loading...
Manfaat Jambu Air
03 November 2013 - dibaca : 2.935 kali

Manfaat Jambu Air

Jambu Air, buah yang dikenal di mancanegara dengan sebutan Java Apple ini, diperkirakan berasal dan pertama kali dibudidayakan di Indonesia dan Cina.  Jambu air memiliki bentuk buah seperti bel dan variasi warna keputihan, merah dan hijau. Masih banyak masyarakat luas mengetahuinya hanya  sebagai pohon peneduh, dan dikonsumsi secara langsung tanpa tahu manfaat jambu air secara mendalam. Jambu air sangat mudah dijumpai, harganya cukup murah, dan bisa dikonsumsi secara langsung. Selain itu, jambu air terkadang juga dibuat sebagai manisan, campuran salad, rujak, dan sebagainya.
 
Ada beberapa varian jambu air. Akan tetapi berdasarkan ukurannya, jambu air dibagi menjadi 2 varian, yaitu jambu air kecil (Syzgium quaeum) dan jambu air besar (Syzgium samarangense.) Jambu air yang tergolong kecil misalnya jambu air kancing, mawar, camplong, manalagi, lonceng, dan lain-lain. Yang  termasuk dalam golongan jambu air besar adalah  jambu air apel, lilin, kaget, dan cincalo.
 
Hampir semua buah memiliki kandungan di dalamnya. Tak terkecuali pada buah jambu air ini. Jambu air juga memiliki kandungan yang pastinya memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh, diantaranya air, kalori, karbohidrat, protein, kalsium, besi, magnesium, fosfor, potasium, zinc, sodium, tembaga, mangan, vitamin A, vitamin C, thiamin, niacin, dan riblovon.
 
Kandungan gizi dalam jambu air tidak hanya terbatas pada zat-zat diatas, namun juga mengandung serat yang tinggi, mineral berupa kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium, seng, tembaga, mangan, protein, asam sitrat dan asam sulfuric.
 
Kandungan Gizi Jambu Air per 100 gram-nya:
 
Air 93 g
Energi 105 kj
Energi 25 kcal
Total lipid (fat) 0.3 g
Protein 0.6 g
Karbohidrat5.7 g
Abu 0.4 g
Gula, total ~ g
Serat, total dietary ~ g
Besi, Fe 0.07 mg
Kalsium, Ca 29 mg
Phosphor, P 8 mg
Magnesium, Mg 5 mg
Sodium, Na ~ mg
Potasium, K 123 mg
Tembaga, Cu 0.016 mg
Seng, Zn 0.06 mg
Mangan, Mn 0.029 mg
 
Vitamin C, total ascorbic acid 22.3 mg
Selenium, Se ~ mcg
Riboflavin 0.03 mg
Thiamin 0.02 mg
Niacin 0.8 mg
Vitamin B-6 ~ mg
Pantothenic acid ~ mg
Vitamin B-12 ~ mcg
Folate, total ~ mcg
Vitamin A, RAE 17 mcg_RAE
Vitamin A, IU 339 IU
Vitamin E, added ~ mg
Retinol ~ mcg
Fatty acids, total monounsaturated ~ g
Fatty acids, total saturated ~ g
Fatty acids, total polyunsaturated ~ g
Cholesterol ~ mg
 
 
Manfaat jambu air bagi kesehatan sesungguhnya sangat besar bila dioptimalkan. Hal ini dikarenakan jambu air memiliki berbagai kandungan vitamin dan gizi yang tinggi. Manfaat jambu air tersebut diantaranya:
 
1) Mencegah dehidrasi dan menstabilkan metabolisme tubuh 
Bahan ini dibutuhkan tubuh secara mutlak, terutama bagi keperluan metabolisme tubuh. Kekurangan air akibatnya dapat mengganggu fungsi berbagai organ tubuh, misalnya gangguan ginjal hingga menyebabkan kotoran tidak dapat dikeluarkan tubuh dengan maksimal yang pada akhirnya  menyebabkan batu ginjal. Manfaat jambu air adalah pemenuhan kebutuhan air tubuh dan mencegah terjadinya dehidrasi,  dikarenakan kandungan airnya mencapai 93% dari setiap 100 gram buah jambu air. 
 
2) Merawat kesehatan mata
Vitamin A yang terkandung dalam jambu air cukup tinggi. Vitamin A ini sangat berguna bagi kesehatan mata.
 
3) Imunitas dan kekebalan tubuh. 
Karena kandungan vitamina A yang tinggi, jambu air juga dapat meningkatkan imunitas tubuh dengan memaksimalkan kinerja sel darah putih, atau leukosit yang menjadi antibodi dan antivirus bagi tubuh manusia.
 
4) Meningkatkan kesuburan
Masih jarang diketahui  bahwa jambu air bisa menjaga dan meningkatkan kesuburan bagi pria. Kandungan vitamin C pada jambu air pun cukup tinggi. Di setiap 100 gram jambu air, terkandung vitamin C sebesar 22 mg, hampir setara dengan jeruk mandarin. Vitamin C ini memiliki tugas dan fungsi sebagai antioksidan hingga dapat mencegah terdegradasinya kesehatan sel, penyerapan zat besi, dan memperbaiki mutu sperma dengan cara mencegah radikal bebas merusak pembungkus sperma.
 
5) Untuk kecantikan
Selain mendapatkan kesehatan dengan mengkonsumsi jambu air, ternyata dengan sering mengkonsumsi jambu air, kita juga bisa mendapatkan kecantikan. Hal ini disebabkan jambu air mengandung banyak vitamin C. Fungsi vitamin ini selain menjaga tubuh dari serangan penyakit, juga berfungsi meremajakan kulit dari dalam.
 
6) Mencegah diare
Kita biasanya mencegah dan mengatasi diare dengan bahan alami yang familiar di sekitar kita seperti daun jambu biji. Akan tetapi masih jarang diketahui, ekstrak jambu air ternyata juga dapat mencegah datangnya diare. Disamping itu, bunga buah ini juga mampu berguna untuk menurunkan demam dan panas pada anak-anak.


Terpopuler