Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
Penyakit yang Kebal Terhadap Antibiotik
03 November 2013 - dibaca : 1.778 kali

Penyakit yang Kebal Terhadap Antibiotik

Tidak hanya manusia yang terus mengalami perkembangan dan kemajuan dalam hidupnya, namun bakteri juga mengalami proses evolusi guna menghindari berbagai ancaman obat antibiotik. Bila dulu ada beberapa jenis bakteri yang bisa dibasmi menggunakan antibiotik saja, ternyata hal itu saat ini sudah tidak berlaku lagi. Beberapa jenis bakteri rupanya sudah menunjukkan resistensi atau kekebalannya terhadap obat-obatan antibiotik. Akibatnya, beberapa penyakit akibat serangan bakteri yang sebelumnya dapat disembuhkan ternyata kini dapat sangat mematikan. Gangguan ringan semisal radang tenggorokan, kini ternyata bisa jadi mematikan bila terinfeksi oleh bakteri. Para ilmuwan sendiri saat ini sedang berusaha untuk menemukan antibiotik jenis baru yang mampu menghalau jenis bakteri yang telah resisten tersebut.
 
Sebagaimana dijelaskan sebelumnya bahwa saat ini ada penyakit-penyakit yang kebal terhadap antibiotik. Untuk mengetahui lebih lanjut jenis penyakit apa saja yang kebal terhadap antibiotik, berikut adalah beberapa contohnya:
1)Tuberkulosis
Tuberkolusis atau yang lazim disingkat dengan TBC telah membunuh sekitar 1,34 juta jiwa per-tahunnya di penjuru dunia. Saat ini, penyakit pernapasan yang seringkali dikaitkan dengan terjadinya penyakit HIV/ AIDS ini tidak lagi dapat disembuhkan menggunakan obat-obatan antibiotik dikarenakan sifatnya yang telah kebal. Kira-kira ada sekitar 12 juta kejadian TBC di seluruh dunia di tahun 2010. Organisasi kesehatan dunia atau WHO sendiri telah memperkirakan ada sejumlah 650.000 strain bakteri penyebab TBC yang telah kebal pada antibiotik. Rata-rata, bakteri yang telah kebal antibiotik ini ditemukan di beberapa negara berkembang.
 
2)Kencing nanah
Kencing nanah yang bernama lain Gonorhoe ini merupakan salah satu contoh penyakit menular seksual yang sudah kebal terhadap antibiotik. Penyakit ini awal mulanya disebabkan oleh infeksi bakteri. Gonorhoe saat ini tak lagi mempan diobati menggunakan antibiotik dikarenakan bakteri penyebabnya sudah terlanjur resisten pada obat tersebut. Contoh bakteri penyebab Gonorhoe yang sudah kebal antibiotik bernama Neisseria gonorrhoeae. Jenis bakteri ini telah memiliki kemampuan adaptasi yang cukup luar biasa. Berdasarkan hasil penelitian yang ada, jenis bakteri ini telah kebal pada obat-obatan antibiotik jenis penisilin, ciprofloxacin, tetracyclines, dan cefixime.
 
3)Infeksi bakteri Staphylococcus Aureus
Bakteri jenis Staphylococcus Aureus bila sudah menyerang luka bisa menyebabkan terjadinya infeksi ringan. Akan tetapi, infeksi yang ditimbulkan bisa juga berdampak serius sampai meluas ke jantung, darah, paru-paru dan tulang. Kira-kira ada 1 dari 50 jiwa membawa bakteri jenis Staphylococcus yang telah kebal pada antibiotik jenis umum. Serangan bakteri ini umumnya ditemukan pada pasien yang menjalani rawat inap pada rumah sakit, bisa juga pada lansia yang menghuni panti jompo.
 
4)Pneumonia
Pneumonia atau yang umumnya dikenal dengan radang paru-paru dapat disebabkan oleh adanya infeksi bakteri jenis Streptococcus pneumoniae. Jenis bakteri ini ternyata bisa juga menyebabkan radang selaput otak atau meningitis pada bayi atau anak-anak. Jenis bakteri pneumokokus ditemukan hidup pada tenggorokan manusia. Apabila tubuh memiliki daya tahan yang kurang kuat, maka bakteri tersebut bisa masuk menuju beberapa bagian tubuh seperti paru-paru (sehingga menyebabkan pneumonia), otak (meningitis), dan darah (sepsis, bakteremia). Kira-kira 3 – 35% dari kasus akibat infeksi bakteri diketahui telah kebal terhadap antibiotik.
 
5)Infeksi Salmonella dan Escherichia Coli 
Kedua bakteri jenis ini adalah bakteri yang kerap menyebabkan keracunan pada makanan. Kemunculan sifat resisten diperkirakan karena pemberian pakan pada hewan ternak dengan jenis pakan antibiotik guna memacu pertumbuhannya, sehingga pada akhirnya bakteri menjadi kebal. Jenis bakteri E. coli yang telah kebal antibiotik ini juga bisa menyebabkan terjadinya infeksi pada saluran kemih kaum wanita. Cara penularannya diperkirakan berasal dari ternak ayam yang disuplai dengan pakan antibiotik. Akhirnya, Uni Eropa saat ini melarang pemberian suplemen antibiotik terhadap hewan ternak.
 
6)Infeksi Acinetobacter dan Clostridium difficile 
Para dokter telah sejak lama berusaha menghalau 6 jenis kuman patogen dengan julukan ESKAPE, yakni kependekan Enterococcus, Staphylococcus, Klebsiella, Acinetobacter, Pseudomonas serta Enterobacter. Saat ini, keenam kuman patogen ini telah kebal terhadap obat-obatan antibiotik. Bakteri jenis ini utamanya menyerang tubuh dengan cara menginfeksi peralatan pada rumah sakit, contohnya implan bedah maupun peralatan operasi. Berbicara mengenai asal mulanya, bakteri jenis ini sebenarnya telah ditemukan di lingkungan rumah sakit kira-kira 20 tahun lalu. Karena saat itu dokter menggunakan berbagai obat antibiotik dalam menangkalnya, bakteri ini kemudian menjadi kebal.


Terpopuler