Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
6 Kebiasaan yang Mempercepat Proses Penuaan
07 November 2013 - dibaca : 1.258 kali

6 Kebiasaan yang Mempercepat Proses Penuaan

Siapapun pasti ingin selalu nampak awet muda meskipun sudah menginjak usia yang tidak lagi muda. Untuk tetap awet muda, berbagai faktor yang mempercepat proses penuaan banyak dihindari hingga melakukan bermacam proses perawatan. Ketika berbicara mengenai faktor-faktor yang mempercepat proses penuaan, umumnya pikiran anda tertuju pada beberapa kebiasaan buruk seperti merokok, stres berkepanjangan, atau makan yang berlebihan. Faktor-faktor tersebut memang tidak disangkal kebenarannya, akan tetapi masih banyak bermacam penyebab lain yang memicu terjadinya proses penuaan dini. Bisa jadi anda tidak menyadari bahwa kebiasaan anda mendengarkan musik, pola latihan yang salah, hingga gaya memasak yang anda lakukan bisa memberi pengaruh negatif pada kehidupan anda. 
Untuk anda yang ingin tetap awet muda, ada beberapa hal yang harus anda hindari agar proses penuaan tidak cepat terjadi:
 
1)Memasak dengan suhu tinggi
Apabila anda rajin memasak, cobalah mengubah kebiasaan anda yang terus berulang-ulang menggoreng dan memanggang makanan anda. Pengolahan makanan dengan suhu tinggi bisa menghasilkan senyawa pemicu peradangan yang mampu merusak sel-sel dalam tubuh dan menambah risiko kemunculan berbagai penyakit, semisal kanker. Menurut seorang dokter ahli gizi, Melina Jampolis, kandungan tertinggi senyawa ini ditemukan pada daging dan makanan yang berlemak. Sedangkan tingkat paling rendah ditemukan pada makanan kaya karbohidrat, semisal sayuran. Jenis makanan-makanan ini jika dimasak dalam waktu yang terlalu lama bisa meningkatkan proses penuaan selain bisa dikaitkan juga dengan beberapa penyakit seperti diabetes dan jantung. Hindari juga konsumsi makanan fast food (siap saji), daging yang berlemak tinggi, makanan olahan, serta konsumsilah buah dan sayuran kaya antioksidan semisal bayam dan jeruk untuk mencegah terbentuknya senyawa tersebut. Disamping itu, ubah pola memasak anda dengan menggunakan suhu lebih rendah dan waktu memasak yang lama serta atur kelembaban agar lebih tinggi dalam proses memasak.
 
2)Kebiasaan mendengarkan musik bersuara keras
Memutar lagu favorit seringkali memberikan kesenangan tersendiri sembari melakukan aktivitas lain. Apalagi bila diputar dengan suara yang keras. Namun, anda perlu mengurangi kebiasaan memutar musik dengan suara keras agar tidak berisiko mengalami gangguan dini pada pendengaran. American Speech-Language-Hearing Association menyatakan bahwa mendengarkan suara keras yang melebihi 85 desibel bisa menimbulkan kerugian permanen. ASHA menuturkan bahwa alat pengering rambut atau hair dryer saja menghasilkan suara 80-90 desibel, sedangkan output maksimum dari beberapa alat MP3 player ternyata mencapai 110 desibel! Mendengarkan musik MP3 player yang diatur dengan volume setengahnya saja atau tak terlalu keras banyak disarankan. Mulailah kebiasaan tersebut sedari sekarang agar terhindar dari proses penuaan diri pada pendengaran.
 
3)Berlari pada tangga atau tanjakan 
Aktivitas berlari tidak selalu baik. Berdasarkan laporan dari AOSSM (American Orthopedic Society for Sports Medicine), berlari khususnya pada tanjakan, bisa memberikan tekanan lebih pada pergelangan kaki dan lutut. Hal ini tentu saja akan mengikis kesehatan anda dan mempercepat proses penuaan daripada usia anda seharusnya. Bila anda ingin mulai latihan lari, AOSSM menyarankan untuk menghindari area atau jalan tanjakan. Bahkan seorang atlet pelari profesional juga berhati-hati pada medan tanjakan curam. Usahakan memilih medan yang halus dan datar saat berlari.
 
4)Postur tubuh salah ketika mengambil suatu benda
Salah satu tanda proses penuaan pada lanjut usia adalah tubuh yang mulai membungkuk. Saat anda membungkuk ke bawah ketika hendak mengambil barang seperti buku atau laptop, tubuh akan memikul beban dan leher terasa tegang. Usahakan untuk menempatkan buku atau peralatan elektronik pada posisi lebih tinggi semisal di atas bufet atau meja sehingga posisinya sejajar dengan tubuh. Hal ini untuk menghindari posisi membungkuk permanen pada tubuh anda. Selain itu, para peneliti dari Harvard School of Public Health menyarankan untuk duduk dengan postur tegak dan selalu istirahat setiap sepuluh menitnya. 
 
5)Tidak memakai kacamata hitam dan sun-block
Radiasi sinar UV bisa membahayakan mata anda. Menghabiskan waktu selama berjam-jam tanpa adanya perlindungan yang memadai sehingga terpapar sinar UV secara langsung, bisa meningkatkan risiko penyakit kanker kulit, katarak, hingga bayangan hitam di kelopak mata yang menandakan proses penuaan. Hal ini diungkapkan oleh Environmental Protection Agency. Apabila anda berada pada lingkungan sekitar air, salju, maupun pasir, ketahuilah bahwa beberapa unsur ini mampu memantulkan cahaya UV yang bisa menambah intensitas jangkauannya menuju kulit dan mata. Oleh karena itu, selalu kenakan kacamata hitam dan sun-block  ketika berada pada lokasi-lokasi yang terbuka seperti area pantai.
 
6)Keseimbangan tubuh yang tak terjaga
Kaum lanjut usia biasanya mengalami hilang keseimbangan yang pada akhirnya mengakibatkan jatuh dan patah tulang. Berdasarkan penelitian sebelumnya di Amerika, sekitar 1,6 juta kaum lanjut usia dirawat di UGD akibat terjatuh atas hilangnya keseimbangan. Oleh karenanya, bagi anda yang masih ada dalam usia produktif dan ingin terhindari dari proses penuaan ini, biasakan selalu untuk berolahraga yang melibatkan kelincahan seperti bermain tenis, demikian saran seorang internis dari New Jersey, Lorraine Maita.


Terpopuler