Mohon Maaf atas tidak tercantumnya semua sumber dari konten yang ada di website ini.. Terima Kasih kepada semua yang telah menyadur dan mencantumkan referensi dari website ini, semoga bermanfaat untuk semua.
5 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Gusi
09 Agustus 2013 - dibaca : 2.873 kali

5 Tips Jitu Menjaga Kesehatan Gusi

Gingivitis, atau peradangan pada gusi dapat menyebabkan penyakit gusi yang lebih serius. Jika dibiarkan, penyakit gusi akhirnya akan menyebabkan infeksi dan tanggalnya gigi. Menjaga kebersihan gigi merupakan cara terbaik untuk mencegah penyakit gusi dan menjaga kesehatan gusi. Pemeriksaan gigi tahunan amat penting, tetapi perawatan setiap hari juga harus diperhatikan untuk mengurangi penumpukan plak dan mencegah radang gusi. Berikut adalah beberapa langkah untuk menjaga agar gusi tetap sehat:

1. Tidak merokok dan mempertahankan diet yang sehat.

Tembakau bisa menyebabkan penyakit gusi, sedang makanan sehat seperti vitamin C dan E mampu meningkatkan kekebalan dan membantu mencegah infeksi. Menjaga tingkat stres juga akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hindari makan terlalu banyak gula karena menyebabkan gigi berlubang.

2. Jangan menggeretakkan gigi terutama waktu tidur.

Temui dokter gigi jika masalah ini cukup parah. Dokter gigi mungkin akan merekomendasikan pelindung mulut untuk melindungi efek buruk menggeretakkan gigi.

3. Sikat gigi selama dua menit minimal dua kali sehari.

Lebih ideal lagi jika selalu menyikat gigi setelah makan. Pegang sikat dengan sudut 45 derajat dari garis gusi. Bersihkan semua permukaan gigi dengan lembut, lalu sapukan langit-langit mulut dan lidah.

4. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sela gigi.

Pegang benang diantara bagian depan dan belakang gigi hingga menyerupai huruf ‘C’.

5. Bilas mulut dengan kumur antiseptik mulut selama 30 detik untuk menghilangkan sisa makanan dan plak.


Terpopuler