Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Manfaat Brokoli
02 September 2015 - dibaca : 2.675 kali

Manfaat Brokoli

Brokoli merupakan salah satu sayuran unik yang banyak disukai sebagian besar kalangan. Meski ada sebagian pula yang tidak menyukai brokoli, namun sayuran yang satu ini ternyata memiliki beberapa manfaat penting bagi kesehatan. Manfaat brokoli bagi kesehatan sebenarnya sudah diketahui oleh banyak kalangan, namun kemungkinan dikarenakan rasa dan teksturnya yang tidak lazim maka banyak orang kurang menyukai sayuran ini. Brokoli sering diolah menjadi beberapa jenis masakan seperti capcay, sup, atau tumis biasa. Pada kenyataannya, brokoli memiliki kandungan beberapa senyawa yang diketahui mampu membantu menjaga kesehatan serta mencegah timbulnya berbagai jenis penyakit. 
Terkait manfaat brokoli bagi kesehatan, dibawah ini akan kami berikan beberapa contoh manfaat brokoli yang bisa menambah wawasan anda seputar kesehatan. Apa saja manfaat tersebut?  Berikut contoh-contohnya: 
 
Brokoli mampu merawat sistem saraf
Sekedar anda ketahui bahwa brokoli memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi. Kalium sendiri diketahui memiliki beberapa fungsi seperti menjaga dan merawat sistem saraf agar tetap sehat, merangsang perkembangan otot, serta menjaga fungsi otak agar senantiasa optimal. 
 
Merawat kesehatan tulang
Sebagaimana diungkapkan sebelumnya bahwa brokoli kaya akan kalsium dan kandungan vitamin K. Kandungan ini sangat penting untuk merawat kesehatan tulang serta mencegah penyakit tulang rapuh atau osteoporosis. 
 
Mengontrol tekanan darah
Di dalam brokoli terkandung kalsium dan magnesium yang bisa membantu mengontrol tekanan darah. Apabila brokoli dikonsumsi secara rutin, anda tidak perlu khawatir mengalami gangguan pada tekanan darah.
 
Merawat kesehatan kulit
Brokoli juga diketahui sangat baik dalam untuk merawat dan memperbaiki sel kulit yang mengalami kerusakan akibat hal-hal tertentu semisal luka bakar dari paparan sinar matahari. Kandungan zat glucoraphanin dalam brokoli adalah yang bertanggung jawab dalam memperbaiki kerusakan kulit tersebut.
 
Menjaga imunitas
Secangkir brokoli ternyata memiliki kandungan beta-karoten yang cukup tinggi. Beta-karoten tersebut selain baik untuk kesehatan mata juga mampu menjaga sistem imun atau kekebalan tubuh agar tidak mudah jatuh sakit. Selain itu, kandungan beberapa mineral di dalam brokoli seperti selenium dan seng menjadi faktor pokok yang menjaga pertahanan tubuh kita dari serangan penyakit.  
 
Brokoli mampu menangkal radikal bebas
Secangkir brokoli diketahui mengandung banyak vitamin C sebagai zat antioksidan yang dibutuhkan tubuh untuk menangkal berbagai serangan radikal bebas. Vitamin C juga berfungsi sebagai antihistamin efektif yang dapat meringankan ketidaknyamanan akibat penyakit flu. Sungguh manfaat yang sangat baik dari brokoli.
 
Kaya serat
Brokoli diketahui tinggi kandungan serat yang bisa membantu proses pencernaan, menjaga kestabilan kadar gula darah, mencegah sembelit, serta membantu mencegah anda dari konsumsi makanan secara berlebihan terkait efek mengenyangkan serat tersebut. Selain tinggi kandungan serat, 1 cangkir brokoli ternyata memiliki kandungan protein tinggi yang hampir dapat disejajarkan dengan 1 cangkir jagung atau beras, hanya saja kalori yang dikandung brokoli lebih rendah.
 
Mencegah kanker
Zat glucoraphanin yang dikandung brokoli pada akhirnya akan diproses tubuh untuk menjadi senyawa sejenis anti-kanker yang bernama sulforaphane. Jenis senyawa ini selanjutnya akan mengusir berbagai bakteri dalam tubuh, salah satunya adalah Helicobacter pylori, yakni suatu bakteri yang ternyata mampu meningkatkan risiko terjadinya kanker pada lambung. Selain manfaat tersebut, brokoli juga mengandung indole-3-carbinol, yakni sejenis senyawa anti-karsinogen dan antioksidan yang efektif dalam menghambat perkembangan kanker payudara, kanker serviks, kanker prostat, serta berfungsi juga meningkatkan kinerja hati.
 
Baik untuk kesehatan jantung
Kandungan karotenoid lutein dalam brokoli diketahui mampu mencegah atau memperlambat terjadinya penebalan arteri pada tubuh manusia. Fungsi ini cukup vital sehingga dapat menghindarkan anda dari stroke dan penyakit jantung. Selain itu, asam folat dan Vitamin B6 dalam brokoli bisa juga mengurangi aterosklerosis, semacam radang yang terjadi di area pembuluh darah.
 
Merawat kesehatan mata
Diantara beberapa manfaatnya, brokoli ternyata juga mampu merawat kesehatan mata. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa kandungan karotenoid lutein di dalam brokoli mampu mencegah katarak dan penurunan fungsi makular terkait faktor usia, selain menghasilkan efek pencegah kanker. Di samping itu, brokoli juga menjadi sumber utama asupan vitamin A untuk pembentukan retina.


Terpopuler