Manfaat Buah Salak
03 November 2013 - dibaca : 3.684 kali

Manfaat Buah Salak

Salak merupakan sejenis tanaman palma yang buahnya bisa dimakan. Salak dalam bahasa Inggris dikenal dengan nama snake fruit, sedangkan nama ilmiah buah salak adalah Salacca zalacca. Salak sendiri mendapatkan nama snake fruit (buah ular) dikarenakan kulit luarnya yang menyerupai sisik ular. Pohon salak hampir tidak mempunyai batang atau bentuknya berupa tanaman perdu serta memiliki banyak duri. Buah salak sendiri adalah salah satu jenis tanaman buah dengan prospek yang cerah dan banyak peminat. Buah salak bisa dikonsumsi secara langsung mapun dibuat olahan bentuk lain seperti asinan ataupun manisan, bahkan sekarang sudah ada olahan terbaru buah salak yakni keripik salak yang lezat dan renyah.
 
Untuk daerah asal buah salak sebenarnya masih belum jelas, ada yang menduga salak berasal dari Malaysia, Thailand, dan Indonesia. Bahkan ada juga yang menyebutkan bahwa salak (Salacca edulis) sebenarnya berasal dari daerah kepulauan Jawa. Pada kenyataannya di zaman penjajahan, biji-biji buah salak sudah dibawa para saudagar sampai menyebar ke penjuru Indonesia, bahkan sampai ke Filipina, Brunei, Malaysia, dan Muangthai. Salak merupakan jenis tanaman tropis dengan banyak diminati dari negara Amerika dan Eropa. Selain rasanya yang lezat, salak ternyata mempunyai beragam kandungan khasiat bagi kesehatan. Buah salak diketahui memiliki kandungan flavonoida, kalsium, saponin dan tannin dengan jumlah cukup tinggi. Beragam kandungan nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan serta dapat mengatasi beragam jenis penyakit.
 
Kandungan buah salak
Selain mempunyai bentuk unik serta rasa yang asam dan manis, buah salak dikenal memiliki kandungan nutrisi yang lengkap. Pada tiap 100 gram buahnya, terdapat kandungan energi hingga 368 kilokalori, karbohidrat sejumlah 90,3 gram, protein 0,8 gram, kalsium 38 miligram, lemak 0,4 gram, zat besi sebanyak 3,9 miligram, dan fosfor sebanyak 31 miligram. Selain itu, terdapat juga  kandungan vitamin C seumlah 8,4 miligram.
 
Manfaat salak untuk kesehatan
Diantara beragam manfaat salak untuk olahan makanan, ada beberapa manfaat salak bagi kesehatan yang perlu kita ketahui. Berikut beberapa manfaat tersebut beserta penjelasannya:
 
Meningkatkan kinerja otak
Salah satu manfaat salak bagi kesehatan adalah merawat kesehatan otak. Penelitian sebelumnya mengungkapkan bahwa kandungan pektin dan potassium dalam buah salak dapat membantu fungsi otak agar bekerja lebih baik. Pada otak kita terdapat suatu mekanisme saraf otonom dengan fungsi mengendalikan keteraturan detak jantung, dimana pottasium membantu kinerja tersebut.
 
Mencegah sembelit
Jika anda pernah mendengar orang mengatakan bahwa mengkonsumsi buah salak dapat menjadikan anda susah BAB, maka itu sebenarnya mitos yang keliru. Memakan buah salak sebenarnya justru sangat baik untuk membantu kelancaran proses pencernaan semisal mencegah sembelit. Hal ini dikarenakan kulit ari buah salak memiliki banyak kandungan serat. Tidak hanya serat, buah salak juga diperkaya tanin, yakni zat pencegah diare. Jadi, bila anda makan buah salak, kulit arinya jangan dibuang.
 
Mencukupi kebutuhan nutrisi
Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa salak memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti energi, karbohidrat, protein, kalsium, lemak, fosfor, dan zat besi. Bahkan kandungan vitamin C dalam buah salak juga sama banyaknya seperti kandungan vitamin C dalam buah jeruk. Kandungan beragam nutrisi tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh.
 
Membantu program diet
Bagi anda yang hendak menjalani program diet, sepertinya harus memasukkan buah salak ke dalam daftar menu harian anda. Kandungan serat tinggi pada buah salak dapat membantu anda untuk lebih lama kenyang. Dengan demikian, anda dapat makan menggunakan porsi kecil serta tak sering mengemil makanan.
 
Merawat kesehatan mata
Buah salak memiliki kandungan betakaroten yang sangat baik untuk merawat dan memelihara kesehatan mata. Dari penelitian sebelumnya diketahui bahwa betakaroten yang terkandung dalam buah salak 5,5x lebih besar dibandingkan kandungan betakaroten pada buah mangga, serta 5x lebih besar dibandingkan semangka. Bila anda bosan mengkonsumsi jus wortel, anda bisa mengkonsumsi jus salak sebagai alternatif untuk merawat kesehatan mata.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler