Manfaat Madu
02 September 2015 - dibaca : 2.050 kali

Manfaat Madu

Madu adalah satu keajaiban di dunia ini. Manfaat madu bagi kesehatan sudah banyak diketahui dan tak terbilang lagi literatur yang pernah membahas hal ini. Madu sangat baik untuk kesehatan karena di dalam madu terkandung berbagai unsur nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Bahkan, kandungan nutrisi inilah yang membuat madu sudah dimanfaatkan sebagai bahan kecantikan dan obat semenjak era mesir kuno. Pada tahun 350 SM, Aristoteles pernah menulis dalam bukunya bahwa madu adalah obat mata yang paling mujarab. Manfaat ini juga telah diperkuat Profesor Hauser di tahun 1845 tentang khasiat madu yang dapat digunakan sebagai obat luka bakar dan obat mata. Sejarah singkat tersebut menunjukkan pada kita betapa madu sangat bermanfaat dan berkhasiat bagi kesehatan.

Dari berbagai penelitian ilmu modern, diketahui bahwa cairan yang dihasilkan oleh lebah tersebut memiliki hampir 600 kandungan senyawa penting. Madu juga disebut sebagai pemanis tertua pada muka bumi ini. Mengenai manfaat madu bagi kesehatan yang sudah tak terbantahkan lagi, berikut kami ulas beberapa manfaat pentingnya.

Mengatasi jerawat dan masalah pencernaan
Dari berbagai penelitian modern sebelumnya, madu diketahui dapat dimanfaatkan untuk mengobati beragam gangguan pencernaan. Di samping itu, madu mengandung zat anti bakterial untuk menangkal bakteri penyebab jerawat. Sedangkan bekas jerawat yang ditinggalkan juga bisa dihilangkan dengan mengoleskan madu.

Mencegah sakit jantung dan kanker
Di dalam madu terkandung flavonoid yang fungsinya lebih kepada antioksidan alami untuk mengurangi resiko serangan radikal bebas penyebab kanker serta sakit jantung. untuk kesehatan jantung anda dapat juga membaca 6 Minuman Untuk Kesehatan Jantung Kita dan Ramuan Agar Jantung Selalu Sehat.

Peningkat stamina
Para atlet olahraga saat ini maupun olimpiade kuno ternyata memiliki kebiasaan mengkonsumsi madu pada keseharian mereka guna membantu meningkatkan stamina. Belum lama ini telah ditemukan fakta dari sebuah penelitian modern bahwa madu memiliki kandungan zat yang mampu mempertahankan kadar glikogen serta meningkatkan proses pemulihan tubuh dibandingkan pemanis lainnya.

Sebagai anti jamur dan anti bakteri  
Berbagai jenis madu memiliki sifat anti bakteria dikarenakan lebah penghasil madu mempunyai enzim pembuat hidrogen peroksida. Fakta ini diungkapkan oleh seorang direktur pusat penelitian madu Selandia Baru yang bernama Peter Molan.
 

Mengobati batuk serta iritasi tenggorakan
Bila anda kurang enak badan atau merasa hendak terserang flu, cobalah untuk mengkonsumsi madu. Pada sebuah penelitian terhadap 110 anak yang diberikan madu dengan takaran sama, ditemukan efek mengejutkan terkait madu yang ternyata mempunyai efek sama seperti kandungan dekstrometorfan pada obat batuk. Tak berhenti hanya disitu, bahkan obat-obatan penurun panas dalam seperti yang banyak diiklankan ternyata juga memasukkan madu sebagai salah satu unsur komposisinya.

Menetralisir gula darah
Berbeda dengan pemanis buatan maupun pemanis alami gula tebu, yang bila  terus-menerus dikonsumsi akan meningkatkan kadar gula darah, madu meskipun mengandung zat pemanis ternyata sifatnya jauh berbeda bila dibandingkan dengan pemanis gula tebu. Bahkan gabungan yang tepat antara glukosa dan fruktosa dalam madu mampu mengatur keseimbangan kadar gula darah tubuh. bagi anda yang memiliki penyakit deabetes melitus dapat juga membaca Tips Mengobati Diabetes Melitus.

Memuat 5 unsur seimbang
Di Indonesia sendiri, madu sudah dimanfaatkan selama lebih dari 4000 tahun lamanya untuk pengobatan ayurveda. Madu juga dianggap memiliki unsur seimbang yang menyusun tubuh. Manfaat madu dipercaya mampu mempertajam penglihatan, mengatasi impotensi dan keluhan ejakulasi dini, menjaga berat tubuh, mengatasi keluhan ashma bronkial, gangguan pada saluran kencing, mual, dan diare. Begitu beragamnya manfaat madu ini hingga madu dijuluki "Yogavahi" karena madu mampu menembus jaringan paling dalam dari tubuh. Satu hal yang tak kalah penting, madu ternyata juga mampu dikolaborasikan dengan beragam obat herbal yang lain tanpa memberikan pengaruh negatif terhadap unsur kimia yang terkandung dalam obat tersebut. Kenyataan yang ada, madu malah semakin memperkuat manfaat obat herbal lain tersebut.

Sebagai probiotik alami
Beberapa varian madu ternyata memiliki beberapa kandungan bakteri yang cukup baik. Misalnya seperti 4 jenis spesies bifidobacteria dan 6 jenis laktobasilus.

Mengatasi luka bakar
Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang sangat penting karena kulit melindungi organ dalam tubuh atas bakteri dari luar. Apabila kulit mengalami suatu kerusakan yang diakibatkan oleh bakteri atau luka bakar, maka hal ini akan menginfeksi organ tubuh di dalamnya. Untuk luka bakar maupun serangan bakteri, madu dapat dimanfaatkan sebagai obat yang cukup mujarab. Setelah diteliti, ternyata madu memiliki kandungan sulfadizene yang diketahui sama efektifnya dengan obat penyembuh luka bakar. Di samping itu, sifat anti bakteri yang dikandung madu juga mampu mempercepat penyembuhan pada luka bakar.

Mempercantik kulit
Sekali lagi, sifat anti bakteri pada madu yang cukup ampuh ternyata bisa dimanfaatkan untuk menjaga kecantikan kulit. Salah satu cara mudahnya adalah dengan mengaplikasikan madu pada wajah sebagai masker.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler