Khasiat Buah Kiwi
03 November 2013 - dibaca : 2.681 kali

Khasiat Buah Kiwi

Kiwi merupakan buah jenis beri dengan golongan kultivar yang berasal dari kayu tanaman anggur jenis Actinidia deliciosa serta hibrida antara jenis ini dengan spesies dari genus Actinidia. Buah kiwi normal umumnya berbentuk oval, ukurannya kurang lebih menyerupai telur ayam (kira-kira berukuran 5–8 cm dengan diameter sekitar 4.5–5.5 cm). Kiwi adalah buah kaya serat, dengan kulit dominan berwarna hijau agak kecokelatan serta daging buah yang berwarna hijau keemasan atau terang. Biji buah kiwi bentuknya kecil, berwarna hitam, dan dapat dimakan. Kiwi memiliki rasa unik dan teksturnya sangat halus. Berbicara mengenai buah kiwi, tahukah anda bahwa di balik nikmat rasa buahnya, ternyata kiwi mempunyai beragam khasiat luar biasa. Diantara beragam manfaat tersebut diantaranya sebagai sumber mineral, vitamin, sampai sumber energi.
 
Berikut akan kami berikan informasi seputar ragam khasiat buah kiwi untuk kesehatan, diantaranya adalah:
 
1)            Sumber nutrisi menjelang kehamilan
Berdasarkan hasil penelitian Lynley Drummond pada ‘Health Science Zespri Internasional’, Selandia Baru, ternyata buah kiwi sangat sarat kandungan gizi. Kiwi bisa membantu memenuhi kebutuhan zat besi untuk menghindari gangguan pada produktivitas, fungsi dan perkembangan kognitif, kekebalan tubuh, serta risiko kehamilan. Lynley menjelaskan, mengkonsumsi kiwi bersama sereal yang telah difortifikasi dengan tambahan zat besi, ternyata mampu meningkatkan kemampuan tubuh untuk menyerap zat besi.
 
2)            Mengatasi gejala impotensi
Berdasarkan data dari suatu perusahaan obat, sebanyak 58% pria yang menderita penyakit diabetes di Amerika, ternyata juga mengalami gangguan untuk ereksi. Sedangkan data dari sumber lain menyebutkan bahwa pria penderita penyakit diabetes akan merasakan gangguan ereksi sekitar 10 - 15 tahun lebih awal daripada pria yang tidak memiliki penyakit diabetes. Salah satu cara mencegah diabetes tersebut adalah dengan mengontrol kadar gula. Di samping membiasakan pola hidup yang sehat, mengkonsumsi buah kiwi ternyata terbukti efektif mencegah masalah disfungsi ereksi atau impotensi.
 
3)            Mencegah penyakit hipertensi dan jantung
Mineral kalium yang terkandung dalam buah kiwi mampu menurunkan kondisi tekanan darah tinggi. Selain itu, mineral magnesium di dalam buah kiwi juga mampu mencegah terjadinya serangan jantung serta merawat kesehatan jantung. Buah kiwi juga bisa membantu menurunkan risiko terjadinya penggumpalan darah penyebab penyakit kardiovaskular, mengatur kadar gula darah dan menekan kolesterol, serta menangkal hipertensi. Dengan mengkonsumsi sebuah kiwi sehari, anda akan mendapat tambahan asam plasma askorbic untuk membantu menurunkan risiko anda mengalami gangguan saluran darah hingga 33%.
 
4)            Merawat kesehatan mata
Kiwi memiliki kandungan beta karoten dan lutein yang bermanfaat merawat kesehatan mata. Ketika kita rajin mengkonsumsi buah kiwi, fungsi penglihatan bisa ikut terpelihara, utamanya mencegah menurunnya ketajaman penglihatan seiring pertambahan usia. Lutein dalam kiwi lebih gampang diserap oleh tubuh dibandingkan sayuran.
 
5)            Menjaga stamina tubuh
Salah satu khasiat buah kiwi bagi kesehatan adalah menjadi sumber mineral penting untuk menjaga stamina. Buah kiwi mengandung elektrolit untuk menggantikan elektrolit tubuh yang hilang dari keluarnya keringat saat bekerja keras, kondisi cuaca panas, maupun berolahraga. Kalium yang terkandung dalam buah kiwi sebesar 5,4 mg/kalori, ini lebih tinggi daripada kandungan kalian pada pisang (4,2 mg/kalori), serta lebih rendah sedikit dibandingkan apricot (6,2 mg/kalori) dan pepaya (6,6 mg/kalori).
 
6)            Merawat kecantikan kulit
Kandungan yang dimiliki sebutir buah kiwi ternyata cuku besar untuk merawat kecantikan kulit. Buah kiwi bisa dimanfaatkan sebagai masker untuk membuat kulit wajah lebih segar dan elastis. Mengkonsumsi buah kiwi mampu membuat kulit semakin bersinar, serta mengurangi lingkar hitam dan kerutan pada muka. Antioksidan dalam buah kiwi bisa menjadikan kulit lebih awet muda dan kencang. Selain itu, biji buah kiwi merupakan penghasil minyak omega-3 dengan manfaat bagi kecantikan. Vitamin E yang terkandung dalam buah kiwi ternyata dua kali lipat jumlahnya pada buah alpukat. Buah kiwi diketahui juga memiliki kandungan vitamin B1, B6, B2, niasin, vitamin A, asam folat, serta asam pantotenat.
 
7)            Meningkatkan fungsi otak
Dalam buah kiwi terdapat kandungan glutamate dan asam amino arginin. Arginin memiliki sifat vasodilator atau mampu menurunkan tekanan darah serta membantu meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, asam amino bisa meningkatkan kecerdasan anak yang umumnya dipengaruhi jenis konsumsi makanan setiap harinya. Selain ikan dengan kandungan asam amino tinggi bagi kecerdasan, kiwi juga ikut direkomendasikan sebagai sumber makanan dengan kandungan manfaat menyerupai ikan.
 
8)            Efektif membantu program diet.
Kiwi ternyata buah yang rendah kalori, sehingga buah ini sangat baik untuk dikonsumsi oleh anda yang sedang menjalani program diet. Hal ini karena energi yang terkandung di tiap 100 gr buah kiwi hanya berkisar sekitar 61 Kkal saja, atau dibawah 40% jumlah energi pada pisang. Energi yang dikandung buah kiwi juga lebih rendah daripada jeruk dan anggur, namun agak lebih tinggi bila dibandingkan strawberi, lemon, pepaya, dan belewah. Selain itu, dibandingkan kiwi hijau, jenis kiwi kuning atau gold ternyata mempunyai kandungan vitamin C cukup tinggi. Jumlah vitamin C pada kiwi kuning sekitar 105,4 mg tiap 100 gram buah kiwi.
 
9)            Mencegah kepikunan atau Alzheimer

Dari studi terbaru pada Seminars in Preventive and Alternative Medicine, telah diungkapkan sejumlah manfaat dari vitamin C yang belum terungkap. Diantaranya, selain meningkatkan sistem kekebalan alami tubuh, vitamin C dapat dimanfaatkan untuk mencegah datangnya penyakit alzheimer sebagai penyebab kepikunan. Kandungan asam folat dalam kiwi sangat berkhasiat menekan risiko terjadinya Alzheimer hingga sebesar 50%.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler