Khasiat Daun Jati Cina
03 November 2013 - dibaca : 2.649 kali

Khasiat Daun Jati Cina

Daun jati cina  telah terbukti  mampu melangsingkan tubuh serta menurunkan kelebihan berat badan. Untuk cara pengolahannya sendiri biasanya dengan menyeduhnya sebagai minuman sejenis teh. Dengan mengkonsumsi teh dari daun jati cina sebanyak 2x sehari, maka berat badan bisa diturunkan hingga 2 - 3 kg seminggunya. Daun jati cina biasanya disebut juga dengan Alexandria senna atau daun Senna, sedangkan nama ilmiahnya yakni Cassia angustifolia. Daun senna sudah dimanfaatkan oleh dokter Arab semenjak abad ke-9 sebagai obat pencahar dan ramuan pembersihan

Senna atau jati cina ini sendiri merupakan tumbuhan semak dengan kemampuan tumbuh hingga 3 meter. Daunnya berbentuk lonjong dan berwarna kelabu kehijau-hijauan dengan tangkai juga berwarna hijau. Tumbuhan ini biasanya banyak ditemukan di daerah beriklim tropis seperti India, Afrika Utara, Mesir, Pakistan, dan Sudan. 
 
Khasiat 
Berbicara mengenai khasiat, ada beberapa khasiat daun jati cina yang cukup signifikan bagi kesehatan, diantaranya adalah: 
1)Menurunkan kolesterol.
2)Melangsingkan tubuh.
3)Membersihkan kotoran atau sisa-sisa metabolisme pada usus. Sehingga kotoran yang tersisa di usus dapat terbuang melalui proses BAB.
4)Membersihkan darah yang kotor.
5)Mengecilkan perut.
6)Membuang racun dalam tubuh karena kandungan jati cina yang tinggi antioksidan. 
7)Sebagai starter proses metabolisme, sehingga proses sekresi dapat dipermudah.
8)Peluruh lemak tubuh untuk penderita Obesitas.
Namun dari seluruh khasiat daun jati cina tersebut, khasiat yang paling dikenal adalah sebagai peluruh lemak dalam tubuh.  
 
Cara penyajian
Untuk cara penyajiannya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan: 
a)Ambil 1 sdt daun jati cina, kemudian seduh dengan air panasa ke dalam gelas. Biarkan sejenak (kurang lebih 15 menit) supaya larut sampai air berwarna kecoklatan. Lalu saring dan teh daun jati cina siap diminum. 
b)Rebus teh daun jati cina  bersama 500 ml air sampai mendidih dan menyisakan air sebanyak 250 ml saja. Sedangkan untuk kekentalannya, tergantung jumlah teh yang hendak diseduh. Normalnya, seduh 2 jumput saja atau sebanyak 2 sendok makan teh.
 
Kedua cara penyajian diatas sama-sama bisa dipraktekkan. Selain itu, ada beberapa hal yang perlu anda ketahui selama pengkonsumsian ramuan teh tersebut:
Ramuan teh bisa dikonsumsi 1x sehari dalam seminggu pertama. Selanjutnya adalah masa penyesuaian dimana anda dapat meningkatkan dosis hingga 2x sehari.
Untuk hasil yang cukup optimal, kurangi konsumsi makanan berlemak serta rajinlah berolah-raga.
Jika anda menginginkan dapat buang air kecil secara lancar, cukup  tambahkan 200 ml ramuan teh pada dosis konsumsi biasa tanpa harus diseduh dengan air panas lagi. Caranya,  setelah seduhan sebelumnya telah mengental, baru kita menambahkan air.
Jika anda menderita gangguan pencernaan, maka disarankan cukup minum ramuan teh sebanyak 2 hari sekali.
Bagi anda yang sedang mengalami datang bulan, tidak disarankan mengkonsumsi ramuan  teh daun jati cina dikarenakan banyak wanita mengalami gejala PMS ketika mengkonsumsi teh ini, misalnya otot perut terasa tegang dan perut kembung.
Jika anda belum pernah mengkonsumsi teh dari daun jati cina, maka disarankan jangan terlalu kental dalam penyeduhannya. Cukup seduh teh dalam air panas sebanyak 400 ml saja karena lemak biasanya akan ikut luruh dalam air seni menjelang BAB. Karena setiap orang memiliki reaksi yang berbeda, maka apabila ramuah teh dirasa kurang bereaksi cukup  kentalkan ramuan teh.
Biasanya  teh daun jati cina ini akan mulai bereaksi paling minim 7 jam. Maka dari itu, sebaiknya minum teh menjelang tidur pada malam hari agar pada pagi harinya dapat langsung BAB dengan lancar dan kegiatan anda tidak terganggu.
Apabila aktivitas BAB anda sudah berlebihan, sebaiknya anda kurangi atau hentikan konsumsi teh agar anda terhindar dari risiko kekurangan cairan.
 
Efek samping
Meski ramuan the daun jati cina ini memiliki manfaat yang cukup signifikan khususnya dalam meluruhkan lemak, ada beberapa efek samping di dalamnya yang perlu anda waspadai. Efek-efek samping itu diantaranya:
•Pada 2-3 hari di awal pengkonsumsian ramuan teh, biasanya perut terasa mulas dan intensitas BAB menjadi 3x sehari (hal ini disebut dengan proses detoksinasi atau pembuangan racun dalam tubuh). Selain itu, sering tidaknya aktivitas BAB juga tergantung pada pola makan sehari-hari.
•Anda akan merasa lebih segar, mudah berkeringat, BAB menjadi lancar, dan kotoran nampak sedikit berminyak karena adanya aktivitas peluruhan lemak di dalam tubuh.

 

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler