Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Mengatasi Hipotensi (Tekanan Daah Rendah)
03 November 2013 - dibaca : 2.587 kali

Mengatasi Hipotensi (Tekanan Daah Rendah)

Apakah anda termasuk yang sering mengalami pusing setelah beraktivitas di luar rumah dalam kondisi cerah maupun panas? Bila demikian yang anda alami, kemungkinan besar anda menderita hipotensi atau tekanan darah rendah. Hipotensi atau tekanan darah rendah seringkali mengganggu kegiatan  sehari-hari karena kita tidak dapat melakukan aktivitas secara maksimal. Hipotensi sebenarnya bisa diatasi melalui pola makan yang tepat dan perubahan gaya hidup.

 
Tekanan darah dikatakan dalam kondisi normal bila tekanannya sekitar 120/80 mm Hg. Apabila tekanan darah berada di bawah angka normal tersebut (90/60 mm Hg), maka dapat dikatakan anda mempunyai BP rendah. Hipotensi sebenarnya tidak dianggap menjadi suatu kondisi yang mematikan, namun gejala-gejala yang ditimbulkannya bisa berakibat fatal kalau tidak segera tertangani. Beberapa gejala hipotensi diantaranya adalah pusing, lemah, sering kelelahan, pingsan, kecemasan, gangguan tidur, penglihatan kabur, tangan terasa dingin, dan sebagainya. Penyebab hipotensi atau tekanan darah rendah bisa bermacam-macam, ada yang dikarenakan kekurangan cairan / dehidrasi (baik ringan maupun berat), kelemahan otot dari kinerja jantung yang kurang optimal, kondisi peradangan pada bagian organ tubuh semisal pankreatitis akut, dan sebagainya. Bahkan konsumsi obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan kondisi ini. 
 
Cara mengatasi hipotensi secara alami
Bila kita mencermati sebab-sebab terjadinya hipotensi, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa dengan memperbaiki pola hidup yang salah tersebut maka hipotensi bisa diatasi. Secara umum, hipotensi atau tekanan darah rendah bisa diatasi dengan cara-cara alami sebagai berikut:
 
Perbanyak minum air
Apabila anda sering merasa pusing akibat kurang minum atau dehidrasi, maka penting sekali anda merehidrasi diri anda menggantikan cairan yang hilang. Peningkatan jumlah cairan dalam tubuh selanjutnya berimbas pada peningkatan dalam volume darah, sehingga tekanan darah ikut meningkat. Minuman berstamina juga bisa dikonsumsi karena ini dapat memberikan asupan kalium dan natrium bagi tubuh yang pada akhirnya membantu meningkatkan tekanan darah secara cepat.pada kondisi tertentu yang parah, pemberian cairan infus bisa diperlukan bagi mereka yang over-dehidrasi.  Anda dapat juga membaca " Dampak Kurang Minum Air Putih bagi Kesehatan"
 
Menambah asupan garam
Sebagian orang mengurangi asupan garam untuk menghindari darah tinggi. Hal ini tidak selalu benar. Bila anda kurang asupan garam malah dapat terkena hipotensi. Dalam kondisi hipotensi, kita harus meningkatkan asupan garam, namun tidak secara berlebihan.
 
Mengkonsumsi makanan kecil
Kondisi hipotensi bisa juga dicegah dengan mengkonsumsi makanan kecil rendah karbohidrat. Yang ditekankan disini adalah intensitasnya yang sering. Setelah makan makanan kecil, darah akan lebih banyak dialirkan menuju saluran pencernaan membantu proses pencernaan. Membatasi konsumsi makanan bertepung seperti pasta, makanan panggang, atau kentang juga disarankan. Duduk setelah aktivitas makan juga bisa membantu pencegahan dip pada tekanan darah.
 
Mengenakan stoking
Mengenakan stoking yang elastis ternyata juga mampu meningkatkan kondisi tekanan darah melalui pencegahan darah agar tak menggumpal di bagian kaki bawah. Selain itu, kebiasaan mengenakan stoking juga membantu melancarkan sirkulasi darah tubuh.
 
Memposisikan kepala lebih tinggi
Menggunakan bantal dengan posisi yang lebih tinggi di saat tidur dapat membantu mengurangi gaya gravitasi sehingga mencegah terlalu banyak darah meninggalkan kepala. Hal ini dapat membantu mengurangi pusing yang terasa di pagi hari saat bangun tidur.
 
Bangun dengan perlahan
Bila anda sering merasa pusing ketika bangun tidur atau dari posisi duduk, maka cobalah untuk kembali lagi ke posisi awal dan tunggu beberapa saat sampai pusing tersebut terasa hilang. Bagi penderita hipotensi hal ini sering terjadi, untuk mengatasinya cobalah bangun atau bangkit dari posisi duduk / tidur secara perlahan. Hindarilah untuk bangkit secara tiba-tiba karena anda bisa merasa goyah dalam keseimbangan.
 
Mengkonsumsi jus segar
Apabila anda mengalami hipotensi, ada baiknya membiasakan diri untuk selalu mengkonsumsi jus segar. Jus segar mampu membantu meningkatkan kondisi tekanan darah. Minumlah jus segar selama 1 minggu dengan intensitas 2x sehari dan rasakan perbedaannya. Contoh jus segar yang bisa anda konsumsi adalah jus delima atau wortel segar.
 
Makan almond dan kismis
Salah satu solusi alami lainnya adalah makan almond dan kismis. Untuk cara menyiapkannya, rendam terlebih dahulu segenggam kismis hingga semalaman lamanya. Lalu makanlah kismis ketika bangun tidur keesokannya. Jangan lupa untuk mengunyah kismis secara benar. Air rendaman kismis juga sebaiknya anda minum. Selain itu, bila ingin membuat menu baru dengan kismis maupun almond juga tidak ada salahnya. Semisal mencampur susu hangat dengan pasta almond.


Terpopuler