Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
7 Manfaat Berkeringat
05 November 2013 - dibaca : 1.946 kali

7 Manfaat Berkeringat

Sebagian orang mungkin menganggap keringat sebagai sesuatu yang mengganggu. Selain dapat menimbulkan bau badan apabila bercampur dengan bakteri, keringat juga dapat memunculkan masalah krisis percaya diri. Akan tetapi, keringat berperan sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Salah satu contoh manfaat pentingnya adalah untuk mengendalikan suhu tubuh. Banyak orang berusaha agar tubuhnya berkeringat karena hal ini menandakan ia dalam kondisi sehat. Bagi anda yang kurang mengetahui manfaat keringat bagi kesehatan, berikut akan kami berikan informasi seputar manfaat keringat bagi kesehatan tubuh:
 
1)Keringat menjaga suhu tubuh agar tetap dingin
Keringat berperan penting dalam menjaga temperatur tubuh, yakni menjaganya tetap dingin ketika suhu tubuh mengalami kenaikan selama aktivitas berolahraga. Keringat yang keluar dari dalam tubuh berfungsi sebagai proses pendinginan alami tubuh. Apabila seseorang tidak dapat berkeringat, maka kesehatannya bisa terganggu bahkan nyawanya bisa terancam. Seorang ahli dermatologi bernama Joel Schlessinger menuturkan, “Ada suatu kondisi yang dikenal dengan ectodermal dysplasia berupa kondisi yang membuat seseorang tidak dapat berkeringat”. Mereka yang mengalami kondisi ini tidak bisa melakukan kegiatan olahraga sebagaimana orang lain dikarenakan terlalu tingginnya suhu tubuh mereka selama latihan intens dilakukan. Hal ini apabila dipaksakan akan memiliki efek negatif bagi jantung dan kinerja tubuh lainnya. Maka, bersyukurlah bagi anda yang masih bisa berkeringat.
 
2)Berkeringat membantu melancarkan sirkulasi darah
Ketika kita berkeringat, maka denyut jantung akan semakin cepat dan sirkulasi darah (utamanya pada kulit) akan semakin meningkat. Seorang editor artikel biomedis pada Ensiklopedia Britannica,  Kara Rogers, menuturkan bahwa “Dasar masing-masing kelenjar keringat letaknya jauh di bawah lapisan kulit, yakni berdekatan dengan letak pembuluh darah yang kecil”. Keringat bisa meningkatan sirkulasi darah pada kulit, yang kemudian membantu memacu sirkulasi tersebut. Rogers juga menambahkan bahwa olahraga secara teratur mampu membantu meningkatkan kelancaran sirkulasi darah melalui keringat.
 
3)Keringat bisa membuat wajah nampak lebih bersih
Aktivitas berkeringat diketahui membantu mengurangi munculnya komedo. Hal tersebut dikarenakan pada saat kita berkeringat, pori-pori kulit akan terbuka sehingga penyumbatan akibat penumpukan kotoran dan lemak penyebab jerawat bisa diatasi. Meski demikian, usahakan agar segera menyeka keringat di wajah anda dan jangan membiarkannya mengering di wajah karena hal ini bisa menimbulkan akibat yang berlawanan. Maka dari itu, segeralah mencuci wajah anda beberapa saat setelah berkeringat. selain itu anda dapat juga membaca "Makanan untuk Kesehatan Kulit"
 
4)Berkeringat dapat mengeluarkan racun berbahaya
Berkeringat bisa membantu anda untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh secara alami. Kara Rogers mengungkapkan fakta dari penelitian sebelumnya bahwa keringat memiliki beragam kandungan senyawa, diantaranya sejumlah kecil kandungan logam dengan potensi beracun, semisal aluminium, mangan, kadmium, dan. Itulah sebabnya mengapa berkeringat disebut juga sebagai proses detoksifikasi (pengeluaran zat beracun). kata Rogers. 
 
5)Keringat dapat melawan infeksi
Keringat ternyata memiliki manfaat lain yang cukup spesifik. Ada kalangan dokter yang mengatakan bahwa MRSA atau methicillin-resistant Staphylococcus aureus, sejenis bakteri jahat penyebab beberapa infeksi serius yang sulit diatasi, ternyata mampu diusir melalui berkeringat. “Keringat ternyata terbukti mampu memerangi bakteri jahat dan jamur di kulit,” demikian penjelasan Adam Friedman, M.D., FAAD, seorang dokter yang bekerja pada suatu Pusat Dermatology. Hal ini dikarenakan keringat memiliki kandungan nitrit, yang mana ketika sudah sampai di permukaan kulit kemudian berubah wujud menjadi unsur lain berupa oksida nitrat, yakni gas kuat yang bersifat spektrum anti-jamur dan anti-bakteri. 
 
6)Berkeringat mampu mencegah asma
Apabila anda mengeluarkan banyak keringat ketika berolahraga, hal ini dapat meminimalisir risiko anda terserang ashma. Hal ini diperkuat juga oleh penelitian sebelumnya pada Universitas Michigan yang menemukan fakta serupa. Semakin banyak anda berkeringat saat berolahraga, maka hal ini semakin baik sebab semakin rendah pula risiko anda terserang penyakit ashma.  
 
7)Berkeringat membantu proses penyembuhan
Pernahkah anda bertanya-tanya mengapa tubuh anda berkeringat ketika sedang mengalami demam? Sebenarnya berkeringat adalah satu cara tubuh untuk memberikan sinyal pada sistem imun tubuh dalam melawan penyakit. Menurut seorang ahli akupuntur dan dokter medis Cina, Christian Nix. MA. L.Ac, “Meningkatnya aktivitas metabolik dalam tubuh merangsang sistem kekebalan dalam tubuh. Sehingga, ketika kita sedang demam, berkeringat menjadi satu cara tubuh untuk berusaha memulihkan dirinya sendiri”.


Terpopuler