Manfaat Buah Kurma
02 September 2015 - dibaca : 2.364 kali

Manfaat Buah Kurma

Buah kurma merupakan salah satu jenis buah dengan rasa paling manis dibandingkan buah-buahan di muka bumi ini. Buah ini sendiri awalnya merupakan tanaman padang pasir yang banyak ditemui di negara-negara arab. Buah kurma memiliki biji yang bulat lonjong dan seukuran dengan buah kolang-kaling. Selain sebagai sumber kalori yang tinggi, manfaat buah kurma bagi kesehatan juga banyak diketahui. Buah kurma memiliki ragam varian yang berbeda. Buah ini bisa dikelompokkan menjadi tiga jenis pokok yakni kering, semi-kering, dan lunak. Meski tidak berada di area Timur Tengah tempat kurma tumbuh, namun sebagian besar masyarakat Indonesia sudah barang tentu familiar dengan buah yang satu ini. 
 
Manfaat buah kurma bagi kesehatan rupanya cukup beralasan karena terdapat beberapa kandungan nutrisi dalam buah kurma. Nilai kandungan nutrisi tersebut kami tampilkan per 100 gram buah kurma sebagai berikut (berdasarkan sumber dari USDA Nutrient Database):
 
Kalium                :        696 miligram
Serat                  :        6,7 gram
Mangan              :        0,3 miligram
Tembaga            :        0,4 miligram
Vitamin B6          :        0,2 miligram
Magnesium         :         54 miligram
 
Apabila anda hendak mengkonsumsi buah yang memiliki kandungan seperti kalium, tembaga, dan serat, maka kurma bisa menjadi satu alternatif untuk dikonsumsi. Buah kurma diketahui memberikan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga apabila dikonsumsi secara rutin dapat memberikan dampak positif pada kesehatan. Selain nutrisi-nutrisi yang disebutkan diatas, kurma juga memiliki kandungan seperti gula, vitamin C, air, dan protein yang tinggi. Dengan berbagai kandungan nutrisi dalam buah kurma tersebut, maka tak dapat disangkal buah kurma sangat bermanfaat bagi kesehatan kita. Untuk mengetahui lebih lanjut informasinya, berikut kami berikan contoh dan ulasan manfaat buah kurma bagi kesehatan: 
 
Mengatasi sembelit dan menjaga sistem pencernaan 
Serat sangat dibutuhkan tubuh untuk membantu kerja usus besar serta memperlancar aktivitas buang air besar. Selain itu, serat dapat membantu kita terhindar dari risiko terjadinya kanker usus, radang usus, serta wasir. Serat tidak terlarut dan terlarut di dalam buah kurma dapat membantu kita menjaga fungsi sistem pencernaan serta meringankan kerja usus besar. Maka dari itu, cobalah untuk mengkonsumsi buah kurma secara rutin.
 
Anti-inflamasi
Kurma diketahui kaya kandungan magnesium, yakni mineral yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Dari sebuah penelitian diungkapkan bahwa beberapa indikator terjadinya peradangan di dalam tubuh seperti TNF (necrosis factor alpha tumor), CRP (C-reactive protein), dan IL6 (interleukin 6), akan berkurang apabila terdapat peningkatan asupan magnesium dalam tubuh. Peradangan yang ditemukan pada dinding arteri dapat diminimalisir juga melalui keberadaan magnesium. Terkait temuan penelitian ini serta sifat anti-inflamasi magnesium, maka dapat disimpulkan bahwa magnesium cukup efektif mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung, arthritis, alzheimer, serta peradangan yang disebabkan oleh adanya suatu penyakit.
 
Merawat kesehatan jantung
Selain mampu menjaga kesehatan usus besar dan sistem pencernaan, serat ternyata bisa membantu merawat kesehatan jantung. Dari beberapa penelitian sebelumnya diketahui bahwa serat mapu mengurangi risiko terjadinya penyakit jantung serta mencegah kemunculan jenis-jenis kanker tertentu.
 
Mengurangi risiko terjadinya stroke
Dari beberapa kali evaluasi terhadap 7 penelitian sebelumnya yang dipublikasikan kepada khalayak umum dalam kurun waktu hampir 14 tahun lamanya (informasi seputar penelitian ini dapat anda temukan pada American Journal of Clinical Nutrition), disimpulkan oleh para peneliti bahwa risiko terjadinya stroke mampu dikurangi hingga 9% per 100 mg konsumsi magnesium. Dari informasi sebelumnya, kita tahu bahwa kurma memiliki kandungan magnesium cukup tinggi, sehingga apabila kita rutin mengonsumsi buah kurma maka kita akan terhindar dari risiko stroke.
 
Menjaga kesehatan otak
Beberapa penelitian yang lalu juga menunjukkan bahwa vitamin B6 yang terkandung dalam buah kurma ternyata ikut bertanggung jawab atas meningkatnya fungsi otak ke arah lebih baik.
 
Menurunkan tekanan darah
Kandungan mineral dan magnesium di dalam buah kurma dapat membantu penurunan tekanan darah. Di samping itu, kalium yang terkandung di dalamnya juga sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan jantung serta membantu mengontrol tekanan darah.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler