10 Tanaman Yang Tidak di Sukai Nyamuk
28 September 2013 - dibaca : 2.701 kali

10 Tanaman Yang Tidak di Sukai Nyamuk

1. Bunga Geranium (Tapak Dara)

Bunga jenis ini adalah bunga yang tidak di sukai nyamuk, serta zat dalam tanaman ini mudah terbang di udara memenuhi ruangan sekitarnya, sehingga membuat nyamuk pergi. Tanaman ini selain di tanam di tanah terbuka bisa juga tanam di pot.

 

2. Bunga Lavender

Tanaman Lavender yang berasal dari Negara Swiss tepatnya di pegunungan Alven ini bisa di jadikan sebagai pengusir nyamuk. Dengan warna ungunya yang indah kebetulan warna favorit saya ini memiliki zat zat linalool dan lynalyl acetate yang menghasilkan aroma yang bisa membuat nyamuk merasa pusing. tanaman ini bisa di tanam di dekat jendela rumah kita. Selain sebagai penghias taman rumah bermanfaat juga untuk mengusir nyamuk.

 

3. Bunga Rosemary

Keunikan dari bunga ini adalah mempunyai harum seperti minyak talon, Mungkin di hirup oleh kita terasa enak namun tidak untuk nyamuk karena harumnya bunga ini bisa membuat nyamuk merasa stress dan enggan untuk mendekat. Tanaman ini bisa di tanam di dalam pot sehingga bisa memudahkan bagi yang memilikii halaman yang sempit.

 

4. Citrosa Mosquito

Sesuai dengan namanya Citrosa Mosquito Tanaman ini mengeluarkan bau lemon yang menyengat sehingga bisa mengusir Nyamuk dan juga serangga. Tanaman ini berasal dari Belanda.

 

5. Mintrosa Of Lady Diana

Tanaman ini berasal dari Negara Belanda sama seperti Citrosa Mosquitu. Yang bisa mengeluarkan bau yang menyengat yang sangat tidak di sukai oleh Nyamuk.

 

6. Marigold

Tanaman ini berasal dari Negara Mexico dan Guatemala, Tanaman yang sangat cantik ini memiliki bau yang tidak enak, sehingga di daerah Jawa Barat sering di sebut Tanaman Tai Ayam, Ya meskipun agak sedikit berlebihan dengan nama Tai Ayam. tapi tanaman ini efektik untuk mengusir nyamuk.

 

7. Kecombrang

Kecombrang, kantan atau honje (Jawa barat), kincung (Medan), siantan(Malaya) atau kaalaa (Muangthai). Umumnya digunakan untuk rempah masakan di tanah Pasundan (sambal, pepes, urap dan nasi oncom kecombrang) atau di Jawa Tengah (pecel). Bunga kecombrang juga dapat mengusir nyamuk, walau umumnya ditanam untuk penghias pekarangan.

 

8. Zodia

Orang Papua terbiasa menggosok kulitnya dengan dedaunan tertentu sebelum masuk ke hutan. Maksudnya agar terlindungi dari serangan serangga, khususnya nyamuk. Daun-daun tersebut berasal dari tanaman yang disebut zodia (Evodia suaveolens). Kita ketahui, zodia ini tanaman asli Indonesia yang berasal dari Papua.

 

9. Serai Wangi

Serai telah dikenal sebagai salah satu bahan yang sering digunakan sebagai bumbu masak, tetapi ada manfaat lain yang tidak kalah penting yaitu sebagai tanaman pengusir nyamuk. Tanaman yang termasuk bangsa rumput-rumputan ini tidak disukai nyamuk karena adanya zat geraniol dan sitronelal. Ekstrak serai juga telah dimanfaatkan dalam pembuatan lotion pengusir nyamuk dengan aromanya yang khas.

 

10. Akar Wangi

Tumbuhan akar wangi dapat mengendalikan populasi nyamuk deman berdarah. Nyamuk demam berdarah, konon sangat takut menghadapi tumbuhan akar wangi. Bau nyengat yang keluar dari tumbuhan ini cukup mematikan bagi nyamuk jenis itu.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler