Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Khasiat Biji Bunga Matahari
05 November 2013 - dibaca : 3.761 kali

Khasiat Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari merupakan anugerah untuk kesehatan kita. Selain menjadi komponen penting yang memberikan kontribusi atas keindahan bunga itu sendiri, khasiat biji bunga matahari ternyata tidak bisa disepelekan bagi kesehatan. Biji bunga matahari memiliki bentuk kecil lonjong dan meruncing di salah satu sisinya, warnanya ada yang hijau keabu-abuan dan ada juga yang hitam. Di Indonesia sendiri, khasiat biji bunga matahari masih belum banyak dikupas. Sumber pangan ini umumnya hanya diolah sebagai makanan ringan semisal kuaci dari biji bunga matahari.
 
Biji bunga matahari merupakan makanan yang cukup baik untuk memenuhi angka kecukupan gizi. Oleh karenanya, kuaci bisa dijadikan salah satu makanan ringan yang sehat. Biji bunga matahari merupakan sumber lemak tak jenuh ganda yang cukup baik sehingga menjadikan biji bunga matahari sebagai makanan yang sangat bagus bagi penderita kesehatan jantung. Selain itu, terdapat sumber nutrisi berharga dalam biji bunga matahari. Kandungan-kandungan dan khasiat dalam biji bunga matahari akan dijelaskan berikut ini.
 
Kandungan 
Hampir 90% lemak yang terdapat di dalam biji bunga matahari merupakan lemak jenis baik, yakni lemak tak jenuh. Selain itu, biji bunga matahari mengandung lemak monosaturated dengan kemampuan untuk menurunkan kolesterol kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol total  sekaligus ikut meningkatkan kolesterol baik (HDL). Di dalam biji bunga matahari juga terdapat kandungan Vitamin B 1 / Thiamin dan Vitamin E, magnesium, mangan, selenium, tembaga, vitamin B 3 (Niasin), fosfor, vitamin B5 (Pantothenic), serta folat.
 
 
Khasiat 
Biji bunga matahari memiliki nutrisi yang sangat berharga, sehingga tidak mengherankan kalau biji bunga matahari memberikan dampak positif bagi kesehatan kita. Beberapa khasiat biji bunga matahari diantaranya adalah sebagai berikut:
 
•Biji bunga matahari menjadi sumber yang vitamin E yang cukup baik. Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa vitamin E merupakan zat antioksidan tubuh. Vitamin E dapat melawan bahaya radikal bebas serta mencegah kerusakan sel-sel termasuk sel otak. Selain itu, vitamin E juga dapat mencegah risiko terjadinya penyakit jantung. Kandungan antioksidan pada Vitamin E mampu mencegah oksidasi kolesterol, sehingga  kondisi jantung akan tetap sehat dan risiko penyakit jantung, penyumbatan pada pembuluh darah, serta stroke bisa dikurangi. Khasiat anti-inflamasi pada vitamin E biji bunga matahari bisa mengurangi kemungkinan terjadinya asma, rheumatoid arthritis, osteoarthritis, maupun kondisi-kondisi peradangan. Satu khasiat lainnya yakni vitamin E mampu mengurangi risiko terjadinya kanker pada usus besar. 
 
•Biji bunga matahari mengandung sejumlah banyak magnesium. Zat ini mampu membantu mencegah terjadinya penyakit asma, menekan tekanan darah yang tinggi, serta mencegah migrain atau sakit kepala sebelah. Zat ini mampu menghambat kalsium agar tak masuk ke pembuluh darah dan sel-sel saraf. Dengan terhalangnya kalsium, maka kontraksi saraf yang mendadak dan kejang otot akan dapat dicegah.
 
•Biji bunga matahari juga memiliki sejumlah besar kandungan folat. Folat merupakan nutrisi penting bagi kesehatan, khususnya untuk ibu hamil. Folat adalah Vitamin B yang berperan penting untuk memproduksi sel-sel baru dalam tubuh melalui pembentukan RNA dan DNA. Folat beserta Vitamin B 12 membantu pembentukan hemoglobin di dalam sel darah merah. Selain itu, folat juga mampu menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung. Sementara seng yang terkandung dalam biji bunga matahari bermanfaat untuk mempertahankan imunitas atau daya tahan tubuh.
 
•Selenium di dalam biji bunga matahari merupakan mineral yang berperan penting untuk kesehatan. Mineral ini membantu proses perbaikan DNA, serta mengurangi pertumbuhan sel kanker. Fungsi lainnya seleniun adalah membantu mencegah terjadinya penyakit jantung. Kandungan selenium yang cukup kaya dalam biji bunga matahari inilah yang menjadi alasan lain dari kebaikan biji bunga matahari bagi kesehatan kita.
 
•Serat pangan yang terkandung pada biji bunga matahari mampu mengontrol tingkat kolesterol serta kadar glukosa dalam darah. Selain itu, juga memperbaiki proses pencernaan yang kurang baik. Dalam biji bunga matahari juga terkandung Tryptophan yang dapat membantu menghasilkan serotonin.


Terpopuler