11 Penyebab Kanker Serviks
07 November 2013 - dibaca : 1.563 kali

11 Penyebab Kanker Serviks

Kanker terjadi akibat pembelahan sel-sel abnormal yang tak terkendali. Sel-sel tubuh kita sebagian besar memiliki masa atau umur. Ketika sel-sel tersebut mati, maka sel-sel baru segera diproduksi guna menggantikan sel sel mati tersebut. Sel yang abnormal bisa memiliki dua kemungkinan yakni sel tersebut terus membagi atau sel tersebut tidak mati. Akumulasi yang berlebihan atas sel-sel ini pada akhirnya dapat membentuk suatu benjolan atau lazim dikenal dengan tumor. Para ahli sendiri belum yakin sepenuhnya mengapa sel-sel tersebut dapat berubah menjadi kanker. Meski demikian, ada faktor-faktor risiko penyebab terjadinya kanker serviks yang perlu anda ketahui. beberapa diantaranya adalah: 
 
1)Human Papilloma Virus (HPV)
HPV adalah sejenis virus yang menular secara seksual. Selain menyebabkan kanker serviks, ada jenis HPV yang bisa menyebabkan munculnya kutil kelamin. Dari perkiraan yang ada, HPV dari tipe 18 dan 16 yang diduga bertanggung jawab atas kira-kira 70% kejadian kanker serviks. Sedangkan, HPV dari tipe 11 dan 6 disinyalir menyebabkan 90% munculnya kutil kelamin.
 
2)Kebiasaan merokok
Kebiasaan merokok memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Satu contoh dampaknya adalah meningkatkan risiko penyakit kanker, tak terkecuali kanker serviks.
 
3)Kebiasaan bergonta-ganti pasangan hubungan seksual
HPV sebagai salah satu penyebab terjadinya kanker serviks hampir seluruhnya ditularkan melalui kontak seksual, khususnya dengan pihak yang sudah terinfeksi. Sehingga pada akhirnya rentan terhadap serangan kanker serviks.
 
4)Faktor genetik / keturunan
Para peneliti fakultas kedokteran di Yeshiva University beberapa waktu lalu menemukan fakta bahwa wanita yang memiliki variasi gen khusus tampaknya resisten terhadap serangan kanker serviks.
 
5)Sistem imun yang lemah
Orang yang memiliki imunitas atau kekebalan tubuh lemah, semisal mereka yang menderita HIV / AIDS dapat berisiko lebih besar untuk terjangkit kanker serviks.
 
6)Stress berkepanjangan
Para ilmuwan dari Fox Chase Cancer Center telah melaporkan bahwa wanita yang menderita tingkat stres cukup tinggi dalam waktu yang berkelanjutan diketahui rentan dari serangan HPV sehingga berisiko tinggi untuk terkena kanker serviks. 
 
7)Sering hamil
Wanita yang setidaknya mempunyai 3 anak pada proses kehamilan terpisah ternyata dimungkinkan berisiko terkena kanker serviks daripada wanita yang tak pernah mempunyai anak. 
 
8)Melahirkan di usia muda
Wanita yang melalui proses persalinan pertamanya sebelum usianya menginjak 17 tahun ternyata secara signifikan berisiko tinggi terkena kanker serviks daripada kelompok wanita yang melalui proses kelahiran pertamanya di usia 25 tahun atau lebih. 
 
9) PMS (Penyakit Menular Seksual) yang lain
Wanita yang diketahui terinfeksi gonore, sifilis, atau chlamydia ternyata memiliki risiko tinggi untuk terjangkiti kanker serviks. Sekelompok ilmuwan dari Universitas Kedokteran Carolina Selatan beberapa waktu lalu menemukan fakta bahwa HPV dapat menginfeksi lebih lama apabila ditemukan chlamydia juga.
 
10)Penggunaan pil kontrasepsi
Konsumsi pil kontrasepsi dalam jangka panjang bisa sedikit meningkatkan angka risiko terbentuknya kanker serviks pada wanita.
 
11)Kondisi sosial ekonomi
Dari studi di beberapa negara sebelumnya, ditemukan fakta bahwa para perempuan yang berasal dari daerah ekonomi tertinggal ternyata berisiko lebih tinggi untuk terkena kanker serviks daripada wanita yang berada di daerah perekonomian maju / sedang.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler