Manfaat Yoghurt
05 November 2013 - dibaca : 2.577 kali

Manfaat Yoghurt

Yoghurt merupakan susu yang diolah melalui proses fermentasi bakteri. Bahan untuk membuat yoghurt sendiri bisa menggunakan susu apapun, baik itu susu sapi, susu sapi, susu kerbai, bahkan susu dari kacang kedelai. Yoghurt rasanya manis sedikit asam, sebagaimana rasa khas makanan fermentasi. Sebagian ada yang menyukai rasa ini, tapi sebagian ada pula yang tidak menyukai rasa yoghurt. Yoghurt memiliki kandungan probiotik, yakni sejenis bakteri baik untuk membantu pencernaan. Selain baik bagi kesehatan pencernaan, ternyata ada beberapa manfaat yoghurt yang cukup mengejutkan dan jarang diketahui. Bagi anda yang ingin mengetahui manfaat yoghurt secara lengkap, berikut kami berikan informasinya:
 
1)Yoghurt untuk meremajakan kulit wajah
Sebenarnya tidak dibutuhkan biaya cukup besar untuk merawat kesehatan kulit. Anda cakup memanfaatkan yoghurt untuk merawat kesehatan kulit anda. Yogurt memiliki kandungan asam laktat. Asam laktat dikenal sebagai komponen kimia yang penting untuk proses pergantian kulit. Menurut seorang ahli dermatologi, Hema Sundaram, MD, "Pengelupasan kulit lapisan atas bisa menghasilkan perubahan warna dan membersihkan noda, bahkan bisa memudarkan kerutan-kerutan halus". Untuk caranya, campur 2-3 tetes minyak zaitun atau minyak almond bersama 1 sdm madu ke dalam secangkir yoghurt Yunani. Kemudian oleskan secara merata pada wajah dan tunggu sekitar 20-30 menit, selanjutnya basuh muka dan keringkan. Alhasil, kulit wajah anda jadi lebih bercahaya
 
2)Membantu pencernaan
Tentu saja ini adalah manfaat utama yoghurt yang banyak diketahui. Menurut Robin Plotkin, RD, seorang ahli gizi dan kuliner, "Yoghurt bisa membantu mengatasi masalah perut. Kandungan probiotik (sejenis bakteri menguntungkan) dalam yogurt dapat menyeimbangkan mikroflora di dalam usus serta menjaga tubuh agar tetap prima". Untuk memperoleh manfaat ini, pastikan yoghurt yang anda konsumsi mengandung setidaknya 1 miliar ‘unit pembentuk koloni’ probiotik hidup atau CFUs (Colony-Forming Units). Untuk memastikannya, cek informasi tersebut pada kemasan pada situs-situs penjual yoghurt merk terkenal.
 
3)Sebagai bahan pembersih ramah lingkungan
Menurut seorang pakar lingkungan bernama Annie Bond, yang juga menulis buku 'Better Basics for the Home,' "Yoghurt dapat dimanfaatkan untuk mengembalikan kilau perabotan yang terbuat dari kuningan karena asam laktat dalam yoghurt dapat berfungsi untuk menggerogoti kotoran". Agar perabot kuningan nampak seperti bar kembali, cobalah teknik pembersihan ala Ms. Bond. Basahi kain atau lap dan usap semua bagian perabot menggunakan kain basah tersebut. Kemudian tuang kira-kira 2-3 sdm yogurt pada kain bersih dan gosok pada permukaan perabot kuningan sampai mengkilap. Jangan lupa untuk membersihkan sisa-sisa yoghurt yang ada, cuci menggunakan air panas dan sabun. Yang terakhir, kilapkan menggunakan kain bersih dan amati seberapa berkilaunya barang kuningan tersebut.
 
4)Mencegah Osteoporosis
Salah satu cara mencegah osteoporosis adalah rajin mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi kalsium. Yoghurt dapat dijadikan alternatif utama makanan tinggi kalsium untuk dikonsumsi. Dengan mengkonsumsi sekitar 200 cc yoghurt sehari 2x, maka kebutuhan kalsium anda akan terpenuhi hingga 600 mg.
 
5)Menjaga kesehatan jantung 
"Yoghurt juga sangat baik bagi jantung karena rendah lemak dan bahkan ada yang bebas lemak. Apabila rutin dikonsumsi, dapat menurunkan risiko anda untuk mengalami tekanan darah yang tinggi," demikian ujar Alvaro Alonso, MD, PhD, seorang profesor dari University of Minnesota jurusan Sekolah Kesehatan Masyarakat. Kandungan potein khusus di dalam susu dapat mengendalikan tekanan darah, juga kadar kalsium, potasium, magnesium, dan menghasilkan efek penurun kondisi tekanan darah.
 
6)Menjaga kelembutan dan kehalusan kulit dari dalam
Kandungan probiotik dalam yoghurt selain membantu kesehatan sistem pencernaan, juga membantu tubuh untuk menyerap nutrisi secara maksimal. Sehingga, mengkonsumsi yoghurt disertai dengan diet tinggi vitamin, protein, dan mineral akan dapat membuat kulit anda senantiasa sehat, lembut, halus, dan elastis.
 
7)Mengatasi jerawat
Mengkonsumsi yoghurt juga bermanfaat membantu mencegah munculnya jerawat. Hal ini dikarenakan yoghurt memiliki banyak kandungan mineral dan vitamin untuk membantu meningkatkan imunitas atau kekebalan tubuh dari serangan bermacam bakteri termasuk penyebab jerawat. Di samping itu, asam yang terkandung dalam yoghurt merupakan jenis asam yang alami, dimana ini terbukti efektif dalam mengurangi penyumbatan akibat menumpuknya minyak di pori-pori. Sedangkan bagi anda yang tidak terlalu suka dengan rasa yogurt, anda dapat mengakalinya dengan mengaplikasikan masker berbahan yoghurt yang mampu mengatasi jerawat dari bagian luar.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler