Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Tips Menghilangkan Kantuk Saat Jam Kerja
05 November 2013 - dibaca : 1.180 kali

Tips Menghilangkan Kantuk Saat Jam Kerja

Rasa kantuk memang bisa sewaktu-waktu datang tanpa mempedulikan tempat dan waktu. Kapanpun dan dimanapun kita berada, rasa kantuk dapat menyerang. Sebagai satu contoh, rasa kantuk bisa menyerang ketika kita berada di kantor. Ketika rasa kantuk datang pada saat rapat penting atau jam kerja, otomatis hal ini dapat berpengaruh terhadap kinerja anda. Dari sebuah survey d Amerika beberapa waktu lalu, 1 diantara 10 karyawan mengatakan bahwa mereka pernah tertidur ketika jam kerja. Ketika kita mengantuk dan tertidur pada momen-momen penting atau pada jam kerja, tentulah sangat memalukan apalagi ketika berlangsung suatu rapat penting yang memang membutuhkan suatu konsentrasi.
 
Salah satunya dengan mencuci muka agar kembali segar. Sebagai seorang pekerja, kita memang dituntut untuk selalu berkonsentrasi pada pekerjaan, terlebih apabila profesi tersebut berkaitan dengan fokus tinggi seperti halnya sopir, dokter, pengatur lalu lintas penerbangan, dan sebagainya. Berbagai cara dilakukan untuk menghilangkan kantuk tersebut agar terhindar dari hal-hal tidak diinginkan bahkan suatu kesalahan fatal. 
 
Bagi sebagian dari anda yang sangat sering dilanda kantuk, apalagi pada jam kerja, tidak usah khawatir. Berikut akan kami berikan beberapa tips menghilangkan kantuk yang bisa anda praktekkan. Tips-tips tersebut adalah sebagai berikut:
 
1)Mengkonsumsi kafein
Mengkonsumsi kafein untuk menghilangkan kantuk bisa sangat membantu. Beberapa minuman yang mengandung zat kafein diantaranya adalah teh, kopi, atau jenis minuman berenergi yang dapat meningkatkan adrenalin dalam tubuh. Sekedar anda ketahui bahwa kafein mampu menghambat produksi zat kimia yang menyebabkan kantuk. Meski demikian, anda perlu memperhatikan takarannya agar tidak berlebihan dan tepat. Para ahli merekomendasikan agar kafein tidak dikonsumsi melebihi 200mg/hari atau sama halnya dengan tiga cangkir kopi.
 
2)Bergerak.
Duduk dalam waktu cukup lama bisa menyebabkan kantuk. Apabila pekerjaan anda sifatnya menuntut anda agar tetap fokus menghadap komputer dan duduk terus, maka sebaiknya sekali-kali lakukan peregangan atau jalan-jalan sebentar agar darah anda kembali mengalir dengan lancar.
 
3)Mengemil
Saat kantuk menyerang pada jam kerja, carilah makanan ringan atau camilan untuk menemani anda selama jam kerja. Usahakan agar camilan yang anda pilih adalah camilan rendah kalori yang sehat. Ngemil cukup efektif sebagai “obat” pengusir kantuk. Camilan dengan kandungan protein tinggi mampu merangsang sel pada otak yang bernama orexin, yang kemudian memberikan impuls listrik. Maka dari itu, seseorang akan tetap waspada dan terjaga. Sebaliknya, anda perlu menghindari camilan yang mengandung banyak karbohidrat, karena camilan dengan kandungan karbohidrat tinggi akan membuat anda mudah mengantuk. Alasannya karena karbohidrat dalam camilan tersebut bisa dengan cepat menurunkan dan meningkatkan kadar gula dalam darah.
 
4)Mendengarkan musik
Mendengarkan musik bisa dipilih sebagai salah satu solusi mengembalikan fokus konsentrasi dan mood ketika rasa kantuk menyerang. Hal ini sejalan dengan fakta studi yang dilakukan di Taiwan beberapa waktu yang lalu bahwa seseorang ternyata cenderung memiliki tingkat konsentrasi tinggi ketika mendengarkan musik sesaat sebelum berlangsungnya ujian.
 
5)Pencahayaan matahari yang memadai
Seseorang yang ruangan kerjanya kurang mendapat paparan cahaya matahari akan lebih sering didera rasa kantuk. Saran kami, kondisikan agar tempat atau ruangan kerja anda memiliki pencahayaan matahari yang memadai untuk menghindarkan rasa kantuk di saat bekerja.
 
6)Tidur dan olahraga yang cukup
Olahraga seperti lari pagi atau joging sebelum bekerja bisa membuat tubuh terasa lebih bugar dan segar, sehingga anda merasa cukup bersemangat untuk beraktivitas. Usahakan untuk cukup tidur dan hindarilah kebiasaan begadang. Hal ini akan mengurangi risiko terserang rasa kantuk pada jam kerja.
 
7)Menghirup bau atau aroma tertentu
Bau atau aroma tertentu yang kita hirup memang dapat menimbulkan suatu sensasi yang merangsang otak untuk kembali aktif. Maka dari itu, ada suatu terapi yang melibatkan bau-bauan tertentu untuk mempengaruhi suasana hati yang lazim dikenal dengan istilah aromaterapi. Cobalah menghirup bau atau aroma tertentu untuk mempengaruhi mood anda karena cara ini dinilai sangat efektif dalam mendongkrak daya konsentrasi. Aroma-aroma seperti cokelat, kayu manis, pepermint, dan kopi bisa anda pilih karena terbukti efektif untuk mengembalikan fokus kesadaran.
 
8)Berkonsultasi dengan dokter
Bisa jadi serangan kantuk yang sering anda alami menjadi pertanda adanya gangguan pada kesehatan seperti anemia atau sleep apnea. Maka dari itu, bersegeralah berkonsultasi pada dokter mengenai gangguan tersebut.


Terpopuler