Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Khasiat Labu Siam
03 November 2013 - dibaca : 1.870 kali

Khasiat Labu Siam

Labu siam merupakan jenis sayuran yang mudah didapat dan harganya sangat murah. Selain rasanya enak, labu siam juga memiliki beragam manfaat yang tak semua orang mengetahuinya. Di balik rasa labu siam yang lezat, ternyata ada beberapa khasiat labu siam yang mencakup menjaga kesehatan jantung, baik untuk dikonsumsi wanita hamil, serta mampu mencegah terjadinya kanker. Labu siam sendiri memiliki kandungan serat cukup baik, yakni 1.7 gr/100 gr. Serat pangan diketahui mampu mengurangi risiko terjadinya kanker yang dikarenakan oleh ketidaksempurnaan sistem pencernaan Dengan mengkonsumsi cukup serat, kita akan terbebas dari gangguan sembelit. Kandungan serat dalam labu siam juga membuatnya aman dikonsumsi bagi penderita radang usus atau mereka yang memiliki lambung cukup sensitif.
Sebelum kita bahas mengenai beragam khasiat labu siam bagi kesehatan, ada baiknya kita ketahui komposisi kandungan nutrisi dalam labu siam:
 
Kandungan Nutrisi per 100 gram
buah Labu Siam
 
Protein (g)
 
0,82
Energi (kkal)
17
Lemak (g)
0,13
Serat (g)
1,7
Karbohidrat (g)
3,9
Gula (g)
1,85
Besi (mg)
0,34
Kalsium (mg)
17
Magnesium (mg)
12
Kalium (mg)
125
Fosfor (mg)
18
Natrium (mg)
2
Tembaga(mg)
0,12
Seng (mg)
0,74
Mangan (mg)
0,19
Vitamin C
7,7
Selenium (mg)
0,2
Riboflavin (mg)
0,03
Tiamin (mg)
0,03
Niacin (mg)
0,47
Folat (mkg)
93
Vitamin B6 (mg)
0,08
Vitamin K (mkg)
4,6
Vitamin E (mkg)
0,12
 
Sedangkan khasiat-khasiat labu siam untuk kesehatan diantaranya adalah sebagai berikut:
 
 Menjaga kesehatan pencernaan
Sebagaimana diutarakan sebelumnya bahwa labu siam mengandung kadar serat cukup baik, yakni 1,7 gr tiap 100 gr buahnya. Rajin mengkonsumsi labu siam akan menjauhkan masalah-masalah pencernaan seperti sembelit. 
 
 Makanan yang baik untuk wanita hamil
Asam folat merupakan makanan yang sangat penting untuk ibu hamil. Kecukupan asam folat pada ibu hamil akan mengurangi risiko terjadinya kelahiran bayi yang cacat. Selain itu, rendahnya asupan asam folat di kalangan ibu hamil terkait erat dengan rendahnya berat lahir dan terjadinya neural tube defects atau gangguan otak. Asam folat yang terkandung dalam labu siam cukup baik, yakni 93 mkg tiap 100 gr. Mengkonsumsi 100 gr buah labu siam tiap harinya dapat memenuhi 23,25% kebutuhan asam folat tubuh.
 
 Mencegah kanker
Serat pangan dalam labu siam mampu mempersingkat transit time (masa tinggal) makanan semenjak kita makan dari mulut sampai diolah dan ampasnya dikeluarkan menjadi feses. Selama makanan tinggal dalam saluran pencernaan, maka serat pangan mengikat keberadaan zat-zat penyebab kanker (karsinogenik). Dengan singkatnya fase transit time tersebut, maka semakin singkat pula sisa makanan yang mengandung zat-zat karsinogenik tersimpan dalam saluran pencernaan, yang pada akhirnya akan memperkecil risiko terjadinya kanker. Rajin mengkonsumsi buah labu siam sama halnya dengan mencegah penyakit kanker usus.
berkaitan dengan kanker anda dapat membaca artikel dibawah ini :
 
"Gejala dan Penyebab Kanker Serviks"
"Tanaman Obat Kanker dan Kanker payudara"
 
 Mencegah hipertensi 
Labu siam tinggi kandungan kalium. Kalium bermanfaat untuk mengendalikan kondisi tekanan darah, membersihkan karbondioksida dalam darah, serta mengatasi darah tinggi. Sedangkan untuk pengolahan labu siam sebagai penurun darah tinggi caranya sebagai berikut: Satu buah segar labu siam diparut, kemudian air perasannya diambil dan diminum sehari 2x, tiap sore dan pagi. Bila dilakukan secara rutin, dalam jangka tidak terlalu lama tekanan darah dapat normal kembali. 
 
 Mengatasi penyakit asam urat
Labu siam terbukti sangat baik untuk penderita gangguan asam urat. Labu siam memiliki efek diuretik yang mampu melancarkan proses buang air kecil. Oleh karenanya, asam urat dalam tubuh yang berlebih bisa segera dikeluarkan. selain lain labu siam untuk mengatasi penyakit asam urat ada beberapa tanaman lain yang dapat mengobati penyakit asam urat, 
 
 Menurunkan kolesterol
Labu siam diketahui mengandung beragam komponen vitamin cukup tinggi. Salah satu diantaranya adalah niasin. Niasin adalah salah satu komposisi vitamin B-kompleks dengan nama lain vitamin B3, fungsinya adalah menekan produksi VLDL (atau very low density lipoprotein) dalam hati, yang pada akhirnya akan menurunkan produksi trigliserida dan kolesterol LDL (atau low density lipoprotein). Rutin mengkonsumsi beragam olahan buah labu siam mampu membantu menurunkan kolesterol.selain cara tersebut ada cara lain untuk menurunkan kolesterol dengan cara yang benar,
 
 
 Mengatasi diabetes mellitus 
Labu siam terbukti sangat baik untuk penderita diabetes karena pada buah labu siam terkandung karbohidrat cukup tinggi. Oleh karenanya, penderita diabetes tak perlu mengkonsumsi karbohidrat secara berlebihan dari makanan pokok. Salah satu cara mengkonsumsi labu siam adalah dengan mengukusnya, sebab kandungan pati dalam labu siam dapat mengenyangkan. selain dengan mengkonsumsi labu siam, masih ada cara lain untuk mengobati diabetes militus.
 
 
 Mengobati sariawan
Untuk mengobati sariawan, makan labu siam kukus sebagai lauk. Tapi perlu anda ingat bahwa labu siam tak cocok dikonsumsi penderita rematik. Hal ini karena labu siam memiliki efek dingin yang dapat memicu kambuhnya gejala reumatik. 
 
 Mengatasi gusi berdarah
Siapkan buah labu siam, parut secukupnya saja. Kemudian tambahkan 2 sendok air yang sudah matang dan madu 1 sendok. Lalu minum 3x sehari.
 
 Mengatasi tumit hitam

Getah buah labu siam juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi tumit hitam. Caranya adalah dengan mengoleskan getah labu siam pada tumit yang hitam, tunggu hingga kering, kemudian cuci tumit sampai bersih.


Terpopuler