkan virus penyebab influenza adalah kekebalan tubuh kita sendiri. Terkait hal ini, daun sirsak terbukti secara alami mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler