7 Tips Menghilangkan Bau Mulut (halitosis)
09 Agustus 2013 - dibaca : 1.787 kali

7 Tips Menghilangkan Bau Mulut (halitosis)

Bau mulut bisa menjadi pengganggu hubungan pribadi maupun pertemanan. Bau mulut atau halitosis tidak hanya berkaitan dengan kesehatan gigi yang buruk. Faktor lain seperti kondisi medis tertentu atau efek samping obat bisa pula memicu bau napas tak sedap. Terdapat dua jenis bau mulut: bau mulut sementara (transient) dan bau mulut kronis. Sementara halitosis transient bersifat sementara, bau mulut kronis disebabkan oleh penyakit gusi atau bakteri. Dalam kasus bau mulut kronis, konsultasi dengan dokter gigi amat diperlukan untuk mendapatkan pemeriksaan fisik dan mencari penyebab dasar.

Sedangkan bau mulut sementara yang disebabkan karena makanan, kesehatan gigi yang buruk, atau ketidakseimbangan tubuh seperti depresi dan stres dapat dengan mudah diobati menggunakan pengobatan rumah sederhana. Pengobatan Bau Mulut (Halitosis) Berikut adalah cara mudah mengurangi bau mulut:

1. Mempertahankan Kebersihan Mulut

Sisa makanan di dalam mulut diurai oleh bakteri sehingga menimbulkan bau busuk. Untuk membatasi pertumbuhan bakteri dan mengobati bau mulut, Anda perlu menyikat gigi setiap hari. Juga, jangan lupa membersihkan lidah menggunakan pembersih lidah (pembersih berbentuk U) untuk mengurangi filamen di lidah dan membersihkan partikel makanan untuk menangkal perkembangbiakan bakteri.

2. Minum Banyak Air

Minum banyak air membantu produksi air liur dan membilas bakteri. Minum air juga membantu meredakan bau mulut yang disebabkan oleh mulut kering atau xerostomia. Cukup terhidrasi berguna pula mengencerkan sekresi lendir di bagian hidung yang lazim menjadi pelabuhan bakteri.

3. Mengunyah Permen Karet

Salah satu cara terbaik menyembuhkan bau mulut adalah memastikan tersedianya cukup pasokan air liur. Air liur membantu membersihkan bakteri dan partikel makanan serta menghilangkan bau busuk. Mengunyah permen karet membantu Anda mengeluarkan air liur lebih banyak. Air liur akan membilas bakteri sekaligus menjadi antiseptik dan enzim untuk membunuh bakteri.

4. Menggunakan Minyak Alami

Anda bisa meneteskan beberapa tetes tea tree oil atau minyak peppermint di lidah atau menggunakannya bersama dengan pasta gigi untuk menyingkirkan bau. Sifat antibakteri dari minyak alami membunuh bakteri yang menyebabkan bau mulut.

5. Menghindari Makanan Tertentu

Kurangi makanan seperti bawang, bawang putih, kubis, dan rempah-rempah tertentu yang memicu bau mulut. Hindari minum kopi atau alkohol terlalu banyak yang akan memicu bau mulut.

6. Berkumur Menggunakan Mouthwash

Gunakan obat kumur (mouthwash) atau bilas mulut dengan air garam untuk melawan bau mulut. Berkumur selama 30 detik sudah cukup untuk menyingkirkan bakteri penyebab bau dari mulut Anda. Anda juga dapat menggunakan hidrogen peroksida encer untuk membunuh bakteri. Hati-hati jangan sampai hidrogen peroksida tertelan.

7. Mengunyah Mint

Mengunyah mint atau biji adas dapat membantu mengenyahkan bau mulut. Mengunyah apel, wortel, dan seledri juga menjadi cara efektif melawan bau mulut.

Nama:
Email:
Website:
Isi:

Terpopuler